PENGARUH PERTUMBUHAN TABUNGAN, DEPOSITO, PERTUMBUHAN KREDIT TERHADAP PROFITABILITAS PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT SE-KABUPATEN BADUNG 2017-2021

Authors

  • Kadek Okta Mega Handayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Agus Wahyudi Salasa Gama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Astiti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Pertumbuhan Tabungan, Pertumbuhan Deposito, Pertumbuhan Kredit

Abstract

Perbankan merupakan bagian yang sangat penting dalam perekonomian, salah satunya sebagai lembaga intermediasi yang tugasnya menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali dalam bentuk kredit. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris sejauh mana hubungan pertumbuhan tabungan, pertumbuhan deposito, dan pertumbuhan kredit terhadap profitabilitas pada bank perkreditan rakyat se- kabupaten Badung tahun 2017-2021.

Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Bank Perkreditan Rakyat (BPR) se- kabupaten Badung dengan total sampel sebanyak 47 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) periode penelitian dari tahun 2017-2021. Penentuan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh dari Laporan Keuangan Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Periode tahun 2017-2021. Metode analisis yang digunakan penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji kelayakan model dan uji analisis deskriptif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Pertumbuhan Tabungan, Pertumbuhan Deposito dan Pertumbuhan Kredit berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas.

References

Arni, N. K. A. S., Putra, I. G. C., & Manuari, I.A. R. (2021). Pengaruh Pertumbuhan Kredit dan Rasio Keuangan Terhadap Kemampuan Menghasilkan Keuntungan Bank Perkreditan Rakyat di Kota Denpasar. KARMA (Karya Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(2), 585- 594.

Astutiningsih, K. W., & Baskara, I. G. (2019). Pengaruh CAR, Dana Pihak Ketiga, Ukuran Bank, dan LDR terhadap profitabilitas Bank Perkreditan Rakyat. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(3), 1608-1636.

Andini, Ayu Made Puspa (2019). Pengaruh Pertumbuhan Tabungan, Deposito, Kecukupan Modal dan Kredit Terhadap Profitabilitaspada Bank Perkreditan Rakyat Se-Kabupaten Badung Tahun 2016Brigham dan Houston. 2006. Manajemen Keuangan. Edisi ke delapan. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Cahya, Yunika Sulistya Ni Komang. 2019. Pengaruh Pertumbuhan Tabungan, Deposito dan Kredit Terhadap Profitabilitas Pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Kecamatan Blahkiuh. Skrispi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati. Denpasar.

Dewi, Ayu Cintia Putu. 2019. Pengaruh Pertumbuhan Tabungan, Deposito dan Kredit Terhadap Profitabilitas Pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Kabupaten Tabanan. Skrispi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati. Denpasar.

Ery, Ni Kadek. 2019. Pengaruh Pertumbuhan Tabungan, Deposito dan Kredit Terhadap Profitabilitas Pada PT BPR Werdhi Sedana Kabupaten Gianyar. Skrispi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Gade, Muhammad. 2005. Teori Akuntansi.

Jakarta: Almahira.

Ghozali, imam. 2016. Aplikasi multivariate dengan program IBM SPSS 21 update PLS regresi. Edisi 7 semarang: badan penerbit universitas diponogoro semarang.

Ismail. 2010. Manajemen perbankan : Teori menuju aplikasi. Jakarta : kencana.

Kasmir. 2012. Manajemen perbankan. Edisi revisi. Jakarta: penerbit PT. raja pers.

Kasmir. 2017. Analisis laporan keuangan. edisi revisi 2014, cetakan 14. Jakarta: grafindo persada.

Munawir. (2014). Analisa LaporanKeuangan.

Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Purwati, Ade Ni Wayan. 2019. Pengaruh Pertumbuhan Tabungan, Deposito dan Kredit Terhadap Profitabilitas Pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Se- Kecamatan Banjarangkan Klungkung – Bali. Skrispi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati. Denpasar.

Sari, Ni Ketut Ayu (2019). Pengaruh Pertumbuhan Kredit dan Rasio Keuangan Terhadap Kemampuan Menghasilkan Keuntungan Bank Perkreditan Rakyat di Kota Denpasar.

Sitio, Arifin., dan Tamba, Halomoan. (2001). Koperasi: Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kombinasi (mixed methods). Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode penelitian bisnis. Cetakan ke-18. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Thamrin,A. dan Sintha,W. (2018) Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya (edisikedua). Jakarta: Mitra Wacana Media.

Tias, F. S., Muljono, M., & Pramesti, D. A. (2021, October). Pengaruh DPK, NPL, CAR, BOPO, LDR dan ROA terhadap penyaluran kredit BPR di Kabupaten Temanggung. In UM Magelang Conference Series (pp.674-686).

Nomor, U. U. (10). tahun 1998 tentang Perubahan atas Undang - Undang Nomor 7 tahun 1992 tentang perbankan. Lembaran Negara Nomor, 182.

Widya Astutiningsih, Kadek. (2019) Pengaruh Car, Dana Pihak Ketiga, Ukuran Bank, Dan Ldr Terhadap Profitabilitas Bank Perkreditan Rakyat.

Yuesti, A., Andini, A. M. P., Sudiartana, M., & Latupeirissa, J. J. P. (2019). Pengaruh Pertumbuhan Tabungan, Deposito, Kecukupan Modal Dan Kredit Terhadap Profitabilitas Pada Bank Perkreditan Rakyat Se-Kabupaten Badung Tahun 2016. Jsam (Jurnal Sains, Akuntansi Dan Manajemen), 1(3), 283-316.

Yanthi, Ayu Fitri Dwi Kadek. 2021. Pengaruh Pertumbuhan Tabungan, Deposito, Kecukupan Modal, Kredit dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas Pada Bank Perkreditan Rakyat Kabupaten Badung Tahun 2017– 2019. Skrispi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati. Denpasar

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles