UPAYA PENDAMPINGAN BELAJAR DENGAN DIRECT TUTORING (DITUBI 2E) BAHASA INGGRIS EFISIEN DAN EFEKTIF MELALUI PEMANFAATAN APLIKASI BELAJAR BAHASA INGGRIS

Authors

  • I Gusti Ayu Vina Widiadnya Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Dwi Safitri Universitas Mahasarawati Denpasar
  • I Made Tamba Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jadma.v4i1.6597

Keywords:

Covid-19, bimbingan, pendampingan, efektif, efisien

Abstract

Pandemi Covid-19 merupakan pandemi yang berdampak pada seluruh aspek social masyarakat, salah satunya adalah Pendidikan. Tidak terkecuali dampak pandemi Covid-19 pada Pendidikan di Bali terutama di daerah Kuta. Pembelajaran juga harus dilakukan di rumah masing-masing guna menghindari penyebaran Covid-19. Dari hasil observasi, terdapat  beberapa masalah yang dirasakan para siswa sejak belajar secara daring di masa pandemi covid-19. Pertama, kurangnya cara belajar yang efisien sehingga pemahaman siswa mengenai materi saat belajar sendiri di rumah tidak maksimal dibandingkan belajar dengan guru di sekolah Kedua, kurangnya ke-efektifan siswa dalam menggunakan waktu luang dan smartphone dengan belajar mandiri di rumah saat pandemi Covid-19. Adapun beberapa solusi program kerja yang ditawarkan membantu masalah masyarakat yang mengalami permasalahan di masa pandemi. Program kerja yang ditawarkan adalah bimbingan belajar materi Bahasa Inggris dengan metode pengajaran yang efisien kepada siswa Sekolah Menengah Atas di Desa Legian, Pendampingan mengenai cara belajar efektif dengan memanfaatkan aplikasi belajar Bahasa Inggris di smartphone di masa pandemi COVID-19. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang menyasar siswa SMA di Desa Legian terlaksana dengan baik. Program kerja yang dilaksanakan di desa tersebut diantaranya, kegiatan bimbingan belajar dengan metode direct tutoring (ditu) dan penyuluhan mengenai cara belajar efektif dan efisien dengan memanfaatkan aplikasi belajar Bahasa Inggris di smartphone di masa pandemi COVID19 kepada siswa Sekolah Menengah Atas di Desa Legian, evaluasi kegiatan ini terlaksana dan terealisasi sangat baik sesuai dengan target yang ditentukan (terealisasi 100%).

Author Biography

I Made Tamba, Universitas Mahasaraswati Denpasar

 

 

References

Anastasia, T. (2021) Gerakan 5M COVID, Kunci Sukses Mengakhiri Pandemi.

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3644583/mau-pandemi-usai-ketahui-

Dinata, A. (2021). Upaya Meningkatkan Kreativitas Masyarakat Dengan Membuat

Desain Papan Poster Dan Hand Sanitizer Berbahan Alami Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 Secara Klinis. Universitas Mahasarswati Denpasar.

Doe, M. T. (2020). Metode Pelaksanaan Pekerjaan.

https://mirhanmorowaliutara.com/2020/06/03/metode-pelaksanaan-pekerjaan/

Grace. (2020). Perbedaan Arti Kata Efektif dan Efisien. Binus University.

https://binus.ac.id/

Koesoemawati, R. dan Anggraini, B. F. (2021). Upaya Pencegahan Penyebaran Virus

Covid-19 pada Masyarakat dan UMKM di Lingkungan Banjar Benaya, Desa Peguyangan Kaja. Universitas Mahasarswati Denpasar.

LPPM. (2022). KKN 45.1 Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata Peduli Bencana

COVID-19. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Nashoih, A., Fadhli, K., Taqiyuddin, A., Khorib, A., Sholikhah, I., & Putriningtyas, C.

(2022). Penguatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Kartu BiZi Bagi Guru Bahasa Arab Di Jombang. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 18-25. https://doi.org/https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v3i1.2285

Putra, I.P., Fadli, R., Hakiki, M., Syamsuar, A., Ridoh, A., Fauziah, F. (2021). EDUKASI

PEMANFA’ATAN INTERNET SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN DAN DAKWAH DI KELURAHAN TAMAN AGUNG KECAMATAN BATHIN III KABUPATEN BUNGO PROVINSI JAMBI. STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. https://moraref.kemenag.go.id/documents/article/99226966393125505

Setiada, N. K. (2003). DESA ADAT LEGIAN DITINJAU DARI POLA DESA

TRADISIONAL BALI. Universitas Udayana. file:///C:/Users/pio/Downloads/2933-1-4050-1-10-20121114.pdf

Wiyoko, T., Putra, I., Sari, A., & Sartika, M. (2022). PENDAMPINGAN PROGRAM

BELAJAR BERBASIS SMART HOME DI DESA RASAU. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 7-13. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.728

Waqfin, M. S. I., Galih, A., Abdullah, H., Jamaludin, J., & Nurlia, Z. (2022).

Implementasi Media Pembelajaran Dengan Menggunakan EPRO dan E-Book Dalam Meningkatkan Antusias Belajar Peserta Didik di Desa Kepuhdoko. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 6-10. https://doi.org/https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v3i1.2108

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Widiadnya Putri, I. G. A. V., Safitri, N. K. D. ., & Tamba, I. M. . (2023). UPAYA PENDAMPINGAN BELAJAR DENGAN DIRECT TUTORING (DITUBI 2E) BAHASA INGGRIS EFISIEN DAN EFEKTIF MELALUI PEMANFAATAN APLIKASI BELAJAR BAHASA INGGRIS. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 4(1), 41–51. https://doi.org/10.36733/jadma.v4i1.6597

Issue

Section

Articles