PENDAMPINGAN TATA KELOLA DAN PENCATATAN AKUNTANSI SEDERHANA PADA KELOMPOK USAHA TRIDATU DUPA DI BANGLI
DOI:
https://doi.org/10.36733/jadma.v6i2.12402Keywords:
Produksi, Dupa, Pembukuan, Pemasaran, Tata KelolaAbstract
Dupa merupakan salah satu sarana penting dalam kegiatan ibadah umat Hindu yang digunakan setiap pagi, siang, dan sore hari. Oleh karena itu, tingkat permintaan terhadap dupa, khususnya di kalangan masyarakat Bali, tergolong sangat tinggi. Seorang wirausahawan perlu memiliki gagasan-gagasan baru yang lahir dari kreativitas, karena melalui kreativitas inilah seorang pelaku usaha dapat berinovasi dan mengembangkan usahanya, salah satunya adalah pengusaha dupa dimana sangat memiliki potensi dalam pengembangan pengelolaan usahanya, pengelolaan mulai modal yang baik akan memberikan dampak positif bagi pengembangan sebuah usaha sekaligus dapat meningkatkan kapasitas usaha tersebut sehingga tercapainya ukuran dalam peningkatan omzet penjualan. Beberapa kegiatan terkait dengan pengelolaan Kelompok Usaha Tridatu Dupa yaitu 1) Produksi dupa yang dilakukan belum maksimal, sehingga perlunya penyuluhan terkait cara memproduksi dupa hingga proses pengemasan. 2) Pelaku usaha belum memiliki sistem pembukuan atau pencatatan harian yang memadai terkait dengan aktivitas produksi, pendapatan, biaya, serta laba rugi, sehingga belum dapat mengetahui secara pasti kondisi dan posisi keuangan usahanya. 3) Belum memahami tata kelola usaha yang baik, khususnya dalam aspek pengembangan bisnis, penetapan harga, dan perhitungan biaya produksi. 4) Belum memiliki model atau strategi pemasaran yang efektif untuk mempromosikan produk yang dihasilkan. Kontribusi mendasar dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi sesuai SDG’s 08. Pendampingan tata kelola dan pencatatan akuntansi yang telah dilakukan mampu meningkatkan pendapatan kelompok usaha.
References
Achmad, Z. A., Azhari, T. Z., Esfandiar, W. N., Nuryaningrum, N., Syifana, A. F. D., & Cahyaningrum, I. 2020. Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pemasaran Produk Umkm Di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.17-31.
Asmarani, R., Purnomo, D. J., Lewa, A.H., dan Dhani, F. 2025. Pendampingan Promosi Digital Dan Labeling Umkm Di Desa Wisata: “Kampung Jajan Pasar” Bangetayu Kulon Semarang. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat Vol 6 Nomor 1. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jadma/article/view/11411/9070
Harinie, L. T., Hukom, A., & Juma’eh. (2020). Pendampingan dalam Memasarkan Produk Hasil Usaha UKM melalui Penggunaan Media Sosial di Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 04(1), 51–59. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/engagement.v4i1.179.
Indriyani, NMV, Putra, IWGYD dan Sumartini, AR. 2023. Pendampingan Kelom p[ok Usaha Tani Bawang Merah melalui Pembukuan Akuntansi dan Strategi Pemasaran Online. ABDIMAS Lectura FADIKSI. Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru, Volume 1 Nomor 3. Oktober 2023
Putra, IMEL, Astawa PP dan Apsaridewi, KI. 2024. Literasi Pengelolaan Modal Usaha dalam Peningkatan Omzet Penjualan dan Pengembangan Kapasitas Usaha pada Pengusaha Dupa di Desa Batubulan Kecamatan Sukawati. BESIRU: Jurnal Pengabdian Masyarakat November 2024.
Sarwoko, E., Ahsan, M. dan Nurfarida, IN. 2020. Pengembangan Potensi Usaha Dupa menjadi Produk Unggulan. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 3 (2), 134-147.
Suhartati, Titi., Herbirowo Nugroho, Lia Ekowati, Utami Puji Lestari. 2020. Peningkatan Keterampilan Usaha dan Pembukuan Untuk Usaha Mikro Jamu Tradisional di Wilayah Bogor. Jurnal Mitra Akademia Politeknik Negeri Jakarta
Wahyuningsih, Sri. 2021. Pendampingan Pembuatan Produk Jamu Herbal Masyarakat Desa Keleyan Kabupaten Bangkalan. Volume 7 No 1 April 2021 http://journal.trunojoyo.ac.id/pangabdhi ISSN: 2477-6289 . DOI: https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v7i1.8650







