UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKELOMPOK MAHASISWA DALAM EKOLITERASI KETAHANAN HAYATI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK, DAN PENDEKATAN ARTISTIK DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.36733/jsp.v1i1.461Keywords:
Ekoliterasi, ketahanan, hayati, kooperatif, artistik, kelompok, investigasi, digitalAbstract
Permasalahan yang dihadapi dalam penerapan Ekoliterasi Ketahanan Hayati (EKH) pada mahasiswa adalah lemahnya aspek keterampilan sosial dan berkelompok pada mahasiswa. Hal ini bisa diperbaiki dengan pembelajaran kooperatif tipe kelompok investigasi, yang dalam penerapannya menggunakan pendekatan artistik digital (power point). Penerapan EKH ini dilakukan dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui dua siklus. Hasilnya penerapan pembelajaran kooperatif kelompok investigasi berbasis pendekatan artistik digital (power point) dapat meningkatkan keterampilan berkelompok mahasiswa dalam presentasi pada aspek fokus dalam presentasi meningkat dari 2,86 menjai 3,73, pada aspek organisasi penyajian dari 2,90 menjadi 3,62, suara dalam presentasi meningkat dari 3,42 menjadi 3,81 serta kemampuan tanya jawab dari 3,18 menjadi 3,85 sedangkan pada aspek pembukaan presentasi terjadi peningkatan dari 2,82 menjadi 3,35 namun peningkatannya tidak signifikan. Penerapan pembelajaran kooperatif kelompok investigasi berbasis pendekatan artistk digital (power point) juga dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menyusun media pembelajaran power point ditinjau penyusunan latar belakang meningkat dari dari 3,17 menjadi 3,56 serta dari keakuratan isi dengan alat bantu meningkat dari 3,12 menjadi 3,62 sedangkan untuk aspek penyusunan gambaran umum meningkat dari 3,38 menjadi 3,76 serta teks yang mencakup pemilihan huruf dan format meningkat dari 3,12 menjadi 3,62 namun peningkatan yang terjadi tidak signifikan.