PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL DALAM PENJUALAN PRODUK ARDITA GOLD DI DESA BATUBULAN, KABUPATEN GIANYAR

Authors

  • Ni Made Dwi Puspitawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Muliani Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jadma.v3i2.5328

Keywords:

Media sosial, Pembukuan, Digital, UMKM

Abstract

Kehadiran pandemi Covid-19 membawa berbagai dampak, tidak hanya pada sektor kesehatan namun juga sektor ekonomi. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Banjar Pengembungan Desa Batubulan dengan masyarakat sasaran yaitu pelaku UMKM Ardita Gold. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan permasalahan yang dihadapi yaitu semenjak adanya pandemi Covid-19, UMKM Ardita Gold mengalami penurunan pendapatan yang cukup drastis. UMKM Ardita Gold belum banyak dikenal oleh masyarakat, pemasaran yang masih konvensional dan minimnya pemahaman tentang menjalankan usaha berbasis digital juga menjadi kesulitan bagi UMKM Ardita Gold untuk bangkit dari krisis ini. Selain itu pelaku UMKM Ardita Gold belum mampu melakukan pencatatan keuangan (pembukuan) yang baik dalam mengelola keuangan usahanya. Pembukuan secara manual yang dilakukan oleh pelaku UMKM Ardita Gold belum rapi dan sering terjadi selisih yang tidak seimbang antara uang masuk dan keluar. Program pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan yaitu pelatihan mempromosikan produk melalui media sosial yaitu Instagram dan Facebook, membantu membuatkan logo usaha, dan pelatihan mencatat pembukuan secara sederhana melalui platform digital “BukuKas”. Tujuan utama program pengabdian kepada masyarakat ini yaitu untuk meningkatkan penjualan produk UMKM Ardita Gold. Metode yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan pelatihan. Target yang ingin dicapai dari program pengabdian kepada masyarakat ini yaitu pelaku usaha dapat memahami dan mengaplikasikan media sosial dengan baik dalam mempromosikan produk, pelaku usaha memiliki logo usaha untuk menarik lebih banyak konsumen, dan pelaku usaha dapat memahami dan mengaplikasikan platform digital “BukuKas” dengan baik dalam melakukan pencatatan pembukuan.

References

Iwan, M. R. Abdurrahman, F., Isah, A. Susilawati, & Iwan, S. 2019. Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. Jurnal Abdimas BSI, Vol. 2, No. 1, pp. 137-142

Juaningsih, I. N. (2020). Analisis Kebijakan PHK Bagi Para Pekerja pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. 'ADALAH, Volume 4, No. 1.

Purwana, D., Rahmi., Aditya, S., & Zakaria, N. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, Vol. 1, No. 1.

Sugiri, S., & Riyono, B. A. 2011. Akuntansi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, Vol. 4, No. 1.

Sumarni, T. (2020). Media Sosial dan e-commerce sebagai Solusi Tantangan Pemasaran pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi kasus : UMKM Warung Salapan). ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 6

Suyati. (2020). Tata Kelola Keuangan Sekolah. Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 10, No. 1, pp. 1-12.

Downloads

Published

2022-11-02

How to Cite

Puspitawati, N. M. D. ., & Muliani, N. K. . (2022). PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL DALAM PENJUALAN PRODUK ARDITA GOLD DI DESA BATUBULAN, KABUPATEN GIANYAR. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 3(2), 68–76. https://doi.org/10.36733/jadma.v3i2.5328