PKM PEMBERDAYAAN KELOMPOK PETERNAK AYAM PETELUR MERTHA SARI BUMI, DESA KAYUBIHI, KABUPATEN BANGLI

Authors

  • I Gst. B. Ngr. P. Putra Universitas Warmadewa
  • Ida Ayu Dinda Priyanka Maharani
  • I Ketut Puja Wirya Sanjaya

DOI:

https://doi.org/10.36733/jadma.v6i2.12401

Keywords:

Pencatatan Keuangan Terdigitalisasi, e-marketing, Sarana-Prasarana Penunjang

Abstract

Ketersediaan sumber daya alam yang melimpah menjadikan Desa Kayubihi menjadi wilayah yang potensial untuk pengembangan usaha agribisnis, salah satunya adalah peternakan unggas, terutama ayam petelur. Adapun kelompok peternak ayam petelur di Desa Kayubihi, Kabupaten Bangli yang masih aktif menjalankan aktivitasnya hingga saat ini adalah kelompok peternak ayam petelur “Mertha Sari Bumi”. Sejumlah permasalahan substantif dihadapi oleh mitra diantaranya: 1) Terdapat kelemahan pada tata kelola pembukuan, dan praktik pencatatan konvensional yang menimbulkan inefisiensi waktu dan potensi kesalahan; 2) Mekanisme distribusi dan kegiatan pemasaran produk masih didominasi oleh pendekatan tradisional, sehingga cakupan pasar dan penetrasi pelanggan relatif terbatas; dan 3) Sarana dan prasarana penunjang operasional telah melampaui umur ekonomi sehingga fungsionalitasnya menurun. Untuk mengatasi masalah tersebut diusulkan serangkaian solusi terpadu yakni 1) Penyelenggaraan pelatihan pencatatan transaksi keuangan disertai implementasi sistem pembukuan terkomputerisasi; 2) Pengembangan platform pemasaran digital termasuk pembuatan situs web dan pelatihan pemasaran online melalui aplikasi pihak ketiga; dan 3) Pengadaan sarana serta prasarana operasional untuk mendukung produktivitas dan keberlanjutan usaha. Adapun metode pelaksanaan program kerja dari kegiatan pengabdian ini dimulai dari survey lokasi, identifikasi permasalahan dan kebutuhan dari mitra pengabdian, perancangan program kerja, pelaksanaan program kerja, dan evaluasi kegiatan. Hasil dari kegiatan ini yaitu peningkatan kemampuan mitra dalam pencatatan keuangan yang akurat, efisiensi penyusunan laporan, pemahaman yang lebih baik mengenai pemasaran digital sehingga jangkauan pasar menjadi lebih luas, serta tersedianya fasilitas dan peralatan mitra yang lebih mutakhir sehingga dapat mendukung optimalisasi pelaksanaan aktivitas operasional mereka.

References

Aisyiyah, Putri Rachma Dewi. 2020. Efektivitas Terpaan Iklan Ads Instagram Tiket.Com Pada Pengguna Instagram Menggunakan Metode Pendekatan Epic Model. Commercium. Volume 02 Nomor 02.

Asmarini, R., Purnomo, D. J., Lewa, A. H., Febri, D. T. 2025. Pendampingan Promosi Digital dan Labeling UMKM di Desa Wisata: “Kampung Jajan Pasar” Bangetayu Kulon Semarang. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat. 6 (1). 24-31. DOI: 10.36733/jadma.v6i1.11411

Basu Swasta dan Irwan. 2009. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Gita, Aprinta, G. B. 2016. Pemanfaatan Facebook Ads Untuk meningkatkan Brand Awareness pada Produk Lokal. The Messenger Volume. VIII Nomor 1.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2013. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Terjemahan oleh Benyamin Molan. Edisi Keduabelas. Jilid 1. Jakarta: Indeks.

Kuncoro, Mudrajad. 2005. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta: Erlangga.

M. Faqih, H, M. L., Ulum, M., H, M. T., Rozak, A., M, N. A., B, F. L., Suryaningsih, S., K, S. L., & Wulandari, F. E. (2019). Meningkatkan Pemasaran Produk Para Pelaku UMKM di Pedukuhan Ngaseman melalui Program Kerja Pengenalan dan Penyuluhan Digital Marketing Sistem. Prosiding Konferensi Pengabdian Masyarakat, 1, 425–427.

Nocianitri, K. 2013. Pelatihan Pengolahan Tepung Ampas Kelapa Menjadi Biskuit.

Purwana, D., Rahmi, & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPPM) 1 (1).

Putra, I G. B. N. P., Maharani, I A. D. P., Jayawarsa, A. A. K., Pemanfaatan Teknologi dalam Rangka Pemberdayaan Usaha Produk Pangan Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Penglipuran. 2023. Sukabumi: Haura Utama.

Soemarna, 2010. Bahan Kajian MK. Ekonomi Sumber Daya Alam. PDIP PPS FPUB.

Trianto, Bagas.Cholvian. (2019). Analisis Pemasaran Online Kerajinan Tempurung Kelapa (Studi Kasus Kerajinan Tempurung Kelapa “ONI MADE” Desa Ngemplak, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus). Skripsi. Universitas Islam Negri Walisongo Semarang.

Widarta, I. W. R., Suter, I. K., Yusa, N. M., Wiadnyani, A. A. I.., Puspawati, N., & Nocianitri, K. 2013. Pelatihan Pengolahan Tepung Ampas Kelapa Menjadi Biskuit. Udayana Mengabdi, 12(2), 63–65.

Downloads

Published

2025-10-30

How to Cite

I Gst. B. Ngr. P. Putra, Priyanka Maharani, I. A. D., & I Ketut Puja Wirya Sanjaya. (2025). PKM PEMBERDAYAAN KELOMPOK PETERNAK AYAM PETELUR MERTHA SARI BUMI, DESA KAYUBIHI, KABUPATEN BANGLI. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 6(2), 153–164. https://doi.org/10.36733/jadma.v6i2.12401