PENGARUH DISPLIN KERJA, MOTIVASI, DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA TARAKAN MOTOR DENPASAR

Authors

  • Ni Made Siti Lestari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Pande Ketut Ribek Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Tiksnayana Vipraprastha Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Displin Kerja, Motivasi, Kompensasi, Kinerja Karyawan

Abstract

 

Sumber daya manusia bertugas mengendalikan atau menangani sumber daya lainnya sehingga keberhasilan kinerja perusahaan tergantung pada unsur manusianya. Dalam hal mencapai tujuan perusahaan, nilai penting dari kesuksesan adalah memiliki tenaga kerja yang unggul dan disiplin dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh displin kerja, motivasi dan kompensasi terhadap kinerja karyawan pada Tarakan Motor Denpasar. 

Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Populasi di dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Tarakan Motor Denpasar yang berjumlah 50 orang. Metode pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji validitas, iji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi berganda, analisis koefisien determinasi, uji t dan uji F melalui program SPSS versi 25. 

Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Tarakan Motor Denpasar. Hal ini berarti semakin baik disiplin kerja karyawan maka akan meningkatkan kinerja dari karyawan tersebut. Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Tarakan Motor Denpasar. Hal ini berarti semakin baik motivasi yang dirasakan oleh karyawan maka akan meningkatkan kinerja dari karyawan tersebut. Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Tarakan Motor Denpasar. Hal ini berarti semakin baik kompensasi karyawan maka akan meningkatkan kinerja dari karyawan.

References

Ahmad, T. (2002). Pemahaman Praktis Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Universitas Tanjung Pura, Mandar Maju.

Akmal, K. (2019). Pengaruh Kompensasi dan Konflik Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Head Office Pada PT. Andalas Karya Mulia

Pekanbaru. Doctoral dissertation. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riu.

Arep, I. (2003). Manajemen Motivasi. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Armansyah, A. (2018). Pengaruh Displin Kerja, Kompensasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Mitra Sinetra di Kota Batam Skripsi thesis Prodi Manajamen.

Aulia. (2020). Goal Setting Theory Vs Reinfocement Theory-In Ruh Persppektive Theory. Prosiding Seminar Nasional Mgister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan ISSN:2715-7121.

Darsono, S. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Nusantara Consulting

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit

Universitas Diponegoro: Semarang.

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Hasibuan, M, (2003). Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara Hasibuan, Melayu S.P (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Hasibuan, Melayu S.P 2017, Manajemen Sumber Daya Manusia Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hasibuan. (2017). Manajemen Sumber Daya Untuk Perusahaan Cetakan Ketujuh belas PT. Bumi Aksara.

Husian, B. A. (2018). Pengaruh Displin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Pada PT Bank Danamon Tbk Cabang Bintaro). Jurnal Disrupsi Bisnis: Jurnal Ilmiah Prodi Manajmen, Fakultas Ekonomi,

Isvandari, A. (2017). Pengaruh Kompensasi dan Displin Kerja Terhadap Kinerja Karyaean Bagian Produksi PG. Maritjan Kediri. Jurnal JIBEKA. Volume 11 No. 1 Agustus 2017.elSSN : 2528-1518.

Locke, E.A (1969). What is job Satisfaction Organizational Behavior And human Performance, 336, 309 -336.

Locke, E.A. (1968). Toward A Theory of Task Motivation and Incentives Organizational Behavior and Human Perfomance: pp:66-106.

Locke, E.A. dan Latham, G P. (1990.) A Theory of Goal Setting and Task Performance. Englewood Cliffs, NJ : Prentice-Hall.

Mangkunegara. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mangkunegara. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosdakarya Bandung.

Prayitro, D. (2017). Pengaruh Lingkunga

Kerja, Displin Kerja dan Kompensasi

Terhadap Kinerja Karyawan Di Pabrik Rokok Fajar Berlian Tulungagung. Sripsi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia UN PGRI Kediri.

Ravai, V. (2010). Manajemen Sumber Daya Untuk Perusahaan Jakarta, PT Raja Granfindo.

Sedarmayanti, (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Reformasi Birokrasi dan Manajemen Karyawan Negeri Sipil, Cetakan Kelima, PT Refika Aditama , Bandung.

Soejono. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:

Sugiyono. (2015). MetodePenelitian Kombinasi(Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Suryasudarma, BMS. (2001). Modul Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resources Management). Yogyakarta.

Sutrino. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Penerbit Jakarta, Kencana.

Sutrino. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama, Jakarata, Kencana.

Wairooy, Ali. (2017). Pengaruh Displin Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT.Pertamina (Persero), tbk. Pemasaran Region VII Makasar. Jurnal Administrare. Vol. 4, No. 1. 2017. ElSSN 2580-9695.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles