PENGEMBANGAN PEMASARAN UMKM MENYEDIAKAN STABILITAS EKONOMI MASYARAKAT DESA MENGWI SELAMA PANDEMI COVID-19

Authors

  • I Gusti Ayu Vina Widiadnya Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Eva Kharismayanti Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jadma.v3i2.5326

Keywords:

Covid-19, UMKM , Pengembangan Produk, Pemasaran

Abstract

Penyebaran virus corona yang telah menyebar ke berbagai belahan dunia mempengaruhi perekonomian Indonesia dari sisi perdagangan, investasi dan pariwisata. Berdasarkan hasil observasi melalui wawancara salah satu UMKM di desa Mengwi yang menjual kerupuk kulit jambu mete merasakan dampak dari pandemi tersebut. Pemilik perusahaan menjelaskan, sejak Covid-19 pendapatan menurun drastis, sehingga banyak pelanggan yang tidak membeli produknya, lebih memilih membuat sendiri atau tidak membeli dari masyarakat sekitar karena kendala finansial. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang Kewirausahaan dalam Pemasaran Produk di Media Sosial dan Pengembangan Produk. Layanan ini dilaksanakan melalui kegiatan pendampingan, antara lain menggunakan media sosial untuk menjual produk, mengemas dan menambahkan logo perusahaan untuk kekhasan, mengembangkan produk baru dan menawarkan layanan pengiriman. Hasil yang diperoleh setelah pendampingan menunjukkan bahwa akses konsumen terhadap UKM mengalami peningkatan. Langkah ini harus menjadi model bagi pelaku usaha mikro lainnya yang terkena dampak pandemi COVID-19 dan menjadi solusi permasalahan UMKM yang ada.

References

Adhitya Yoga Prasetya, S. Z. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Desa Boja. Jurnal Budimas Vol. 03. No. 01.

Anggia, M. N., & Shihab, M. R. (2018). Strategi Media Sosial Untuk Pengembangan Umkm. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 2(2), 159-170.

Dedi, P.S., Rahmi, & Shandy. A. 2018. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76.

LPPM. (2022). Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata Peduli Bencana Covid-19. Pusat Kajian Pemerdayaan Masyarakat Dan Kuliah Kerja Nyata. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Paramita, I. B. G., & Putra, I. G. G. P. A. (2020). New Normal Bagi Pariwisata Bali Di Masa Pandemi Covid 19. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 5(2), 57-65.

Rosita, Rahmi. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis. Program Studi Administrasi Bisnis, Politeknik LP3I Jakarta.

Sugiri. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. Fokus Bisnis. Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi

Safitri, F. N. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia. Retrieved March 3, 2021, from Kumparan.Com website: https://kumparan.com/faridanursafitri19/dampak-covid-19-terhadap-usaha-mikro-kecil-menengah-umkm-di-indonesia-1urxzc2LBXH/ful

Thaha, A. F. (2020). Dampak covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(1), 147-153.

Tunjungsari ,Hetty Karunia & Selamat , Frangky (2020). Pengembangan Kemasan Produk dalam Rangka Membangun Merek Nasi Minyak Instan di Jambi. Journal of Sustainable Community Development .Vol. 2 No. 2 (November 2020).

Downloads

Published

2022-11-02

How to Cite

Widiadnya Putri, I. G. A. V. ., & Kharismayanti, N. P. E. . (2022). PENGEMBANGAN PEMASARAN UMKM MENYEDIAKAN STABILITAS EKONOMI MASYARAKAT DESA MENGWI SELAMA PANDEMI COVID-19. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 3(2), 50–57. https://doi.org/10.36733/jadma.v3i2.5326