PEMBERDAYAAN BISNIS DESA CELUK: STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN POTENSI DAERAH

Authors

  • Dewa K universitas pendidikan nasional
  • Komang Dina Setyawati Universitas Pendidikan Nasional
  • Ni Wayan Dita Eka Widiani Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.36733/jadma.v4i2.7512

Keywords:

Desa Celuk, Digital Marketing, Pengembangan Produk, Pendampingan Bisnis, Pertumbuhan Ekonomi Lokal, Pameran, Inovasi

Abstract

Desa Celuk, sebagai pusat pengrajin perak dan emas, menghadapi tantangan dalam memaksimalkan digital marketing dan memanfaatkan potensi lokal. Pengabdian masyarakat ini dirancang untuk menguatkan bisnis Desa Celuk dengan meningkatkan pemahaman tentang digital marketing dan eksplorasi potensi daerah. Peserta diberikan pelatihan tentang prinsip-prinsip marketing digital, penggunaan media sosial, dan pembuatan konten yang menarik. Selain itu, workshop diadakan untuk mengidentifikasi produk unggulan, inovasi, dan meningkatkan daya saing produk. Pendampingan bisnis memberikan dukungan tambahan, memandu peserta dalam menerapkan strategi yang telah dipelajari. Rekomendasi untuk berpartisipasi dalam pameran dan promosi diberikan untuk meningkatkan eksposur produk. Inisiatif ini diharapkan memberikan dampak positif pada pengrajin dan bisnis Desa Celuk, mendorong pemahaman tentang digital marketing, dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal yang berkelanjutan.

References

Ansell, C., & Gash, A. (2008). Collaborative governance in theory and practice.

Journal of Public Administration Research and Theory, 18(4), 543-571.

Blien, U., & Suedekum, J. (2015). The local determinants of economic growth in

regional clusters. Papers in Regional Science, 94(1), 1-6.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing. Pearson UK.

Cooper, R. G. (2001). Winning at new products: Accelerating the process from idea

to launch. Basic Books.

Zimmerman, M. A. (2000). Empowerment theory: Psychological, organizational,

and community levels of analysis. In Handbook of community psychology (pp. 4363).

Springer.

Putra, I. N. D., & Suwintana, I. K. (2017). Strategi Pengembangan Desa Celuk

sebagai Desa Wisata Berbasis Potensi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya

Manusia. Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(2), 89-98.

Ryan, D., & Jones, C. (2019). Understanding Digital Marketing: Marketing

Strategies for Engaging the Digital Generation (4th ed.). London, England: Kogan

Page.

Setiawan, A. (2020). Implementasi Pemasaran Digital sebagai Upaya

Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis,

(1), 30-38.

Susanto, A., & Putra, I. K. (2019). Potensi dan Strategi Pengembangan Industri

Kreatif Desa Celuk dalam Peningkatan Perekonomian Masyarakat. Jurnal Ekonomi

dan Pembangunan, 27(1), 73-84.

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

K, D., Setyawati, K. D., & Eka Widiani, N. W. D. . (2023). PEMBERDAYAAN BISNIS DESA CELUK: STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN POTENSI DAERAH. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 4(2), 107–114. https://doi.org/10.36733/jadma.v4i2.7512