EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MENULIS MAHASISWA

Authors

  • Ida Ayu Made Wedasuwari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Eminda Sari Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v13i2.7244

Keywords:

Efektivitas, Pembelajaran Online, Manulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran online dalam mengembangkan keterampilan menulis mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif dengan metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan kuesioner. Pelaksanaan pembelajaran online dalam mengembangkan keterampilan menulis menunjukkan bahwa 88% mahasiswa menguasai aplikasi pembelajaran online dan sebanyak 12% mahasiswa belum menguasai aplikasi pembelajaran online dengan baik. Metode pembelajaran yang digunakan adalah sebesar 39% metode yang digunakan adalah pemberian tugas, 26% adalah metode problem based learning, 23% metode diskusi, dan 12% ceramah. Aplikasi online yang digunakan dalam pembelajaran yaitu 32 % pembelajaran dilakukan dengan google classroom, 24% dengan whatsapp grup, 20% dengan google meet, 14% dengan zoom, 8% dengan wattpad, dan 2% dengan email. Respons mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran online yaitu sebanyak 78% mahasiswa setuju pembelajaran online tetap diterapkan dan 22% mahasiswa tidak setuju pembelajaran online tetap dilaksanakan. Penelitian ini berimplikasi terhadap proses pembelajaran online yang dilakukan oleh dosen, sehingga dosen dapat mengemas pembelajaran online dengan lebih menyenangkan, inovatif dan memotivasi mahasiswa dalam mengambangkan keterampilan menulis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Diena, S F. 2016. Pembelajaran Kooperatif Melalui Teknik Duti-Duta Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Argumentasi. Jurnal Riksa Bahasa, 2(2).

Dwita. (2021). 5 Aplikasi Penting untuk Guru dalam Proses Pembelajaran Daring. https://guruinovatif.id/@dwitanurcahyani/5-aplikasi-penting- untuk-guru-dalam-proses-pembelajaran-daring, diakses 2 Februari 2022.

Firman. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES). 2(2).

Griffiths, G., Oates, B., & Lockyer, M. (2007). Evolving a Facilitation Process towards student-centered Learning: A Case Study in Computing. Journal of Information Systems Education, 18(4), 459–468

Kuo, Y. C., Walker, A. E., Schroder, K. E. E., & Belland, B. R. (2014). Interaction, Internet self-efficacy, and self-regulated learning as predictors of student satisfaction in online education courses. Internet and Higher Education.

Monica, J & Dini, F. (2020) Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Communio, 9(2).

Nurdin. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Yulianto, D. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1).

Downloads

Published

2023-09-29