PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 4 SUKAWATI

Authors

  • Ni Luh Nuari Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Ledyari Noviyanti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Rahayu Puspadewi Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/pemantik.v5i2.12340

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, STAD, Hasil Belajar, Persamaan Garis Lurus, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Latar belakang penelitian menunjukkan rendahnya ketuntasan belajar siswa, hanya 26% sebelum intervensi, disebabkan oleh aktivitas pasif siswa, kesulitan konsep, kurangnya keberanian berpendapat, dan metode pengajaran yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII C SMP Negeri 4 Sukawati pada materi Persamaan Garis Lurus melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan metode pengumpulan data non – tes (observasi dan dokumentasi) dan tes hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 4 Sukawati. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan: ketuntasan belajar meningkat dari 26% (data awal) menjadi 56,67% (Siklus I) mencapai 86,67% (Siklus II), melampaui indikator keberhasilan 75%. Peningkatan ini juga didukung oleh perubahan positif pada perilaku siswa, seperti lebih disiplin, focus, aktif dan bersemangat dalam diskusi. Dengan demikian, model pembelajaran STAD terbukti efektif dalam meingkatkan hasil belajar matematia siswa.

Downloads

Published

01-09-2025