PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN NYURAT AKSARA BALI PADA ANAK-ANAK DI PASRAMAN BUDI PAKERTI NAWASENA

Authors

  • I Wayan Wahyu Wira Udytama Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Kepramareni Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Mira Andika Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Amira Uyeni Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jadma.v5i2.10070

Keywords:

Aksara Bali, Nyurat Aksara Bali, Pasraman Budi Pakerti Nawasena, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Aksara Bali merupakan salah satu kebudayaan Hindu Bali yang perlu untuk tetap dilestarikan. Namun seiring dengan perkembangan zaman, aksara bali semakin tergerus dan keberadaannya mulai hampir punah. Pengaruh globalisasi akan berdampak pada masuknya budaya luar sehingga dapat mengikis budaya yang sudah melekat dalam diri. Selain itu, hal tersebut juga disebabkan karena kesulitan dalam mengidentifikasi suku kata dasar dikarenakan suku kata dasar aksara Bali hampir memiliki struktur yang sama. Dalam hal ini, tim pengabdian masyarakat melaksanakan pelatihan dan pendampingan nyurat aksara bali kepada anak-anak di Pasraman Budi  Pakerti Nawasena. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan  dalam upaya meningkatkan kualitas pemahaman nyurat aksara bali pada anak-anak di Pasraman Budi Pakerti Nawasena. Kegiatan ini dilakukan melalui beberapa tahapan metode antara lain observasi, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil dari pengabdian masyarakat ini dapat dilihat dari adanya peningkatan pemahaman anak-anak yang sebelumnya belum mengetahui dan memahami tentang aksara bali, baik itu aksara dasar yaitu aksara wianjana dan akhirnya sudah mulai memahami dan mengetahui. Selain itu, pemberian kuis yang ditulis di papan sebagai bahan evaluasi seberapa besar pemahaman anak-anak terhadap aksara bali, terlihat bahwa dengan diadakan kuis tersebut sangat berpengaruh positif  dan signifikan dalam meningkatkan kualitas pemahaman aksara bali pada anak-anak di Pasraman Budi Pakerti Nawasena.

References

Gunada, I. W. A., Dyatmika, G. E. P., & Weda, G. L. N. (2021). Pelatihan Dan Pembelajaran Aksara Bali Pada Anak-Anak Di Pasraman Amerta Sanjiwani. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2)

Hidayat, H. (2021). Pengaruh dan Ancaman Globalisasi Terhadap Kebudayaan Indonesia. In Sosial dan Budaya(Vol. 1, Issue 2). Jurnal Dialektika. http://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index

Sari, I. A. D. P., Hidayat, B., & Sunarya, U. (2015). Pengenalan Aksara Bali Dengan Metode Local Binary Pattern. eProceedings of Engineering, 2(2).

Tylor, E. B. 2016. Primitif Culture. Mineola, New York : Dover Publication.

Wendra, I.W. (2007). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Membaca Teks Bahasa Bali Berhuruf Bali Di Sekolah Dasar Laboratorium Ikip Negeri Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA. Vol. 4.

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

I Wayan Wahyu Wira Udytama, Ni Putu Kepramareni, Ni Putu Mira Andika Putri, & Ni Wayan Amira Uyeni. (2024). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN NYURAT AKSARA BALI PADA ANAK-ANAK DI PASRAMAN BUDI PAKERTI NAWASENA. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 5(2), 143–148. https://doi.org/10.36733/jadma.v5i2.10070