PENDAMPINGAN PELAPORAN AKUNTANSI BERBASIS DIGITAL DAN PEMANFAATAN E-COMMERCE BAGI UMKM

Authors

  • Desak Rurik Pradnya Paramitha Nida Akuntansi Perpajakan Universitas Warmadewa Denpasar
  • I Wayan Chandra Adyatma Akuntansi Perpajakan Universitas Warmadewa Denpasar
  • Anak Sagung Sagung Laksmi Dewi Fakultas Hukum Universitas Warmadewa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jadma.v3i1.4631

Keywords:

Akuntansi, Credibook, UMKM, sosial media, e-commerce

Abstract

UMKM memegang peranan penting sebagai penggerak perekonomian negara. Meskipun berskala kecil, namun perbandingan jumlah UMKM dibandingkan industri besar di Indonesia jauh lebih banyak. Tiap tahun, jumlah UMKM mengalami peningkatan, namun belum berbanding lurus dengan peningkatan pendapatan dan kualitas UMKM serta dampaknya dalam kehidupan ekonomi masyarakat. Persaingan di era digital justru membuat UMKM tidak menyadari bahwa usahanya cenderung stagnan. Ada dua hal penting yang menjadi pondasi guna mendungkung keberlangsungan usaha UMKM yaitu akuntansi dan pemasaran. Akuntansi dan bisnis tidak dapat dipisahkan. Bila perusahaan didukung oleh sistem akuntansi yang tepat maka akan memudahkan pemilik dalam mengevaluasi hasil kegiatan perusahaan. Akuntansi tidak hanya sekedar mencatat namun juga alat untuk memberikan gambaran juga alat untuk membuat perencanaan, pengendalian dan melakukan evaluasi. Maka, sangat penting bagi UMKM untuk menyusun laporan keuangan dengan sistem pencatatan akuntansi yang baik. Banyaknya usaha baru, menjadi masalah krusial bagi UMKM tradisional. Karena sebagian besar usaha baru tersebut mampu memanfaatkan media social dan e- commerce. Sedangkan UMKM tradisional tidak, padahal UMKM tradisional memiliki potensi dan keunikan. Trend masyarakat tentang produk yang klasik semakin tinggi peminatnnya, namun produknya masih sulit untuk dijangkau konsumen karena minimnya akses transaksi. Sehingga perlu diadakannya sosialisasi dan pelatihan penggunaan sosial media dan e- commerce  serta akuntansi berbasis digital. PkM dilaksanakan secara Hybrid dengan metode ceramah dan petatihan mengenai e-commerce, pentingnya akuntansi dan membuat catatan keuangan (arus kas, neraca, catatan utang dan piutang) melibatkan 219 partisipan yang sangat antusias mengikuti seminar dan pelatihan. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan PkM, kemampuan pemanfaatan media teknologi untuk pemasaran dan akuntansi lebih meningkat.

References

Adyatma, I Wayan Candra dan Desak Rurik Pradnya Paramitha Nida.2021. Analisis Pengaruh Pengalaman Terhadap Kompetensi Serta Pengaruhnya Terhadap Produktivitas UKM di Kota Denpasar, Provinsi Bali. WICAKSANA, Jurnal Lingkungan & Pembangunan Universitas Warmadewa.

Albertus Indratno. 2013. Prinsip – Prinsip Dasar Akuntansi. Jakarta: Dunia Cerdas.

Al Haryono Jusuf. 2011. Dasar- dasar Akuntansi,Cetakan Ketujuh, jilid 1, Sekolah Tinggi Ekonomi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara, Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik Indonesia .2018. Konsep UMKM. Diunduh pada tanggal 17 Desember 2021 https://www.bps.go.id

Biro Komunikasi dan Teknologi Informasi – Kementerian KUKM. 2021. Lamikro.

Badan Pusat Statistik Indonesia. 2018. Konsep UMKM. Diunduh pada tanggal 17 Desember 2021 https://www.bps.go.id

E. Kieso, Donald, Jerry J, Weygandt and Teery D. Warfield. (2011). Intermediate Accounting, Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Effendy, Mochtar. 2010. Kewirausahaan (Entrepreneurship) Tuntunan Untuk Praktisi. Yayasan Penerbit Al-Mukhtar : Palembang.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2022. Standar Akuntansi keuangan. PSAK No. 1: Penyajian Laoran Keuangan. Jakarta: Salemba Empat

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2022. Standar Akuntansi keuangan. PSAK No. 2: Laporan Arus Kas. Jakarta: Salemba Empat

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2022. Standar Akuntansi keuangan. PSAK No. 23: Pendapatan. Jakarta: Salemba Empat

Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. 2018. Lamikro, Aplikasi Laporan Keuangan Sederhana Untuk Usaha Mikro diunduh tanggal 17 Desember 2021 https://kominfo.go.id/content/detail/13065/lamikro-aplikasi-laporan-keuangan-sederhana-untuk-usaha-mikro/0/artikel_gpr.

Kementrian Keuangan Republik Indonesia. 2021. Pemerintah Terus Perkuat UMKM Melalui Berbagai Bentuk Bantuan. Diunduh pada tanggal 17 Desember 2021. https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/pemerintah-terus-perkuat-umkm-melalui-berbagai-bentuk-bantuan/

Nida, Desak Rurik Pradnya P., Wirawan, I Made Dwi S., Harmana, I Made Dwi. (2020). The Influencing Factors toward Universitas Warmadewa Student Interests in Using Mobile Commerce. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Jagaditha, 7(2), 104-113. Doi: https://doi.org/10.22225/jj.7.2.2372.32-41

Nida, Desak Rurik Pradnya Paramitha Nida, I Gusti Agung Prama Yoga, dan I Wayan Chandra Adyatma. 2021. Analysis of the Impact of Tax Imposition on Electronic Transactions. International Journal of Multidisciplinary Research and Publications. ISSN (Online): 2581-6187

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-05/MBU/2007

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Paramitha Nida, D. R. P., Adyatma, I. W. C., & Laksmi Dewi, A. S. S. (2022). PENDAMPINGAN PELAPORAN AKUNTANSI BERBASIS DIGITAL DAN PEMANFAATAN E-COMMERCE BAGI UMKM. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 3(1), 29–38. https://doi.org/10.36733/jadma.v3i1.4631

Issue

Section

Articles