EDUKASI PEMILAHAN DAN DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK SE-SD NEGERI DI DESA CELUK
DOI:
https://doi.org/10.36733/jadma.v6i1.11806Keywords:
dasar, daur, edukasi, pemilahan, sampahAbstract
Permasalahan sampah merupakan isu lingkungan yang masih menjadi tantangan di berbagai wilayah, termasuk di Desa Celuk, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Minimnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pemilahan dan pengolahan sampah, terutama pada usia dini, mendorong dilaksanakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui edukasi di tingkat sekolah dasar. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan konsep pemilahan sampah organik, anorganik, dan residu serta pengolahan sampah plastik menjadi kerajinan yang bernilai guna kepada siswa kelas IV SD Negeri se-Desa Celuk. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi observasi lapangan, penyuluhan langsung, dan praktik kreatif daur ulang sampah plastik. Seluruh tahapan kegiatan dilaksanakan dengan pendekatan partisipatif, melibatkan pihak sekolah dan siswa secara aktif. Hasil kegiatan menunjukkan tingkat keberhasilan 100% dalam pencapaian target, dengan tingginya partisipasi siswa dan pemahaman yang meningkat mengenai pemilahan serta pengolahan sampah. Antusiasme siswa tercermin dari keaktifan dalam sesi penyuluhan dan hasil karya kerajinan yang dihasilkan. Faktor pendukung keberhasilan kegiatan ini antara lain dukungan penuh dari pihak sekolah, pemerintah desa, serta kesiapan siswa sebagai subjek utama kegiatan. Kegiatan ini memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kesadaran lingkungan sejak dini serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan melalui kreativitas daur ulang. Disarankan agar program serupa dilakukan secara berkelanjutan dan direplikasi di wilayah lain sebagai upaya sistematis dalam membentuk generasi yang peduli terhadap lingkungan.
References
Astuti, Y., & Kurniawan, H. (2025). Daur Ulang Sampah Rumah Tangga sebagai Media Pembelajaran Kreatif. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 7(1), 75–83. https://doi.org/10.9087/jipd.v7i1.2234
Desa Celuk. (2022). Profil Desa Celuk. Pemerintah Desa Celuk.
DLHK Buleleng. (2019). Panduan 3R dan Pemilahan Sampah Rumah Tangga. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng.
Erynayati, A., Sutrisna, I. M., & Hartawan, G. A. (2023). Penguatan peran bank sampah dalam pengelolaan sampah desa berbasis masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 56–64. https://doi.org/10.1234/jpkm.v5i1.4567
Fajriana, N., Haryani, R., & Maulidiyah, N. (2022). Pengembangan Pendidikan Lingkungan Berbasis Sekolah Dasar melalui Pendekatan Interaktif. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 55–62. https://doi.org/10.1234/jpkm.v4i1.5678
Hakam, M., Azizah, N., & Kurniawan, R. (2022). Edukasi pengelolaan sampah sebagai upaya mitigasi pencemaran lingkungan. Jurnal Lingkungan dan Pendidikan, 7(2), 103–110. https://doi.org/10.32145/jlp.v7i2.2234
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2023). Laporan Nasional 3R dan Bank Sampah. KLHK RI.
Lestari, I., & Suryana, T. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Aktif dalam Edukasi Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkelanjutan, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.9876/jpmb.v2i1.1010
Permana, I. W., Astuti, D. A., & Kresna, M. (2023). Pengembangan keterampilan kewirausahaan siswa SD melalui kerajinan dari sampah plastik. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 11(3), 85–92. https://doi.org/10.5432/jpdi.v11i3.5678
Rahayu, F., Nugroho, A., & Pratiwi, R. (2023). Evaluasi Program Edukasi Sampah untuk Siswa SD di Kawasan Peri-Urban. Jurnal Ilmu Pendidikan, 30(3), 231–240. https://doi.org/10.1234/jip.v30i3.4321
Safitri, N. D., & Handayani, S. (2022). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Cinta Lingkungan melalui Kerajinan Limbah Plastik. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 87–95. https://doi.org/10.3456/jpk.v12i2.567
Sari, N. P., Putra, G. A., & Wulandari, D. (2023). Edukasi Pemilahan Sampah di Sekolah Dasar sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Lingkungan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 21(2), 102–111. https://doi.org/10.5678/jil.v21i2.889
Sari, R. D., & Ramadani, N. (2024). Inovasi kerajinan limbah plastik sebagai media pembelajaran kewirausahaan untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Inovatif, 9(1), 43–51. https://doi.org/10.9876/jpi.v9i1.9987
Utami, S. D., & Herlambang, T. (2022). Analisis partisipasi masyarakat dalam program pengelolaan sampah berbasis desa. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan, 4(2), 121–130. https://doi.org/10.5678/jpmb.v4i2.2345
UU No. 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. (2008). Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 69.
Wibowo, T. R., & Herlina, E. (2024). Pendekatan Edukasi Berbasis 3R dalam Pengelolaan Sampah Sekolah. Jurnal Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan, 5(1), 15–22. https://doi.org/10.8765/jlpb.v5i1.321
Yani, N. W, M. N. (2023). Pengenalan Ekonomi Kreatif Dengan Membuat Kerajinan Paper Bag Dalam Meningkatkan Kreatifitas dan Kesejahteraan Generasi Muda: Desa Bayunggede Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 4(1), 24–31. https://doi.org/10.36733/jadma.v4i1.6314
Yuliana, D., & Nasution, M. (2022). Peningkatan Keterampilan Kreatif Siswa Melalui Daur Ulang Sampah Plastik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(1), 33–42. https://doi.org/10.5432/jpd.v14i1.1123