UPAYA PENINGKATAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT SERTA PENCEGAHAN COVID-19 DI LINGKUNGAN BANJAR DEN-YEH, DESA PEGUYANGAN KAJA

Authors

  • Ni Putu Widani Astuti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Sastra Wibawa Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Ayu Cintya Widiaswari Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jadma.v3i1.4683

Keywords:

COVID-19, Gigi dan Mulut, Dobel Masker, Vitamin

Abstract

Coronavirus Disease-19 (COVID-19) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-COV-2 atau Virus Corona. Penyebaran COVID-19 dapat dikurangi dengan melakukan pencegahan, seperti menggunakan APD berupa masker bila sakit atau bila bepergian keluar rumah, meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat dan vitamin C, melakukan olahraga secara rutin, istirahat yang cukup dan menjaga jarak minimal satu meter dari orang lain, serta mencuci tangan secara baik dan benar. Selain wajib mencuci tangan secara teratur kita juga harus disiplin menjaga kesehatan gigi dan mulut. Permasalahan yang muncul di Banjar Den-Yeh selama pandemi COVID-19, yaitu minimnya edukasi ke masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut di masa pandemi COVID-19, kurangnya pemahaman masyarakat mengenai penggunaan dobel masker serta belum ada pemberian vitamin C kepada masyarakat. Program pengabdian masyarakat yang akan dilaksanakan, yaitu memberikan edukasi secara online menggunakan zoom meeting terkait pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut di masa pandemi COVID-19 dengan tujuan untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut paada masyarakat selama masa pandemi COVID-19, memberikan edukasi dan demonstrasi penggunaan dobel masker disertai pembagian masker bertujuan untuk mendapatkan perlindungan ekstra dalam mencegah COVID-19, dan pembagian vitamin C yang disertai dengan edukasi mengenai pentingnya mengonsumsi vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh masyarakat. Metode yang digunakan, yaitu edukasi dan praktik. Hasil kegiatan ini yaitu masyarakat lebih paham cara menjaga kesehatan gigi dan mulutnya, masyarakat mendapatkan proteksi ekstra dengan menggunakan dobel masker dan masyarakat menjadi lebih sadar pentingnya menjaga daya tahan tubuhnya  selama pandemi COVID-19.

References

Centre for Disease Control and Prevention (CDC), Improve How Your Mask Protects You, 2021, Diakses 2 September 2021 dari https://www.cdc.gov/coronavirus/ 2019-ncov/your-health/effective- masks.html.

Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020), Corona Virus Disease 2019, Jurnal Respirologi

Indonesia, 40(2), 119-129.

Kementrian Kesehatan RI, 2020, Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19), Jakarta Selatan: Kementrian Kesehatan RI.

Koesoemawati, R., 2020, Peran Ibu dan Remaja Dalam Pemeliharaan Kesehatan Gigi di Masa Pandemi COVID-19, Prosiding Webinar Nasional Universitas Mahasaraswati 2020, 175-181.

Susilo, A., Rumende, C.M., Pitoyo, C.W., Santoso, W.D., et al., 2020, Coronavirus Diseases 2019: Tinjauan Literatur Terkini, J Penyakit Dalam Indonesia 7(1).

Techinamuti, N. & Pratiwi, R., 2018, Metode Analisis Kadar Vitamin C, Farmaka, 16(2).

World Health Organization, 2020, Coronavirus, Diakses 2 September 2021 dari https://www.who.int/indonesia/ne ws/novel-coronavirus/qa-for- public.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Astuti, N. P. W., Wibawa, I. M. S., & Cintya Widiaswari, A. A. A. . (2022). UPAYA PENINGKATAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT SERTA PENCEGAHAN COVID-19 DI LINGKUNGAN BANJAR DEN-YEH, DESA PEGUYANGAN KAJA. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 3(1), 73–80. https://doi.org/10.36733/jadma.v3i1.4683

Issue

Section

Articles