UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKELOMPOK MAHASISWA DALAM EKOLITERASI KETAHANAN HAYATI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK, DAN PENDEKATAN ARTISTIK DIGITAL

Authors

  • I Wayan Adiputra Gunawan Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Diarta Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Sang Putu Kaler Surata Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v1i1.461

Keywords:

Ekoliterasi, ketahanan, hayati, kooperatif, artistik, kelompok, investigasi, digital

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam penerapan Ekoliterasi Ketahanan Hayati (EKH) pada mahasiswa  adalah lemahnya aspek keterampilan  sosial dan berkelompok pada mahasiswa. Hal ini bisa diperbaiki dengan pembelajaran kooperatif tipe kelompok investigasi, yang dalam penerapannya menggunakan pendekatan artistik digital (power point). Penerapan EKH ini dilakukan dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui dua siklus. Hasilnya penerapan pembelajaran kooperatif kelompok investigasi berbasis pendekatan artistik digital (power point) dapat meningkatkan keterampilan berkelompok mahasiswa dalam presentasi pada aspek fokus dalam presentasi meningkat dari 2,86 menjai 3,73, pada aspek organisasi penyajian dari 2,90 menjadi 3,62, suara dalam presentasi meningkat dari  3,42 menjadi 3,81 serta kemampuan tanya jawab dari 3,18 menjadi 3,85 sedangkan  pada aspek pembukaan presentasi terjadi peningkatan dari 2,82 menjadi 3,35 namun peningkatannya tidak signifikan. Penerapan pembelajaran kooperatif kelompok investigasi berbasis pendekatan artistk digital (power point) juga dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menyusun media pembelajaran power point ditinjau penyusunan latar belakang  meningkat dari dari 3,17 menjadi 3,56 serta dari keakuratan isi dengan alat bantu meningkat dari 3,12 menjadi 3,62 sedangkan untuk aspek penyusunan gambaran umum meningkat dari 3,38 menjadi 3,76 serta  teks yang mencakup pemilihan huruf  dan format meningkat dari 3,12 menjadi 3,62 namun peningkatan yang terjadi tidak signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2011-01-26