PENGEMBANGAN DIGITALISASI MARKETING UMKM PRODUK UPAKARYA YADNYA DI DESA BUDUK, MENGWI, BADUNG

Authors

  • Kadek Apriliani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Sukerta Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Aris Wirananda Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Ari Wirawan Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jadma.v4i2.7803

Keywords:

UMKM, Digitalisasi, Pengabdian Kepada Masyarakat

Abstract

Abstrak

UMKM atau Usaha Mikro Kecil Dan Menengah, merupakan jenis usaha yang memegang peranan penting dalam perekonomian negara. UMKM atau Usaha Mikro Kecil Dan Menengah, merupakan jenis usaha yang memegang peranan penting dalam perekonomian negara. Digitalisasi adalah penggunaan teknologi digital untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam bisnis. Penerapan digitalisasi dalam UMKM dapat membantu meningkatkan akses pasar, mempercepat proses bisnis, dan memungkinkan inovasi dalam produk dan layanan. Toko Ibuk Nopik dan Toko Buk Luh Letriani adalah UMKM yang bergerak di bidang penjualan keperluan upacara adat Bali. Kedua toko tersebut sudah lama beroperasi di desa Buduk, namun masih memiliki kendala dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan keterampilan pengelolaan bisnis. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis menyelenggarakan program pengabdian masyarakat dengan judul “Pengembangan Digitalisasi Marketing UMKM Produk Upakarya Yadnya Di Desa Buduk, Mengwi, Badung”. Program ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu pengembangan UMKM di desa tersebut melalui pemanfaatan teknologi digital. Penyelenggaraan program dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu tahap observasi, persiapan, pelaksanaan dan Monitoring dan diskusi. Berdasarkan hasil penyelenggaraan program, tujuan yang diharapkan telah tercapai dan kedua UMKM tersebut telah berhasil dibuatkan website dan juga pendaftaran di Google Maps. Sehingga, dapat disimpulkan program pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di Toko Ibu Nopik dan Toko Ibu Luh Letriani yang beralamat di Banjar Sengguan Desa Buduk telah terselenggara dengan baik dan tujuan yang diharapkan telah tercapai.

References

Desi Ratnasari & Irma Mardian. (2021). Strategi Pemasaran Umkm Berbasis Pangan Di Era Digital 4.0 (Studi Kasus Di Kota Bima), DIMENSI, Volume 10 Nomor 3

Novi Satria Jatmiko. (2022). Strategi Pemasaran Ideal di Era Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM, Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Vol 4, No 2

Purwana, D., Rahmi, & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPPM). Jakarta.

Wijoyo, H. (2020). Digitalisasi UMKM pasca pandemi covid-19 di riau. Prosiding Konferensi Nasional Administrasi Negara Sinagara. Riau.

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Apriliani, K., Sukerta, I. M., Wirananda, I. P. A., & Wirawan, I. M. A. (2023). PENGEMBANGAN DIGITALISASI MARKETING UMKM PRODUK UPAKARYA YADNYA DI DESA BUDUK, MENGWI, BADUNG. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 4(2), 100–106. https://doi.org/10.36733/jadma.v4i2.7803