PENGENALAN EKONOMI KREATIF DENGAN MEMBUAT KERAJINAN PAPER BAG DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS DAN KESEJAHTERAAN GENERASI MUDA

Desa Bayunggede Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli

Authors

  • Ni Wayan Merry Nirmala Yani Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.36733/jadma.v4i1.6314

Keywords:

ekonomi kreatif, paper bag, sampah plastik

Abstract

Ekonomi kreatif merupakan suatu kegiatan ekonomi yang berorientasi kepada pengembangan berbagai ide dan gagasan kreatif dalam mendorong pergerakan suatu kegiatan perekonomian. Pemikiran yang kreatif dapat ditumbuhkan dari hal-hal yang sederhana seperti membuat suatu prakarya. Prakarya dapat didefinisikan sebagai hasil dari suatu ketrampilan maupun kerajinan tangan dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada disekitar kita. Salah satu prakarya sederhana yang dapat dilakukan yaitu pembuatan kantong dari kertas atau yang dikenal dengan paper bag. Kantong kertas atau yang dikenal dengan nama paper bag saat ini menjadi trend di Indonesia khususnya di Bali dalam menanggapi isu global warming. Adapun tujuan dari kegiatan sosial ini yaitu meningkatkan kreativitas dan memberikan pemahaman kepada generasi muda untuk memulai menjalankan usaha bermodalkan kreativitas dan keterampilan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan juga untuk mengurasi isu sampah plastik dengan memberikan pelatihan paper bag. Kegiatan ini dilakukan di Desa Bayunggede, Kintamani, Bangli dengan peserta yaitu para sekeha teruna yang ada di Desa Bayunggede, Kintamani. Hasil praktek pembuatan kantong kertas dipresentasekan sebesar 98% peresta berhasil membuat kantong kertas (paper bag) dengan rapih dan terampil berkat kreativitas masing-masing saat melipat kertas dan merangkai tali untuk dijadikan kantong kertas (paper bag).

References

Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali. (2019, April 9). Launching Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik di Bangli. Retrieved from Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali: https://dklh.baliprov.go.id

Fitrah, C. N., Azis, A., Hasyim, H., & Mambela, F. (2020). Pemanfaatan Limbah Pertanian sebagai Alternatif Kantong Plastik di Dusun Mappasaile Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 6(1), 8-14.

Li, B., Liu, J., Yu, B., & Zheng, X. (2022). The Environmental Impact of Plastic Grocery Bags and Their Alternatives . IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science , 1-11. Newbigin, J. (2010). The Creative Economy : an Introductory guide. United Kingdom: The British Council.

Provinsi Nusa Tenggara Barat. (2019). Data Ekonomi Kreatif. Mataram: Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik.

Purnomo, R. A. (2016). Ekonomi Kreatif : Pilar Pembangunan Indonesia. Surakarta: Ziyad Visi Media.

Rahayu, A., Rosti, G.P, S., Tendrita, M., & Hidayanti, U. (2022). Edukasi Bahaya Sampah Plastik Untuk Meningkatkan Kesadaran Cinta Lingkungan Masyarakat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(2), 56-67.

Rusydi, & Noviana. (2016). Pengaruh Penerapan Ekonomi Kreatif Terhadap Kreativitas Remaja Di Kota Lhokseumawe. JURNAL VISIONER & STRATEGIS, 5(1), 51-59.

Wahyuningsih, S., & Satriani, D. (2019). Pendekatan Ekonomi Kreatif Terhadap Pertumbuhan Ekonomi. ISQTISHADUNA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 195-205.

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Ni Wayan Merry Nirmala Yani. (2023). PENGENALAN EKONOMI KREATIF DENGAN MEMBUAT KERAJINAN PAPER BAG DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS DAN KESEJAHTERAAN GENERASI MUDA : Desa Bayunggede Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 4(1), 24–31. https://doi.org/10.36733/jadma.v4i1.6314

Issue

Section

Articles