MENANAMKAN NILAI BUDAYA MELALUI WACANA KELAS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KERAMBITAN
Keywords:
Nilai budaya, wacana kelas, karakterAbstract
Menanamkan nilai budaya dapat digunakan untuk meningkatkan pembentukan karakter peserta didik. Di sekolah menengah pertama, aspek tersebut dimungkinkan untuk dimasukkan ke dalam wacana yang diberikan atau melalui konten bahasa yang diajarkan dalam wacana kelas. Tujuannya untuk memperkenalkan warisan budaya yang dimiliki oleh masyarakat tertentu agar dapat dikenal baik oleh generasi muda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana wujud verbal nilai budaya dalam wacana kelas yang dilakukan oleh guru dan siswa. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Objek penelitian adalah nilai budaya melalui wacana kelas di sekolah menengah pertama. Subjek penelitiannya adalah guru dan siswa di kelas IX SMPN 1 Kerambitan. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi kelas. Teknik analisis data yang digunakan diadopsi dari Creswell (2012). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai budaya yang diterapkan melalui wacana kelas dalam pembentukan karakter siswa adalah mengucapkan salam, menghormati dan menghargai, bekerja sama, dan cara berpakaian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan pada siswa mengenai nilai budaya yang berlaku dalam masyarakat sehingga dapat memperbaiki karakter siswa sesuai dengan kultur di masyarakat.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 FKIP
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.