UPAYA PENDAMPINGAN BELAJAR DAN PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA SD PADA MASA COVID-19 DI PERUMAHAN PERMATA SELINGSING II

Authors

  • I Putu Agus Putra Wirawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Wiryastuti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Daniel Manek Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jadma.v3i2.5319

Keywords:

Covid-19, Kreativitas, Online, Pendampingan, Penyuluhan

Abstract

Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang cukup besar di segala bidang, seperti bidang ekonomi, sosial, politik, budaya, pariwisata, dan pendidikan. Salah satu dampak di bidang pendidikan adalah kegiatan belajar-mengajar yang dilakukan secara online atau daring. Sistem belajar online ini memberikan dampak yang kurang baik bagi para pelaku pendidikan. Permasalahan pendidikan yang sedang terjadi di Perumahan Permata Selingsing II, Desa Cepaka, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali, antara lain; kurangnya pendampingan kepada siswa SD saat belajar online, kurangnya kreativitas siswa, dan kurangnya pemahaman siswa terhadap upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19. Program pengabdian masyarakat yang akan dilaksankan antara lain; pendampingan belajar Bahasa Inggris kepada siswa SD, penyuluhan tentang upaya-upaya pencegahan Covid-19, dan kegiatan praktik membuat kerajinan tangan dan melukis masker. Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa SD tentang materi Bahasa Inggris di sekolah, memahami cara pencegahan penyebaran virus Covid-19, dan meningkatkan kreativitas siswa SD. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program ini adalah metode penyuluhan dan praktik. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini mampu membantu siswa SD untuk memahami materi Bahasa Inggris dengan lebih baik dengan hasil berupa persentase peningkatan nilai sebesar 25,6%, siswa memahami informasi penting mengenai Covid-19, dan telah berhasil meningkatkan kreativitas siswa SD.

References

Gugus Tugas Covid-19. 2020. Tentang Novel Coronavirus (NCov). Jakarta: Gugus Covid-19

Hariani Putri Pipi, W. Y. N. S. (2020). Pemanfaatan E-learning pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Kajian Konseling dan Pendidikan,3(2), 41-49.

Isdijoso, Widjajanti dkk. (2020). Pengaruh Ekonomi Pandemi Covid-19 di Indonesia. DKI Jakarta:KSI-DFAT

Junaedi, Dedi & Faisal Salistia. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 terhadap Pertumbuhan Ekonomi Negara Terdampak. Ejournal.bppk.kemenkeu.go.id.

Karwati, Euis. (2014). Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) terhadap Mutu Belajar Siswa SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 119-126.

LPPM Unmas.(2022).Panduan Program Pengabdian Masyarakat. Denpasar: Universitas Mahasaraswati.

Putra, I. M. Y. S., Nurita, W., & Wirawan, I. P. A. P. (2021). Peningkatan Kesadaran Pedagang Akan Pentingnya Pencegahan Covid-19 Di Desa Sidakarya. In Prosiding Seminar Regional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021 (pp. 534-541).

Rice, William. (2006). Moodle. E-Learning Course Development: AComplete Guide to Succesful Learning using Moodle, Birmingham. UK: Packt Publishing.

Triono, Lovi. (2007). Urgensi Penggunaan dan Pengembangan Teknologi Informasi dalam Pendidikan(e-learning). (online)http:83ngko313n.files.wordpress.com.2007-11e learning.pdf. Diakses: 25 Februari 2022

Yunitasari Ria, H. U. (2020). Pengaruh pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 236-240.

Downloads

Published

2022-11-02

How to Cite

Putra Wirawan, I. P. A., Wiryastuti, N. P. ., & Manek, D. (2022). UPAYA PENDAMPINGAN BELAJAR DAN PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA SD PADA MASA COVID-19 DI PERUMAHAN PERMATA SELINGSING II. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 3(2), 1–9. https://doi.org/10.36733/jadma.v3i2.5319