PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XIB
DOI:
https://doi.org/10.36733/pemantik.v4i2.9420Keywords:
Student Teams Achievement Division, Model Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar matematika siswa kelas XI B1 SMAN 7 Denpasar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI B1 SMAN 7 Denpasar sebanyak 48 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik di kelas XI B1 pada materi lingkaran. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu rata-rata hasil belajar dan ketuntasan klasikal telah tercapai apabila target mencapai 85%. Adapun hasil dari penelitain ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika dengan menerapkan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas XI B1 SMAN 7 Denpasar dalam materi Lingkaran. Peningkatan yang pertama terjadi pada presentase ketuntasan klasikal dari 50% pada tes prasiklus menjadi 77% pada Siklus I dan setelah dilakukan pengembangan pada hasil refleksi Siklus I, terjadi peningkatan kembali menjadi 94% pada tes akhir Siklus II. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Wayan Widana, Ni Komang Safitri, Putu Winda Marhayani Wijaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.