Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN JURNAL ABDI DHARMA MASYARAKAT

Naskah

  1. Naskah merupakan hasil kegiatan Pengabdian pada Masyarakat.
  2. Naskah yang dikirim belum pernah diterbitkan atau tidak dalam proses untuk dipublikasikan oleh jurnal lain (dinyatakan dalam surat pernyataan).
  3. Naskah ditulis dengan Bahasa Indonesia mengukuti pedoman umum EYD.

Penulisan

Naskah diketik 1,15 spasi (kecuali abstrak, tabel, keterangan gambar, histogram dan kepustakaan diketik dalam satu spasi, dengan batas margin 3,5 cm dari kiri dan 3 cm masing-masing dari margin kanan atas dan bawah. Naskah maksimum 15 halaman A4 diketik dalam program Micrisoft Word for Windows, huruf Times New Roman ukuran 12 poin. Naskah dicetak 2 eksemplar dan 1 buah softcopy (CD) yang dikirimkan ke alamat penyusun pelaksana.

Format Penulisan Naskah

  1. Judul Naskah, ditulis singkat (tidak lebih dari 16 kata), jelas, informatif dan ditulis dengan huruf kapital (kecuali nama ilmiah) posisi di tengah ukuran 14 poin.
  2. Nama dan Institusi Penulis, nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik dan ditempatkan di bawah judul artikel. Jika penulis terdiri atas lebih dari empat orang, yang dicantumkan pada judul artikel adalah nama penulis utama, sedangkan nama penulis lainnya ditulis pada catatan kaki halaman pertama naskah. Penulis dianjurkan mencantumkan alamat e-mail untuk memudahkan komunikasi.
  3. Abstrak, penulisan abstrak ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia. Abstrak tidak lebih dari 250 kata. Pada pojok kiri bawah dari abstrak ditulis kata kunci (keyword), tidal lebih dari 7 kata.
  4. Analisis Situasi, ditulis secara singkat latar belakang kegiatan serta situasi dan kondisi sumber daya di tempat dilaksanakannya pengabdian.
  5. Perumusan Masalah, mengangkat tantangan dan persoalan yang dihadapi di tempat pengabdian.
  6. Solusi yang Diberikan, menjabarkan usaha atau solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan di tempat pengabdian.
  7. Metode Pelaksanaan, menguraikan teknik atau pendekatan yang digunakan untuk menuntaskan kendala atau memenuhi kebutuhan dari target kegiatan pengabdian.
  8. Hasil Pengabdian dan Pembahasan, memuat uraian hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian pada masyarakat sekaligus disertai dengan pembahasan pada masing-masing hasil yang diperoleh. Bagian ini dapat dilengkapi dengan foto-foto yang relevan.
  9. Kesimpulan dan Saran, menyatakan tingkat ketercapaian kegiatan pengabdian masyarakat serta memuat saran untuk memaksimalkan hasil dari ketercapaian tersebut.
  10. Daftar Pustaka, ditulis mengacu pada APA style (American Psychological Association). Penulisan daftar pustaka terdiri atas (1) nama pengarang, (2) tahun terbit, (3) judul buku, (4) tempat terbit, (5) nama penerbit yang disusun berdasarkan abjad.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.