MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA SMP NEGERI 7 KINTAMANI
DOI:
https://doi.org/10.36733/jsp.v14i2.9556Keywords:
Menulis, Teks Berita, Problem-based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 7 Kintamani melalui penerapan model pembelajaran Problem-based learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, obeservasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas VII B yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada siswa kelas VII B SMP Negeri 7 Kintamani menunjukkan nilai rata-rata hasil tes yang meningkat tiap siklusnya. Nilai rata-rata hasil tes awal siswa 68,06, nilai rata-rata hasil tes pada siklus I 73,59 dan nilai rata-rata hasil tes pada siklus II 80.72. Penelitian ini berimplikasi terhadap peningkatan keterampilan siswa dalam menulis kalimat teks berita dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif yaitu problem-based learning.
Downloads
References
Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung: Widina Bhakti Persada.
Embungganda, DG. (2020). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Melalui Gambar Seri PadaSiswa Kelas III SD Inpres Onekore 6 Kecamatan Ende Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Ekspektasi (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 5(2), 124-135.
Hasanah, SM. (2023). Penggunaan Metode Problem-based learning (PBL) Dengan Strategi (Think Talk Write) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penggunaan Kalimat Efektif Pada Teks Berita. Jurnal Ilmiah Sarasvati, 5(1). 93-107.
Kusmiati, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Dalam Memahami Konsep Hubungan Antara Struktur Organ Tubuh Manusia Dengan Fungsi dan Pemeliharaannya. Jurnal Tahsinia, 1(1), 49–62.
Mulyati, S. (2022). Kemampuan Siswa dalam Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Penulisan Karangan Deskripsi. Jurnal Basicedu, 6(2), 2495-2504.
Noviana, D. (2022). Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Berita Melalui Model PBL (Problem-based learning) Di Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lawang Wetan. Linggau Jurnal Language Education and Literature, 2(3), 87-99.
Rokhayatun, R. (2023). Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Teks Berita Dengan Model Problem-based learning dan Media Youtube. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 3(1), 33-39.
Suciati, R., Mascita, D. E., & Pujiatna, T. (2019). Penerapan Model Berpikir, Berbicara, dan Menulis dengan Media Foto Jurnalistik dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 4(1), 53-58.
Tarigan, HS. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Teknik Pengamatan Objek Langsung. Indonesian Gender and Society Journal, 2(2) 39-44.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ida Ayu Made Wedasuwari, I Gede Ambarayana, I Made Sastra Adi Wibawa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.