KOLABORASI EDUKATIF DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MEDIA VISUAL DI SDN 2 JEHEM
DOI:
https://doi.org/10.36733/lokasaraswati.v4i2.12844Kata Kunci:
media, visual, pembelajaran, bahasa Inggris, JehemAbstrak
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dasar siswa sekolah dasar melalui metode pembelajaran berbasis media visual. Pengajaran dilaksanakan selama 16 pertemuan di SDN 2 Jehem, Bangli, dengan jumlah peserta sebanyak 27 siswa gabungan siswa kelas 4, 5, dan 6. Materi yang diajarkan meliputi Alphabet, Vegetables, Introduce Self, Introduce Other, dan Parts of Body. Metode pembelajaran menggunakan media visual berupa flashcard, poster, ppt presentasi serta dikombinasikan dengan lagu dan permainan edukatif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pengajaran Bahasa Inggris berbasis media visual ini terbukti dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar bahasa Inggris. Indikator keberhasilan dari penggunaan media visual ini menunjukkan capaian yang baik dengan rata-rata nilai tes 80,2 dan tingkat ketuntasan nilai siswa mencapai 98,6%. Siswa sangat tertarik ketika diajarkan materi alphabet, fruit and vegetables, dan parts of body.
Referensi
Arsyad, A. (2017). Media pembelajaran. RajaGrafindo Persada.
Astuti, P., & Lestari, S. (2019). The effectiveness of visual aids in teaching English vocabulary at elementary school. International Journal of Language Teaching and Education, 3(2), 123–132. https://doi.org/10.22437/ijolte.v3i2.7652
Hapsari, A. D. (2021). Improving students’ vocabulary mastery through flashcards. Journal of English Language Teaching for Primary Education, 2(1), 45–55. https://doi.org/10.21009/jeltpe.v2i1.20114
Hastuti, A. Y. (2020). Merdeka Belajar: Optimalisasi IT dalam Pembelajaran Ketrampilan Berbicara Bahasa Inggris melalui Video Simulasi Teks Prosedur.
Lestari, L., & Nabila, N. (2024). Penerapan Etnosains dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas IV di MI As-Sunni Pamekasan. Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 675. https://doi.org/10.35931/am.v8i2.3461
Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (2nd ed.). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511811678
Pratiwi, A. (2020). The use of visual media to improve students’ motivation in learning English. Journal of English Language Teaching and Literature, 1(1), 15–23. https://doi.org/10.47080/jeltl.v1i1.234
Widiastari, N. G. A. P., & Puspita, R. D. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Digital Dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd
Inpres 2 Nambaru. Elementary: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(4), 215–222. https://doi.org/10.51878/elementary.v4i4.3519
Zaifullah, Z., Cikka, H., & Kahar, M. I. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Interaksi Dan Minat Belajar Terhadap Keberhasilan Peserta Didik Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid 19. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 9–18. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i2.70




