PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA KELURAHAN ABIANBASE DALAM PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS SUMBER

Penulis

  • Maharani Shinta Enggar Universitas Mahasarasawati Denpasar
  • Wibawa I Made Sastra Universitas Mahasarasawati Denpasar

Abstrak

Permasalahan sampah merupakan permasalahan yang akan menjadi siklus sebab akibat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk. Salah satu penyumbang terbesar produksi sampah baik secara kualitas maupun kuantitas adalah sampah rumah tangga. Pengelolaan sampah rumah tangga menjadi isu penting dalam pengelolaan sampah ke tingkat yang lebih besar, jika permasalahan sampah rumah tangga bisa teratasi maka akan sangat mengurangi beban dalam pengelolaan sampah secara global. Kelompok wanita merupakan kelompok yang berperan penting dalam kehidupan rumah tangga, sehingga diharapkan mampu menjadi penggerak pengelolaan sampah berbasis sumber. Peranan kelompok wanita tidak hanya sebagai aktor pengelola sampah, tetapi yang terlebih penting menjadi agen perubahan di dalam keluarga. Pengabdian bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan peran serta aktif kelompok wanita dalam pengelolaan sampah. Kegiatan dilaksanakan pada Bulan Mei sampai Agustus tahun 2022 di Kelurahan Abianbase, Mengwi, Badung, Bali. Pengabdian mampu meningkatkan pengetahuan kelompok wanita secara signifikan dalam pengetahuan pemilahan, pengolahan, dan penggunaan kembali sampah yang berasal dari sampah rumah tangga. Peran serta aktif kelompok wanita dalam pengelolaan sampah terlihat dari terbentuknya kelompok percontohan pengelolaan sampah yang dikelola secara mandiri dengan pendampingan dari akademisi dan dukungan dari pihak Kelurahan Abianbase.

Referensi

Aryanta, I K M. (2020). TPS Mengwi Badung baru mampu Kelola 20 ton Sampah perhari dari 130 ton sampah yang dihasilkan. Diakses pada laman: https://bali .tribunnews/2020/06/26/..

Depkes RI. (2002). Modul Pelatihan Metode dan Teknologi Diklat. Jakarta: Pusdiklatkes RI.

Ekere, William, Johnny Mugisha, and Lars Drake. (2009). Factors influencing waste separation and utilization among households in the Lake Victoria crescent, Uganda. Waste management 29(12), 3047-3051.

Halimah, M., Hetty Krisnani., dan Muhammad Fedryansyah. (2015). Partisipasi Masyarakat dalam Program Pengelolaan Sampah. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 1447-300.

Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. (2020). Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2020 Tentang Gerakan Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga

Krisnani, H., Humaedi, S., Ferdryansyah, M., Asiah, D., H., S., Gigin G., Basar, K., Sulastri, S., dan Mulyana, N. (2017). Perubahan Pola Pikir Masyarakat Mengenai Sampah Melalui Pengolahan Sampah Organik Dan Non Organik Di Desa Gnteng, Kecamatan Sukasari, Kab. Sumedang. Jurnal Penelitian Dan Ppm, 2(4) 129-389. Https://Doi.Org/10.24198/Jppm.V4i2.14345

Maulina, A. S. (2012). Identifikasi Partisipasi Masyarakat dalam Pemilahan Sampah di Kecamatan Cimahi Utara serta Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, 23(3), 177-196.

Murbandono, L. (1982). Membuat Kompos. Depok: Penebar Swadaya.

Nisa, K. 2016. Memproduksi Kompos dan Mikro Organisme Lokal (MOL). Jakarta: Bibit Publisher

Notoatmodjo, S. (2003). Prinsip-Prinsip Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2020 Tentang Gerakan Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga,

Salawati, T., Rahayu Astuti., dan Rizki Nurul Hayati. (2008). Pengaruh Program Pelatihan Pengolahan Sampah Menggunakan Metode Composting terhadap Keterampilan Ibu-Ibu PKK di RW III Keluarga Boja Kabupaten Kendal. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 2(3), 63-73.

Sidique, S. F., Statish V Joshi, dan Frank Lupi. (2010). Factors Influencing the Rate of Recycling: An Analysis of Minnesota, Resources, Conservation & Recycling. Elsevier 54(4), 242 – 249.

Wibawa, C. (2007). Perbedaan Efektifitas Metode Demonstrasi dengan pemutaran video tentang pemberantasan DBD terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap anak SD di Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati. Jurnal Promosi kesehatan Indonesia, 2(2).

Yulida, N., Agus Suwarni., dan Sarto Sarto. (2016). Perilaku Masyarakat dalam Membuang Sampah di Aliran Sungai Batang Bakarek-Karek Kota Padang Panjang Sumatera Barat. BKM Journal of Community Medicine and Public Health, 32(10), 373-378

Diterbitkan

2023-05-31