PROGRAM PENANGANAN POSITIVE RELATIONSHIP MELALUI STEM BERBASIS ETNOPEDAGOGI
DOI:
https://doi.org/10.36733/jadma.v5i2.9903Keywords:
etnopedagogi, kolok, positive relationship, STEMAbstract
Masalah positive relationship menjadi salah satu aspek yang menjadi sorotan dewasa ini. Salah satu masalah yang terjadi adalah masih lemahnya hubungan antar siswa, termasuk siswa dan guru, terutama siswa Kolok, di SD inklusi N 2 Bengkala. Penyebabnya adalah belum pahamnya guru membina Kesehatan mental siswa dalam pembelajaran. Pengabdian kepada Masyarakat yang berlokasi di SD inklusi N 2 Bengkala melibatkan 12 orang guru. Kegiatan ini mengangkat topik penanganan positive relationship melalui STEM berbasis Etnopedagogi sesuai kesepakatan tim, kepala sekolah, dan guru. Tahapan pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan menggunakan tahapan Joyce & Shower (1980), yang terdiri dari presentasi teori, pemodelan, praktik, dan pemberian umpan balik. Berdasarkan hasil tes sebelum dan setelah pelatihan, didapatkan peningkatan pengetahuan STEM guru sebesar 28%. Guru juga telah mampu mengimplementasikan STEM di kelas pada topik rangka manusia dengan menyajikan masalah siswa yang tidak bisa berjalan karena patah kaki. Disamping itu, behavioral engagement, cognitive engangement, dan emotional engagement siswa menjadi lebih baik.
References
Amerstorfer, C. M., & Freiin von Münster-Kistner, C. (2021). Student Perceptions of Academic Engagement and Student-Teacher Relationships in Problem-Based Learning. Frontiers in Psychology, 12(October), 1–18. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.713057
Busono, G. A. 2016. Pengaruh Sistem Pelatihan dan Pengembangan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Persada Sawit Mas (PSM) Kecamatan Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Muqtashid, 1(1), 81-114.
Copriady, J., Zulnaidi, H., & Alimin, M. (2018). In-service Training for Chemistry Teachers’ Proficiency: The Intermediary Effect of Collaboration Based on Teaching Experience. International Journal of Instruction, 11(4), 749–760. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11447a
Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Enggeenering and Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 11–22. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p11-22
Davis, J. R., & Warner, N. (2018). Schools Matter: The Positive Relationship Between New York City High Schools’ Student Academic Progress and School Climate. Urban Education, 53(8), 959–980. https://doi.org/10.1177/0042085915613544
Handayani, F. (2020). Building Students’ Critical Thinking Skills through STEM-Based Digital Literacy during the Pandemic Period Covid 19. Jurnal Cendekiawan, 2(2), 69–72. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i2.184
Hernanda, I., Sofiah, D., & Muslikah, E. D. (2022). Kesejahteraan psikologis pada tenaga pengajar : Menguji peranan rasa syukur dan keseimbangan kehidupan-kerja. INNER: Journal of Psychologica Research, 2(3), 221–231.
Ibrahim, A., & El Zataari, W. (2020). The teacher–student relationship and adolescents’ sense of school belonging. International Journal of Adolescence and Youth, 25(1), 382–395. https://doi.org/10.1080/02673843.2019.1660998
Joyce, B., & Showers, B. (1980). Improving inservice training: The messages of research. Educational Leadership, 37(5), 379–385. http://www.ascd.org/ASCD/pdf/journals/ed_lead/el_198002_joyce.pdf
Magfirah, U., & Rachmawati, M. A. (2014). Hubungan Antara Iklim Sekolah dengan Kecenderungan Perilaku Bullying. 1–10.
Mulyasa. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Muslimin. (2020). Program Penilaian Kinerja Guru dan Uji Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Guru. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 4(1). https://jurnal.unigal.ac.id/ijemar/article/view/4384/3452
O’Connor, E. E., Dearing, E., & Collins, B. A. (2011). Teacher-child relationship and behavior problem trajectories in elementary school. American Educational Research Journal, 48(1), 120–162. https://doi.org/10.3102/0002831210365008
Parawangsa, E., Hanani, T. N., Putra, M. R. S., Rostika, D., & Sudarmansyah, R. (2024). Optimasi Komunikasi Guru-Siswa di Sekolah Dasar untuk Membangun Hubungan Positif dalam Proses Pembelajaran. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 2(1), 722–728. https://doi.org/10.57235/jleb.v2i1.1980
Sunardi, O., & Suchyadi, Y. (2020). Praktikum Sebagai Media Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 03, 124–127. http://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda
Suranti, N. M. Y., & Wahyuningsih, B. Y. (2023). Project Based Learning dengan Pendekatan STEM pada Pendidikan Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 4(4), 141–148. Retrieved from https://journal.publication-center.com/index.php/ijece/article/view/1587
Syahabuddin, K., Fhonna, R., & Maghfirah, U. (2020). Teacher-student relationships: An influence on the english teaching-learning process. Studies in English Language and Education, 7(2), 393–406. https://doi.org/10.24815/siele.v7i2.16922
Wulanndari, E., Tinggi, S., Agama, I., & Smaratungga, B. (2024). Optimalisasi Praktik Pengalaman Lapangan dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Calon Guru. 10(1), 98–104. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6582