PEMBERDAYAAN BISNIS DESA CELUK: STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN POTENSI DAERAH
DOI:
https://doi.org/10.36733/jadma.v4i2.7512Keywords:
Desa Celuk, Digital Marketing, Pengembangan Produk, Pendampingan Bisnis, Pertumbuhan Ekonomi Lokal, Pameran, InovasiAbstract
Desa Celuk, sebagai pusat pengrajin perak dan emas, menghadapi tantangan dalam memaksimalkan digital marketing dan memanfaatkan potensi lokal. Pengabdian masyarakat ini dirancang untuk menguatkan bisnis Desa Celuk dengan meningkatkan pemahaman tentang digital marketing dan eksplorasi potensi daerah. Peserta diberikan pelatihan tentang prinsip-prinsip marketing digital, penggunaan media sosial, dan pembuatan konten yang menarik. Selain itu, workshop diadakan untuk mengidentifikasi produk unggulan, inovasi, dan meningkatkan daya saing produk. Pendampingan bisnis memberikan dukungan tambahan, memandu peserta dalam menerapkan strategi yang telah dipelajari. Rekomendasi untuk berpartisipasi dalam pameran dan promosi diberikan untuk meningkatkan eksposur produk. Inisiatif ini diharapkan memberikan dampak positif pada pengrajin dan bisnis Desa Celuk, mendorong pemahaman tentang digital marketing, dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal yang berkelanjutan.
References
Ansell, C., & Gash, A. (2008). Collaborative governance in theory and practice.
Journal of Public Administration Research and Theory, 18(4), 543-571.
Blien, U., & Suedekum, J. (2015). The local determinants of economic growth in
regional clusters. Papers in Regional Science, 94(1), 1-6.
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing. Pearson UK.
Cooper, R. G. (2001). Winning at new products: Accelerating the process from idea
to launch. Basic Books.
Zimmerman, M. A. (2000). Empowerment theory: Psychological, organizational,
and community levels of analysis. In Handbook of community psychology (pp. 4363).
Springer.
Putra, I. N. D., & Suwintana, I. K. (2017). Strategi Pengembangan Desa Celuk
sebagai Desa Wisata Berbasis Potensi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya
Manusia. Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(2), 89-98.
Ryan, D., & Jones, C. (2019). Understanding Digital Marketing: Marketing
Strategies for Engaging the Digital Generation (4th ed.). London, England: Kogan
Page.
Setiawan, A. (2020). Implementasi Pemasaran Digital sebagai Upaya
Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis,
(1), 30-38.
Susanto, A., & Putra, I. K. (2019). Potensi dan Strategi Pengembangan Industri
Kreatif Desa Celuk dalam Peningkatan Perekonomian Masyarakat. Jurnal Ekonomi
dan Pembangunan, 27(1), 73-84.