PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 4 SUKAWATI
DOI:
https://doi.org/10.36733/pemantik.v5i2.12340Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif, STAD, Hasil Belajar, Persamaan Garis Lurus, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Latar belakang penelitian menunjukkan rendahnya ketuntasan belajar siswa, hanya 26% sebelum intervensi, disebabkan oleh aktivitas pasif siswa, kesulitan konsep, kurangnya keberanian berpendapat, dan metode pengajaran yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII C SMP Negeri 4 Sukawati pada materi Persamaan Garis Lurus melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan metode pengumpulan data non – tes (observasi dan dokumentasi) dan tes hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 4 Sukawati. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan: ketuntasan belajar meningkat dari 26% (data awal) menjadi 56,67% (Siklus I) mencapai 86,67% (Siklus II), melampaui indikator keberhasilan 75%. Peningkatan ini juga didukung oleh perubahan positif pada perilaku siswa, seperti lebih disiplin, focus, aktif dan bersemangat dalam diskusi. Dengan demikian, model pembelajaran STAD terbukti efektif dalam meingkatkan hasil belajar matematia siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ni Luh Nuari, Putu Ledyari Noviyanti, Kadek Rahayu Puspadewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.