PELATIHAN DOKUMENTASI DAN PUBLIKASI KEGIATAN BERDASARKAN KAIDAH JURNALISTIK SECARA DIGITAL

PELATIHAN DOKUMENTASI DAN PUBLIKASI KEGIATAN BERDASARKAN KAIDAH JURNALISTIK SECARA DIGITAL

Authors

  • achmad syarifudin Universitas Trunojoyo Madura
  • Tri Pujiati Universitas Trunojoyo Madura
  • Kuntum Chairum Ummah Universitas Trunojoyo Madura
  • Edy Purwanto Universitas Trunojoyo Madura
  • Indra Jaya Kusuma Wardhana Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.36733/jadma.v6i1.11381

Keywords:

Dokumentasi, Publikasi, Digital, Jurnalistik

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berfokus pada pelatihan dokumentasi dan publikasi kegiatan berdasarkan kaidah jurnalistik secara digital. Tujuan dari diadakannya pengabdian ini yaitu untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Trunojoyo Madura dalam memanfaatkan teknologi digital guna meningkatkan kualitas dokumentasi dan publikasi kegiatan mereka. Metode pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian ini dalam bentuk workshop dan pelatihan mengenai pengetahuan dasar dalam dokumentasi, prinsip-prinsip jurnalistik digital, penggunaan perangkat lunak, dan juga strategi publikasi online yang sesuai dengan kaidah jurnalistik digital. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan adanya suatu peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dalam menyusun berita, mengambil gambar, serta mengelola platform media sosial guna memperluas jangkauan publikasi. Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat lebih efektif dalam mendokumentasikan kegiatan secara digital.

References

Adzhani, A.N. & Teguh, W. (2023). The Influence of Social Media Marketing on Consumer Brand Engagement (Adidas Study on Tiktok Application in Bandung City), Quantitative Economics and Management Studies, 4(6), pp. 1169-1182, http://dx.doi.org/10.35877/454RI.qems2095

Ashari, M. (2019). Jurnalisme Digital: Dari Pengumpulan Informasi Sampai Penyebaran Pesan. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 4(1), 1-16, http://dx.doi.org/10.33376/ik.v4i1.286

Fianto, A.Y.A.. (2020). Satifaction As Intervening For The Antecedents Of Intention To Revisit: Marine Tourism Context In East Java. Relasi, 16(1), 179–207, (2020) (a).

Herrero, J.V.; Rebollal, Sabela, D. & García, X.L. (2019). Ephemeral Journalism: News Distribution Through Instagram Stories. Sagepub Journal, 5(4),1-14, http://dx.doi.org/10.1177/2056305119888657

Ikawira, E.Y. & Fianto, A.Y.A.. (2014) Penciptaan Buku Ilustrasi Legenda Reog Sebagai Upaya Mengenalkan Budaya Lokal kepada Anak-Anak. Art Nouveau, 3(1), 56-64.

Jafar, A., Fianto, A.Y.A. & Yosep, S.P. (2014). Penciptaan Buku Ilustrasi Permainan Tradisional Sebagai Upaya Pelestarian Warisan Budaya Lokal. Art Nouveau, 3(1), 1-9.

Kim, A & Eunju, K. (2012). Do Social Media Marketing Activities Enhance Customer Equity? An Empirical Study of Luxury Fashion Brand. Journal of Business Research. 65(10), 1480–1486. http://dx.doi.org/10.1016/j.jbusres.2011.10.014.

Lauwrentius, S. (2015). Penciptaan City Branding melalui Maskot sebagai Upaya untuk Mempromosikan Kabupaten Lumajang. Unpublished Undergraduate Thesis, Visual Communication.

Leksono, M. (2020). Fotografer dokumentasi acara di PT. Jawa Pos Surabaya. DIV produksi film dan televisi, fakultas teknologi dan informatika, Universitas Dinamika.

Leksono, N. (2019).Pendidikan Jurnalistik dan Kesiagaan Mengguncang Diri Sendiri. Jurnal DewanPers, Edisi 20 November: 38.

Lestari, D. (2020). Jurnalisme digital dan etika jurnalisme media sosial: studi pada akun instagram @tempodotco dan @tribunjogja. Jurnal IPTEK-KOM (jurnal ilmu pengetahuan dan teknologi komunikasi), 22(2), 159-174.

Nasrullah, R. (2016). MediaSosial, Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosio teknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nurlatifah, M & Irwansyah. (2019). Fact-Checking Journalism sebagai Platform Kolaborasi Human and Machine pada Jurnalisme Digital. Jurnal Komunikasi, 13(2), 121-134, https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol13.iss2.art1

Nurlatifah, M. (2020). Persimpangan Kebebasan Berekspresidan Tanggung Jawab Sosial pada Regulasi Jurnalisme Digital di Indonesia. Jurnal IPTEK-KoM (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan TeknologiKomunikasi), 22(1), 78-79, https://doi.org/10.33164/iptekkom.22.1.2020.77-93

Pinasti, R.D., Fianto, A.Y.A., & Hidayat, W. (2015). Penciptaan Buku Komik Sebagai Upaya Pengenalan Permainan Tradisional Kepada Remaja. Art Nouveau, 4(1).

Santoso, R. & Fianto, A.Y.A.. (2020). Pengaruh Marketing Mix Produk Jasa terhadap Keputusan Berkunjung Wisata Bahari Jawa Timur. Kinerja, 17(1), 69–79.

Santoso, R., Shinta, R. & Fianto, A. Y. A. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Wisata Bahari Jawa Timur. Jurnal Manejemen Dan Bisnis, 4(2), 1–14.

Sunarsih, N. M., Sari, N. P. M. G., Noviartini, L. K. N., & Nugraha, I. K. R. N. (2023). UPAYA PEMANFAATAN DIGITAL E-COMMERCE PADA BIDANG UMKM DI KELURAHAN ABIANBASE. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 4(2), 122–130. https://doi.org/10.36733/jadma.v4i2.8242

Tresnawati, Y & Prasetyo, K. (2018). Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner kika’s Catering di Media Sosial. Jurnal Profesi Humas, 3(1),102-119, https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15333

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

syarifudin, achmad, Pujiati, T., Chairum Ummah, K., Purwanto, E., & Kusuma Wardhana, I. J. (2025). PELATIHAN DOKUMENTASI DAN PUBLIKASI KEGIATAN BERDASARKAN KAIDAH JURNALISTIK SECARA DIGITAL : PELATIHAN DOKUMENTASI DAN PUBLIKASI KEGIATAN BERDASARKAN KAIDAH JURNALISTIK SECARA DIGITAL . Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 6(1), 1–8. https://doi.org/10.36733/jadma.v6i1.11381

Issue

Section

Articles