PENGARUH GREEN PERCEIVED VALUE DAN GREEN PERCEIVED QUALITY TERHADAP GREEN TRUST PRODUK AQUA BOTOL 100% RECYCLED PADA KONSUMEN DI KOTA DENPASAR

Authors

  • D. G. Agung Krisna Permana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Green Perceived Value, Green Perceived Quality, Green Trust

Abstract

Kondisi lingkungan yang semakin tidak bersahabat membuat masyarakat kian sadar akan pentingnya kepedulian terhadap lingkungan dan mempunyai tanggung jawab besar dalam upaya pelestarian lingkungan, dimulai dari kesadaran konsumen akan hak-hak mereka untuk membeli produk yang layak dan aman terhadap lingkungan. Banyak dari masyarakat kini mulai mempercayai bahwa produk yang komposisinya berasal dari bahan alami merupakan produk yang baik dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Green Trust atau kehendak untuk bergantung pada produk-produk organik atas dasar keyakinan atau harapan yang dihasilkan dari kredibilitas, perbuatan baik dan kecakapan tentang kinerja lingkungan.Terdapat faktor yang dapat mewujudkan Green Trust tersebut bisa melalui pandangan konsumen terhadap Green Perceived Value dan Green Perceived Quality suatu produk ramah lingkungan.Penelitian ini dilakukan pada Produk Aqua Botol 100% Recycled Pada Konsumen Di Kota Denpasar. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantittif, sedangkan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu sebanyak 108 konsumen sebagai responden dengan teknik accidental sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang di bantu dengan program SPSS for Windows versi 26.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Green Perceived Value dan Green Perceived Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Green Trust Produk Aqua Botol 100% Recycled Pada Konsumen Di Kota Denpasar. Implikasi penelitian ini adalah perusahaan aqua harus meningkatkan nilai dan kualitas produk aqua ramah lingkungan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.

References

Afendi, A. (2019). Peran Green Trust Dalam Memediasi Pengaruh Green Perceived Value Dan Green Perceived Quality Terhadap Green Purchase Behavior. Jurnal Optimum, 9(1), 45-60.

Ardianto, E., & Ali, A. (2019). Pengaruh Green Perceived Value dan Green Perceived Risk terhadap Green Trust, Green Purchase Intention, dan Green Purchase Behavior pada Produk Green Cosmetics di Indonesia, Studi Kasus: Sensatia Botanicals Falaha Rahmatia Az Zahra Rusin, Kevin Pratama.Sekolah Bisnis dan Ekonomi, Universitas Prasetiya Mulya, V 1, N 1.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chang, E.C., Tseng, Y.F., 2013. Research note: E-store image, perceived value and perceived risk. J.Bus.Res. 66(7), pp.864-870

Chen, Y, S., and Chang, C. H. 2012. Enhance Green Purchase Intentions: The Roles of Green Perceived Value, Green Perceived Risk, and Green Trust. Management Decision. 50 (3), pp: 502-520.

Chen, Y. S., and Chang, S. H. 2013. Greenwash and Green Trust: The Mediation Effects of Green Consumer Confusion and Green Perceived Risk. J Bus Ethics, 114, pp: 489-500.

Chen, Yu-Shan and Ching-Hsun Chang. 2012. Greenwash And Green Trust: The Mediation Effects Of Green Consumer Confusion And Green Perceived Risk. Springer Science+Business Media B.V.

Chen, Yu-Shan. Ching-Hsun Chang. (2013). “Towards Green Trust The Influences of Green Perceived Quality, Green Perceived Risk, And Green Satisfaction”. Management Decision, Vol. 51, No. 1.

Chen, Yu-Shan., Ching-Ying Lin dan Chia- Sui Weng. 2015. The Influence Of Environmental Friendliness On Green Trust: The Mediation Effects Of Green Satisfaction And Green Perceived Quality. Academic Editor: Giuseppe Ioppolo.

Dehghanan, H., and Bakhshandeh, G. 2014. The impact of green perceived value and green perceived risk on green purchase behavior of Iranian consumers. International Journal of Management and Humanity Sciences, 3 (2), pp: 1349-1357.

Doszhanov, A., & Ahmad, Z. A. (2015). Customers’ intention to use green products: The impact of green brand dimensions and green perceived value. In SHS Web of Conferences (Vol. 18, p. 01008). EDP Sciences.

FAUZAN, S. (2021). Analisis Pengaruh Lingkungan Terhadap Green Trust, Green Satisfaction, Dan Green Perceived Quality Pada Konsumen Kosmetik Wardah Di Daerah Istimewa Yogyakarta.Skripsi. Fakultas Bisnis Dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Ghozali, Imam. (2007). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS). Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Inovasi Danone-AQUA untuk Menghadirkan Kemasan yang Ramah Lingkungan - AQUA Bijak Berplastik. (2021, March 23). AQUA Bijak Berplastik. https://bijakberplastik.aqua.co.id/publikasi/inovasi/inovasi-danone-aqua-untukmenghadirkan-kemasan-yang-ramah-lingkungan

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Krisno., Samuel. 2013. Pengaruh Perceived Quality, Perceived Sacrifice dan Perceived Value terhadap Customer Satisfaction di Informa Innovative Furnishing Pakuwon City Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra 1(1):1-12

Liang, Q., dan Chaipoopirutana, S. 2014. A study of factors affecting customer‘s attitude toward intention to purchase green electronic products. International Conference on Business, Law and Corporate Social Responsibility. 1 (2): 23-31.

Luis, J. B., & Pramudana, K. (2017). Pengaruh Green Perceived Quality, Green Satisfaction Dan Green Perceived Risk Terhadap Green Trust. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(3), 2789-2816.

Luncurkan Kampanye “Kebaikan Berawal dari Sini” Danone-AQUA ubah Logo dan Desain Label Kemasan. (2019). Aqua.co.id.https://aqua.co.id/luncurkan-kampanye-kebaikan-berawal-dari-sini-danone-aqua-ubah-logo-dan-desain-label-kemasan

La Mada, A., Hidayanti, I., & Yusuf, I. S. H. (2021). Efek Green Perceived Value dan Risk terhadap Green Repurchase Intention: Green Trust sebagai Pemediasi pada Pengguna Pertalite di Kota Ternate. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 4(3), 326-345.

Mitariani, N. W. E., Gama, A. W. S., & Imbayani, I. G. A. (2022). Improving Repurchase Intention on Green Marketing Strategy. Jurnal Organisasi dan Manajemen, 18(1), 126-137.

Naftalia, A. S. M. C., & Suparna, G. (2017). Pengaruh Green Brand Image Dan Green Perceived Value Terhadap Green Trust Dan Green Brand Equity. E-Jurnal ManajemenUniversitas Udayana, 6(12).

NINDI, M. R. (2018). Analisis Pengaruh Keramahan Lingkungan terhadap Green Trust, Green Satisfaction dan Green Perceived Quality pada Konsumen The Body Shop di Yogyakarta.Skripsi. Universitas Islam Indonesia Fakultas Ekonomi Yogyakarta.

Peraturan Gubernur Bali NOMOR 97 TAHUN 2018. (2018). from Baliprov.go.idwebsite:https://jdih.baliprov.go.id/produkhukum/peraturan/abstrak/24688

Peraturan Walikota Denpasar Nomor 36 Tahun 2018. (2018). from Denpasarkota.go.idwebsite:https://jdih.denpasarkota.go.id/produk hukum/peraturan-perundang-undangan/perwali/446

Pratama, M. A. (2014). Pengaruh green perceived value, green perceived risk dan green trust terhadap green purchase intention lampu Philips LED di Surabaya. CALYPTRA, 3(1), 1-20.

Prayoga, I. M. S., Adiyadnya, M. S. P., & Putra, B. N. K. (2020). Green Awareness Effect on Consumers’ Purchasing Decision. APMB ( Pacific Management and Business Application), 8(3), 199-208.

Putra, K. D. S., & Rastini, N. M. (2017). Pengaruh Green Perceived Value dan Green Perceived Quality Terhadap Green Satisfaction dan Green Trust (Doctoral dissertation, Udayana University).

Putra, I. P. A. S. S., & Suryani, A. (2015). Peran green trust dalam memediasi green perceived value terhadap green purchase behavior pada produk organik. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(10), 3015-3036.

Reza Pahlevi. (2021, November 11). Aqua Jadi Minuman Bernilai Konsumen Tertinggi di Indonesia pada 2021. Katadata.co.id;Databoks.https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/11/aqua-jadi-minuman-bernilai-konsumen-tertinggi-di-indonesia-pada-2021

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles