PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN DAN KEPRIBADIAN TERHADAP PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN PADA PELAKU UMKM DI DESA PEMOGAN

Authors

  • Ni Komang Ayu Sukmawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Agus Wahyudi Salasa Gama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Astiti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, Kepribadian, Perilaku Manajemen Keuangan

Abstract

Perilaku keuangan (Financial Behavior) adalah salah satu isu yang hangat dibicarakan saat ini. Perilaku yang tidak rasional diartikan sebagai indikator perilaku keuangan yang dapat dilihat dari setiap individu dalam mengatur keluar dan masuknya uang, kredit, tabungan serta investasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan keuangan, sikap keuangan dan kepribadian terhadap perilaku manajemen keuangan di Desa Pemogan. Penelitian dilakukan pada pelaku UMKM di Desa Pemogan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM di Desa Pemogan berdasarkan data dari Bank Data Kota Denpasar berjumlah 725.314 jiwa, 88 UMKM yang ada di Desa Pemogan dengan menggunakan teknik accidental sampling. Metode penentuan sampel pada penelitian ini adalah metode purposive sampling dengan rumus slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah análisis regresi linier melalui program SPSS versi 25.Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa pengetahuan keuangan, sikap keuangan dan kepribadian berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku manajemen keuangan pada pelaku UMKM di Desa Pemogan. Hal ini berarti bahwa semakin baik pengetahuan keuangan, sikap keuangan dan kepribadian pelaku UMKM di Desa Pemogan maka semakin baik pula perilaku manajemen keuangan.

References

Afdilla, Wahono, Khoirul. 2020. Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, dan Kepribadian Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pada Pelaku Umkm Penghasil Susu di Pujon (Studi Kasus Pada Koperasi Susu Sae Pujon). E-Jurnal Riset Manajemen, Vol.8 No.3.

Amanah, Ersha.2016.PengaruhFinancialKnowledge,FinancialAttitudedanExternalLocusofControlterhadapPersonalFinancialManagementBehaviorpada Mahasiswa S1UniversitasTelkom. Skripsi.UniversitasTelkom.

Dayanti, F. K., Susyanti, J., & ABS, M. K. 2020. Pengaruh Literasi Keuangan, Pengetahuan Keuangan Dan Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pada Pelaku Usaha UMKM Fashion Di Kabupaten Malang. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(13).

Faramitha, A., Wahyudi, W., & Desmintari, D. 2021. Analisis perilaku manajemen keuangan pada generasi milenial. INOVASI, 17(1), 19-29.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Humaira, Iklima dan Endra Mukti Sagoro. 2018. Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, dan Kepribadian terhadap Perilaku Manajemen Keuangan UMKM Sentra Kerajinan Batik Kabupaten Bantul. Jurnal Nominal. Vol 7. No. 2.

Ida dan Dwinta, Chintia Yohana. 2010. Pengaruh Locus of Control, FinancialKnowledge, dan Income Terhadap Financial Management Behavior. JurnalBisnisDanAkuntansi,Vol.12,No.3,Hlm.131-144

Ismanto, D. 2019. Pengaruh Current Ratio, Return on Equity Dan Debt To Asset Ratio Terhadap Price Book Value Perusahaan Advertising, Printing Dan Media Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 9(2), 131-142.

Linting, V. A. C. 2020. Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, Dan Kepribadian Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pada Pelaku Umkm Kerajanan Tenun di Toraja. Skripsi.Universitas Hasanuddin.

Mardahleni, M. 2020. Pengaruh Pengetahuan Keuangan Dan Kepribadian Terhadap Perilaku Ma Najemen Keuangan (Studi Pada Rumah Tangga Di Nagari Persiapan Anam Koto Utara Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat). Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(3), 511-520.

Pradiningtyas, T. E., & Lukiastuti, F. 2019. Pengaruh pengetahuan keuangan dan sikap keuangan terhadap locus of control dan perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa ekonomi. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 6(1), 96.

Putri, D. A. 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Manajemen Keuangan Pelaku UMKM. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(4), 62-73.

Ramdani, Z., Amri, A., Warsihna, J., Garnasih, T. R., & Juarsa, E. 2021. Perilaku manajemen keuangan karyawan selama pandemi COVID-19: sebuah studi awal. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(1), 170-179.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Syuliswati, A. 2020. Pengaruh Pengetahuan Keuangan terhadap Perilaku Keuangan dengan Sikap Keuangan sebagai Variabel Mediasi. In Seminar Nasional Gabungan Bidang Sosial, Vol. 2, No. 1.

Tampubolon, M., & Rahmadani, R. 2022. Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan Dan Kepribadian Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pada Pelaku UMKM Di Kecamatan Air Putih Kabupaten Batubara. Jurnal Akuntansi, Manajemen, Bisnis Dan Teknologi, 2(1), 70–79.

Widyaningrum, S. 2018. Pengaruh sikap keuangan, pengetahuan keuangan dan pengalaman keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan keluarga di sidoarjo. Skripsi. STIE Perbanas Surabaya.

Wijayanto, Dian. 2019. Pengantar Manajemen. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Wulandari, D. E. B. 2019. Analisis Perilaku Manajemen Keuangan Bagi Umkm Di Era Industri 4.0. Skripsi. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles