Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Samsat Denpasar

Authors

  • Rambu Hunggu Hau Maritu Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anik Yuesti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Novia Hapsari Ardianti Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jia.v1i1.6860

Keywords:

Service Quality, Tax Audit, Tax Knowledge, Tax Sanctions, Taxpayer Compliance

Abstract

Taxpayer compliance is an act that reflects obedience and awareness of order in the taxpayer's tax obligations by making payments and reporting on the period and yearly of the taxpayer concerned in accordance with applicable tax provisions. Increasing taxpayer compliance is influenced by many factors, such as tax audits carried out, sanctions given to each taxpayer who violates the regulations, awareness of the taxpayer himself, quality of service provided to taxpayers, and knowledge of taxation owned by each taxpayer. The number of samples used in this study were 100 respondents. The sampling technique used in this research is incidental sampling. The data analysis technique used is Multiple Linear Regression analysis and previously tested research instruments. The results of this study indicate that service quality has a positive effect on motor vehicle taxpayer compliance at the Denpasar Samsat Office, on the other hand tax audits, tax sanctions, taxpayer awareness and tax knowledge do not affect taxpayer compliance. These results indicate that the Denpasar Samsat Office has good service quality where taxpayers feel comfortable and satisfied with the services provided so that it can affect the level of taxpayer compliance.

References

Aryati, A. (2020). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan dan kesadaran Wajib pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Center of Economic Student Journal, 3(3), 301-310.

Atarwaman, R. J. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi, 6(1), 39-51

Bangun, S., Hasibuan, P. W., & Suheri, S. (2022). Kepatuhan Wajib Pajak: Peran Sistem Administrasi Perpajakan Modern, Kesadaran Wajib Pajak dan Sanksi Manajemen Perpajakan Dalam Perspektif Technology Acceptance Model dan Theory of Planned Behavior. Tirtayasa Ekonomika, 17(1), 152-176.

BAROKA, V. R., Mukhtaruddin, M., & Hidayat, M. (2022). Pengaruh Pemeriksaan Pajak, Kesadaran Wajib Pajak Dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dengan Sanksi Pajak Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Kpp Pratama Palembang Seberang Ulu) (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

De Joman, J. M. C., Sastri, I. I. M., & Datrini, L. K. (2020). Pengaruh biaya kepatuhan pemeriksaan pajak dan penerapan E-SPT terhadap kepatuhan wajib pajak badan pada KPP Pratama Denpasar Barat. Jurnal Riset Akuntansi Warmadewa, 1(1), 50-54.

Dewi, S., Widyasari, W., & Nataherwin, N. (2020). Pengaruh Insentif Pajak, Tarif Pajak, Sanksi Pajak Dan Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomika dan Manajemen, 9(2).

Dharma, I. B. A. S., & Astika, I. B. P. (2021). Kondisi Keuangan, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Kesadaran dan Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi, 31(7), 1615-1631.

Ginting, N. D. A. (2022). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Perpajakan, Pelayanan Perpajakan Selama Periode Pandemi Covid-19 Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Individu Sebagai Pelaku UMKM Dalam Membayar Pajak (2019-2021) (Doctoral dissertation, STIE YKPN).

Juliantari, N. K. A., Sudiartana, I. M., & D'Riyani, N. L. G. M. (2021). Pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, kewajiban moral, sanksi pajak, dan sosialisasi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor di kantor samsat gianyar. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KARISMA), 3(1).

Khodijah, S., Barli, H., & Irawati, W. (2021). Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kualitas Pelayanan Fiskus, Tarif Pajak dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi Berkelanjutan Indonesia, 4(2), 183-195.

Krisna Deva, A. A. N., & Merkusiwati, N. K. L. A. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Denpasar. E-Jurnal Akuntansi, 30(6), 1425-1440.

Lende, A., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2021). Pengaruh Kemanfaatan Npwp, Kualitas Pelayanan, Pemahaman Wajib Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kecamatan Gianyar. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KARISMA), 3(1).

Mulyati, Y., & Ismanto, J. (2021). Pengaruh Penerapan E-Filing, Pengetahuan Pajak dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada Pegawai Kemendikbud. Jurnal Akuntansi Berkelanjutan Indonesia, 4(2).

Nafiah, Z., Sopi, S., & Novandalina, A. (2021). Pengaruh Sanksi Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di KPP Pratama Pati. JURNAL STIE SEMARANG (EDISI ELEKTRONIK), 13(2).

Nilla, V. S., & Widyawati, D. (2021). Pengaruh Penerapan E-Billing, Pengetahuan Perpajakan, Dan Kesadaran Membayar Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 10(4).

Raharjo, N. K., Majidah, M., & Kurnia, K. (2020). Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan, Tarif Pajak, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus pada Wajib Pajak Orang Pribadi Non Karyawan di KPP Pratama Cibinong Periode 2020). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 9(7), 671-685

Rizkiyah, I. N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pemahaman Peraturan, Sanksi Perpajakan, persepsi Pemeriksaan Pajak dan Tingkat Kepercayaan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS BAKRIE).

Sembiring, S., Sinaga, R. V., & Ginting, A. (2021). PENGARUH PEMERIKSAAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN DI KANTOR PELAYANAN PAJAK MEDAN PETISAH. Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan, 75-85.

Supriatiningsih, S., & Jamil, F. S. (2021). Pengaruh Kebijakan E-Filing, Sanksi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 9(1), 199-208.

Syafira, E. Z. A., & Nasution, R. (2021). Pengaruh Sanksi Perpajakan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. EL MUHASABA: Jurnal Akuntansi (e-Journal), 12(1), 79-91.

Wibisono, M. (2022). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Religiusitas Wajib Pajak, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kudus (Doctoral dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta).

Windiarni, R. P., Majidah, M., & Kurnia, K. (2020). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Pengetahuan Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Dan Pemeriksaan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Umkm Yang Terdaftar Di Kpp Pratama Bandung Cicadas Tahun 2020). e Proceedings of Management, 7(2).

Yulia, Y., Wijaya, R. A., Sari, D. P., & Adawi, M. (2020). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Tingkat Pendidikan dan Sosialisasi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada UMKM Di Kota Padang. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(4), 305-310

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Maritu, R. H. H., Yuesti, A., & Ardianti, P. N. H. (2023). Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Samsat Denpasar. Jurnal Inovasi Akuntansi (JIA), 1(1), 11–20. https://doi.org/10.36733/jia.v1i1.6860

Issue

Section

Articles