PENGARUH BRAND IMAGE, CELEBRITY ENDORSE DAN WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI PRODUK MG KEBAYA

Authors

  • Ni Luh Putri Aprilia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ngurah Agung Gede Eka Teja Kusuma Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

citra merek, Celebrity Endorse, word of mouth, niat beli

Abstract

Pertumbuhan dan perubahan ekonomi serta aktivitas bisnis yang semakin pesat menuntut perusahaan untuk mengembangkan strategi pemasaran untuk menarik dan mempertahankan konsumen. Perusahaan perlu merespon dengan cepat terhadap perubahan yang terjadi di pasar, sehingga dapat dengan cepat mengetahui peluang pasar yang harus mereka kembangkan. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah konsumen kebaya MG yang pernah berbelanja produk ini dalam 1 tahun terakhir 2021-2022 berjumlah 580. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Nonprobably Sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 85 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesioner yang berisi skala likert yang digunakan sebagai alat ukur. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Penelitian ini dilakukan di MG Kebaya, Jl. Batuyang, Gg. Griya Elang Undagi, Batubulan, Kabupaten Gianyar yang berdiri sejak tahun 2014 hingga sekarang. Dalam penelitian ini objek penelitiannya adalah pelanggan MG kebaya untuk mengetahui respon mereka terkait brand image, celebrity endorsement dan word of mouth terhadap minat beli produk MG Kebaya. Hasil penelitian ini adalah brand image dan word of mouth berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen sedangkan celebrity endorse tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Keterbatasan penelitian ini yaitu populasi, variabel dan metode yang digunakan masih terbatas sehingga kurang akurat.

References

Adawiah, A. Y. (2020). Pengaruh cintra merek dan iklan di media sosial terhadap keputusan pembelian: Studi pada Mc Donald's AP Pettarani Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Adrianto, Nur Faiz., & Endang Sutrasmawti. 2016. Pengaruh Celebrity endorser dan Brand image Pada Proses Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal 5(2). 104-109.

Afiah, N. N. (2019). Pengaruh Pengetahuan Produk, Celebrity Endorser Dan Getok Tular Elektronik Terhadap Minat Beli Dengan Diskon Harga Sebagai Variabel Moderasi Pada Konsumen Kosmetik Wardah Di Magelang. 1-70.

Anggarani, P. L. P., Agung, A. A. P., & Atmaja, N. P. C. D. (2022). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflame. EMAS, 3(2), 36-45.

Anggraeni, Maya Nurmalita.2010. Pengaruh Pemakaian Endorser dalam Iklan Televisi Melalui Kepribadian Merek dan Implikasinya Terhadap Citra Merek Pembalut Wanita Charm. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. 14(1): h: 1-25

Ardana, Y. A., & Rastini, N. M. (2018). Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh E- Wom Terhadap Minat Beli Smartphone Samsung Di Kota Denpasar. E- Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(11), 5901.

Aristayasa, I. K., Mitariani, N. W. E., & Atmaja, N. P. C. D. (2020). Pengaruh persepsi harga dan brand image terhadap keputusan pembelian dan dampaknya terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Ekonomi dan Pariwisata, 15(2).

Bramantya, Yan Bayu dan Made.2016.Pengaruh Celebrity endorser dan Brand image Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Jupiter Mx di Kota Denpasar.E- Jurnal Manajemen Unud, Vol.5(3).ISSN : 2302-8912.

Belch, G. E., dan M.A Belch. 2004. Advertising and Promotion; An Integrated Marketing Communications Perspective. New York: Mc Graw-Hill.

Dianta, 2018. Manajemen Pemasaran (terjemahan), Erlangga, Jakarta

Durianto, Sugiarto dan Tony Sitinjak, 2001. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. PT. Gramedia Pustaka, Jakarta

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Gusti

Ayu Rinawati, A. A. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image

Terhadap Keputusan Pembelian Freshcare Di Kota Denpasar. E-Issn : 2774- 3020 , Vol 2 Nomor 1 Januari 2021.

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Ghozali, Imam dan Ratmono, Dwi. 2017. Analisis Multivariat dan Ekonometrika dengan Eviews 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Hananto, K. (2015). Pengaruh brand image dan country of origin image terhadap minat pembelian iphone. Parsimonia-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(2), 13-22.

Hartono, Bambang. 2013. Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta

Kotler, Philip, 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 (Edisi Kesebelas). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, P., dan K. L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga belas. Jilid 1.Erlangga, Jakarta.

Kotler Philip, Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran. Jilid 2 (Edisi keduabelas). Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Philip & Amstrong.2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran.Edisi 12.Jilid 1. Alih Bahasa : Bob Sabran.Jakarta:Erlangga

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles