PENGARUH FINANCIAL LITERACY, EFIKASI KEUANGAN, DAN FAKTOR DEMOGRAFI TERHADAP MINAT BERINVESTASI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR

Authors

  • Kadek Oki Setiawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Agus Wahyudi Salasa Gama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Astiti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Financial literacy, Efikasi keuangan, faktor demografi, Minat berinvestasi

Abstract

Mengelola keuangan merupakan kenyataan yang harus dihadapi oleh setiap manusia dalam kehidupanya sehari-hari, dimana seseorang harus mengelola keuangan dengan baik agar dapat menyeimbangkan antara pendapatan, dan pengeluaran, dapat memenuhi kebutuhan hidup serta tidak terjebak dalam kesulitan keuangan. Oleh karena itu, kecerdasan finansial menjadi hal yang perlu diperhatikan dikehidupan yang serba modern seperti sekarang ini. Kemampuan untuk mengelola keuangan serta memutuskan strategi bisnis perlu didukung dengan penguasaan financial literacy yang memadai, dan memiliki keyakinan terhadap dirinya sendiri dengan kemampuan-kemampuan yang dimiliki untuk menghasilkan keuangan yang baik (efikasi keuangan) dalam mengatur keuangan.

Penelitian ini dilaksanakan di universitas mahasaraswati denpasar dengan mencari mahasiswa yang memilih program studi manajemen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi manajemen universitas mahasaraswati denpasar dengan jumlah populasi 5056 orang. Perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus slovin sehingga didapatkan sampel yang harus diteliti adalah 100 mahasiswa program studi manajemen universitas mahasaraswati denpasar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu non-probalility sampling. dengan pendekatan accidental sampling. accidental sampling adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan/insidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data.

Hasil penelitian menunjukkan tingkat signifikansi financial literacy, efikasi keuangan, dan faktor demografi sebesar 0,000, 0,010, dan 0,000. Hal ini mengindikasikan adanya pengaruh positif dan signifikan pada minat berinvestasi dikarenakan nilai signifikasinya lebih kecil daripada 0,05.

References

Adnyana, I Made (2020). Manajemen Investasi dan Portofolio. Jakarta: Lembaga Penerbitan Universitas Nasional (LPU-UNAS).

Aini, N., Syafitri, L., & Wijaya, T. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan dan Faktor Demografi Terhadap Keputusan Investasi di Pasar Modal (Stusi Kasus Karyawan PT. Semen Baturaja (PERSERO) Tbk). Jurnal Ilmu Manajemen, 1–12.

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational behavior and human decision processes, 50(2), 179-211.

Aminatuzzahra, A.,& Nasir,M (2014). Persepsi pengaruh pengetahuan keuangan, sikap keuangan, social demografi terhadap prilaku keuangan dalam pengambilan keputusan investasi individu (Doctoral dissertation, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Bhaskara,W.P (2017). Pengaruh literasi keuangan, efikasi keuangan dan faktor demografi pada keputusan

investasi pasar keuangan keluarga di Surabaya ( Doctoral dissertation, Stie Perbanas Surabaya).

Dewi, I. M., & Purbawangsa, I. B. A. (2018). Pengaruh literasi keuangan, pendapatan serta masa bekerja terhadap perilaku keputusan investasi. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 7(7), 1867.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23, Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kartini, D. (2018). Pengaruh Financial Literacy dan Faktor Demografi Terhadap Keputusan Investasi Mahasiswa.

Nasution, G. M. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Efikasi Keuangan dan Faktor Demografi Terhadap Pengambilan Keputusan Investasi (Doctoral dissertation).

Prihastuty, D. R., & Rahayuningsih, S. (2018). Pengaruh financial literacy, financial behavior, financial attitude, dan demografi terhadap perilaku konsumtif (studi pada mahasiswa strata I fakultas ekonomi universitas 17 Agustus 1945 Surabaya). JHP17: Jurnal Hasil Penelitian, 3(02).

Purwanto, E. (2019). Analisis Literasi Keuangan, faktor demografi, dan pendapatan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa.

Putri, N. M. D. R., & Rahyuda, H. (2017). Pengaruh tingkat financial literacy dan faktor sosiodemografi terhadap perilaku keputusan investasi individu. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 6(9), 3407-3434.

Putri, W. W., & Hamidi, M. (2019). Pengaruh literasi keuangan, efikasi keuangan, dan faktor demografi

terhadap pengambilan keputusan investasi (studi kasus pada mahasiswa magister manajemen fakultas ekonomi universitas andalas padang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4(1), 210-224.

Suwantari, A.A Sagung Istri. 2019. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Solvabilitas Dan Pertumbuhan Aset Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016- 2018. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati. Denpasar.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Welly, W., Kardinal, K., & Juwita, R. (2012). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Keputusan Investasi Di STIE Multi Data Palembang.

Wibowo, A. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Kebijakan Modal Minimal Investasi, dan Pelatihan Pasar Modal terhadap Minat Investasi (Studi Kasus Mahasiswa FE UNESA yang Terdaftar di Galeri Investasi FE UNESA). JurnalIlmu Manajemen, 7(1), 198.

Wilantika,W.P. (2019) Pengaruh literasi keuangan, efikasi keuangan, dan faktor demografi terhadap pengambilan keputusan investasi. Studi kasus pada mahasiswa magister Manajemen universitas ANDALAS padang (Doctoral dissertation,UniversitasAndalas).

Yushita, A. N. (2017). Pentingnya literasi keuangan bagi pengelolaan keuangan pribadi. Nominal: Barometer Riset Akuntansidan Manajemen, 6(1), 11-26.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles