MENINGKATKAN KESADARAN SISWA/I DALAM PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIK DAN NON-ORGANIK MENJADI KERAJINAN TANGAN YANG LEBIH BERMANFAAT

Authors

  • Eminda Sari Ni Wayan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Komang Sulatra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Kadek Surya Ari Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Wisnu Mahardika Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jadma.v4i2.7777

Keywords:

Pengelolaan Sampah, Sekolah Dasar, Kerajinan

Abstract

Sampah menjadi permasalahan utama yang dihadapi oleh hampir semua negara di belahan dunia, salah satunya adalah negara Indonesia. Pertumbuhan jumlah penduduk yang setiap harinya bertambah menyebabkan timbunan sampah yang dihasilkan setiap harinya juga semakin banyak. Sampah organik maupun non-organik yang tidak diolah secara optimal akan memberikan pencemaran terhadap lingkungan dan dampak negatif lainnya terhadap kesehatan manusia. Pengelolaan sampah yang efisien dan optimal dapat dimulai dari tingkat siswa/i sekolah dasar salah satunya adalah di SD No. 2 Sibang Kaja, Desa Sibang Kaja, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung. Pengelolaan sampah berupa pembuatan ecobrik dan pengoptimalan pembuatan asbak melalui limbah bambu dapat mengubah sampah dari barang yang tidak berguna menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai seni. Melalui kegiatan pengelolaan sampah semenjak usia dini juga diharapkan dapat memberikan edukasi semenjak dini mengenai pemilahan sampah yang baik dan benar. 

References

Addahlawi, H. A., Mustaghfiroh, U., Ni’mah, L. K., Sundusiyah, A., & Hidayatullah , A. F. (2019). Implementasi prinsip good environmental governance dalam pengelolaan sampah di indonesia. JGG-JURNAL GROWTH DAN MANAJEMEN LINGKUNGAN, 106-118.

Hakim, A. H., Triadnyani, I. P., Nugroho, F., Putra, I. B., & Antari, N. B. (2022). Sosialisasi mengenai eco-enzyme dan pembuatan kerajinan tangan dari botol plastik bekas. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 23-29.

Ikhsan, M., & Tonra, W. S. (2021). Pengenalan ecobrick di sekolah sebagai upaya penanggulangan masalah sampah. ETDC INDONESIA, Jurnal Abdimas Patikala, 32-38.

Juniartini, N. P. (2020). Pengelolaan sampah dari lingkup terkecil dan pemberdayaan masyarakat sebagai bentuk tindakan peduli lingkungan. Jurnal Bali Membangun Bali, 27-40.

Setyaningsih, S., & Sudarsana, I. K. (2020). Implementation of Tri Purusa Artha teachings in Coaching Hindu Young Generation. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 4(1), 52–60

Wahyuningsih, K. S. (2021). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 di sma dharma praja denpasar. Jurnal Pangkaja , 107-118.

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Ni Wayan, E. S., Sulatra, I. K., Ari Putra, I. K. S. ., & Mahardika, K. W. (2023). MENINGKATKAN KESADARAN SISWA/I DALAM PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIK DAN NON-ORGANIK MENJADI KERAJINAN TANGAN YANG LEBIH BERMANFAAT. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 4(2), 150–155. https://doi.org/10.36733/jadma.v4i2.7777