PENGARUH FINANCIAL ATTITUDE, FINANCIAL KNOWLEDGE DAN PARENTAL INCOME TERHADAP FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR

Authors

  • Ni Putu Tasiya Purnama Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Agus Wahyudi Salasa Gama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Astiti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Financial Attitude, Financial Knowledge, Parental Income, Financial Management Behavior

Abstract

Generasi muda jarang memperaktikkan kemampuan keuangan dasar seperti budgeting, perencanaan tabungan harian atau perencanaan untuk kebutuhan jangka panjang dan lain sebagainya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Financial Attitude, Financial Knowledge dan Parental Income terhadap Financial Management Behavior pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasarasati Denpasar angakatan 2019 dan 2021 sebanyak 4.933 mahasiswa, dengan sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling maka jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 99 mahasiswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial dan bersama-sama Financial Attitude, Financial Knowledge dan Parental Income terhadap Financial Management Behavior Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasarasati Denpasar.

References

Agustina Suryantari, Kadek Rika. 2021. Pengaruh Financial Attitude, Financial Knowledge dan Parental Incometerhadap Financial Management Beavior pada mahasiswa ekonomi.

Aizcorbe, A. M., Kennickell, A. B., & Moore, K. B. (2003). Recent changes in US family finances: Evidence from the 1998 and 2001 Survey of Consumer Finances.

Fed. Res. Bull., 89, 1.

Astuti, R., Tanjung, H., & Putri, L. P. (2017). The Effect Of Financial Literation On Online Shopping Interest InMillennials. International Journal Of Accounting & Finance In Asia Pasific (IJAFAP), 2(3), 41–45.

Borden, L. M., Lee, S.-A., Serido, J., & Collins, D. (2008). Changing college students’ financialknowledge, attitudes, and behavior through seminar participation. Journal of Family and Economic Issues, 29(1), 23–40

Dewi, Ratna Sari. 2017. Pengaruh Financial

Knowledge, Pendidikan Orang Tua dan Parental Income terhada Financial Management Behavior pada Mahasiswa Universitas Sumatera.

Douglas, dan Martinko 2003. Theory of Planned Behaviour (TPB) merupakan pengembangan dari Theory of Reasoned

Action (TRA) yang telah dikemukakan sebelumnya oleh Fishbein dan Ajzen pada tahun 1975

Furnham, A. (1984). Many sides of the coin: Thepsychologyofmoneyusage.Personality and Individual Differences, 5(5), 501–509.

Gunawan, A., Pirari, W. S., & Sari, M. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya

Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Mahasaraswati Denpasar. Jurnal Humani

Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Manajemen, 4(2), 23–35. https://doi.org/10.30601/humaniora.v4i2.1196

Halim, Y. K. E., & Astuti, D. (2015). Financial Stressors, Financial Behavior, Risk Tolerance, Financial Solvency, Financial Knowledge, dan Kepuasan Finansial. Jurnal Finesta, 3(1), 19–23.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles