PEMBERIAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS TAMBAHAN UNTUK SISWA SD DI DESA BONGKASA PERTIWI
DOI:
https://doi.org/10.36733/jadma.v4i2.7774Keywords:
Bahasa Inggris, Siswa SD, PembelajaranAbstract
Keberadaan desa wisata menuntut masyarakat desa untuk mampu mengikuti perkembangan desa. Masyarakat hendaknya memiliki kecakapan dalam bidang bahasa, khususnya Bahasa Inggris. Meskipun demikian, terdapat keterbatasan jumlah guru Bahasa Inggris dan minimnya fasilitas pendukung. Hal tersebut mendasari tim pelaksana untuk memberikan pembelajaran Bahasa Inggris tambahan untuk siswa kelas 4 di SD No. 1 dan 2 Bongkasa Pertiwi. Kegiatan evaluasi dilakukan menggunakan instrumen kuesioner pre-tes dan post-test dengan menyajikan 10 pertanyaan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada tahap pre-test sebesar 18,88. Kemudian, nilai rata-rata siswa pada tahap post-test meningkat menjadi 94,44. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa program kerja ini telah efektif dilakukan.
References
Kamlasi, I. (2019). Bimbingan belajar Bahasa Inggris bagi anak-anak Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 260–267.
Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris pada sekolah dasar: Mengapa perlu dan mengapa dipersoalkan. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 6(1), 23–28.
Nasution, D. S., Harahap, S. D., Siregar, S. D., & Hasibuan, A. (2021). Pendampingan Bahasa Inggris pada anak-Anak setingkat sekolah dasar di Desa Wisata Pagaran Gala-Gala, Mandailing Natal-Sumut, dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) melalui metode drilling dan repetition. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 63–72.
Rahadi, I., Nursaly, B. R., Handini, B. S., & Murcahyanto, H. (2021). Penguasaan Bahasa Inggris masyarakat dan partisipasinya dalam pengembangan desa wisata. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4(2), 486–494.
Scabra, A. R., Saputra, H., Ibrahim, M. S. M. Y., Putra, R. A., Jayadi, M. U., Wahyuliana, N., & Rahmani, S. N. F. (2022). Peningkatkan kemampuan Bahasa Inggris masyarakat di desa wisata Kembang Kuning melalui program english class. Jurnal PEPADU, 3(2), 254–259.
Setianingsih, E. S. (2016). Peranan bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan bimbingan belajar Di SD. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 6(1), 79–87.
Zahra, A. S. A., & Sya, M. F. (2022). Permasalah dan solusi pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah (SD). Karimah Tauhid, 1(4), 481–488.