PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL DAN INOVASI PENGEMASAN PADA UMKM BAJU PANTAI DI DESA ADAT KUTA

Authors

  • Gde Bayu Surya Parwita Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Komang Budiarta Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Ayu Mariani Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jadma.v3i1.4632

Keywords:

Pelatihan, Pemanfaatan Digital, Pengemasan Produk, UMKM

Abstract

Terjadinya Covid-19 menyebabkan berbagai Sektor Mikro Kecil Menengah (UMKM) menimbulkan berbagai masalah. Salah satunya pada perekonomian masyarakat saat ini. Permasalahan yang terjadi di Desa Adat Kuta di masa pandemi Covid-19 ini, yaitu kurangnya informasi mengenai pemanfaatan digital marketing untuk meningkatkan kegiatan pemasaran produk di masa pandemi ini dan kurangnya inovasi dalam pembuatan pengemasan suatu produk yang menjadi lebih berguna dan menarik konsumen. Program pengabdian masyarakat yang akan dilaksanakan, yaitu memberikan pengarahan tata cara tentang pemanfaatan digital marketing melalui aplikasi Shopee sebagai media pemasaran produk tersebut, sehingga dapat meningkatkan kegiatan pemasaran produk para pelaku UMKM dan memberikan ide dalam pembuatan kemasan yang lebih berguna dan dapat menarik konsumen. Adapun tujuan pengabdian masyarakat ini, yaitu dapat memahami pemanfaatan digital marketing dan mengembangkan inovasi pengemasan produk agar dapat meningkatkan kegiatan pemasaran dan meningkatkan perekonomian di masa pandemi Covid-19 ini. Metode yang digunakan adalah metode kontekstual yaitu memberikan pemahaman mengenai program kerja yang dilaksanakan dan praktik. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Adat Kuta ini agar dapat memahami tentang pemanfaatan digital dan cara mengembangkan inovasi pengemasan produk secara mandiri.

References

Coviello, N., Milley, R., & Marcolin, B. (2001). Understanding IT-enabled interactivity in contemporary marketing. Journal of interactive marketing, 15(4), 18-33.

Gu, J., Han, B., & Wang, J. (2020). COVID-19: gastrointestinal manifestations and potential fecal–oral transmission. Gastroenterology, 158(6), 1518-1519.

Ivana, Anggita Fathidhia., dkk. 2020.Laporan luaran KKN. Universitas Negeri Semarang. (Diakses pada 27 juli 2021)

Kotler Philip dan Amstrong Gary 2012, Prinsip Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 Jakarta :Erlangga.

LPPM Unmas. (2021). Buku Pedoman Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar. Denpasar: Universitas Mahasaraswati Denpasar

Nabilah, Sarfina. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm. Jurnal. Universitas Mataram. Vol. 1, No. 12. (Diakses pada 30 juli)

Republika. (2020). Pengaruh Covid19 pada Penurunan Omzet Usaha Mikro

Sedjati, R. S. (2018). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.

Syamsyudin, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. Diakses Tanggal, 15.

Titik, W. (2012). Marketing Plan dalam bisnis. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Surya Parwita, G. B. ., Budiarta, I. K., & Mariani, N. M. A. (2022). PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL DAN INOVASI PENGEMASAN PADA UMKM BAJU PANTAI DI DESA ADAT KUTA. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 3(1), 39–45. https://doi.org/10.36733/jadma.v3i1.4632

Issue

Section

Articles