PENGARUH FINANCIAL ATTITUDE DAN FINANCIAL KNOWLEDGE TERHADAP FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR PADA DEBITUR LPD DESA ADAT PADONAN

Authors

  • Made Dewani Putri Pertiwi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Agus Wahyudi Salasa Gama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Astiti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

financial knowledge, financial attitude, financial management behavior

Abstract

Menghadapi situasi ekonomi yang semakin sulit memerlukan sebuah upaya  pengaturan keuangan yang baik pada diri setiap individu. Begitu pula bagi nasabah lembaga keuangan, harus memiliki kemampuan manajemen keuangan dengan baik, agar tidak mengalami kesalahan manajemen yang berujung pada kerugian finansial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial attitude dan financial knowledge terhadap financial management behavior. Penelitian ini dilakukan pada LPD Desa Adat Padonan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh debitur LPD Desa Pakraman Padonan dengan jumlah 452 Orang. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dengan pengukuran ukuran sampel menggunakan rumus slovin, dengan jumlah sampel adalah 86 orang nasabah debitur. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa Financial attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial management behavior pada debitur LPD Desa Adat Padonan. Financial knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial management behavior pada debitur LPD Desa Adat Padonan. Hal ini menunjukan bahwa financial attitude dan financial knowledge dapat menjelaskan financial management behavior.

References

Dwiastanti, A. (2017). Analysis of financialknowledge and financial attitude onlocus of control and financial managementbehavior. MBR (Management and Business Review), 1(1), 1-8.

Humaira, I., & Sagoro, E. M. (2018). Pengaruhpengetahuan keuangan, sikap keuangan, dankepribadian terhadap perilakumanajemen keuangan pada pelakuUMKM sentra kerajinan batik Kabupaten Bantul. Nominal: BarometerRiset Akuntansi dan Manajemen, 7(1), 96-110.

Kautsar, A., Asandimitra, N., Isbanah, Y., Kusumaningrum, T. M., & Rozaq, K. (2020). Financialmanagement behavior of junior high school womanteacher. Technium Social SciencesJournal, 14, 445-453.

Nobriyani, A. P., & Haryono, N. A. (2019). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Financial Management Behavior pada Keluarga TKI di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(3).

Putri, I. R., & Tasman, A. (2019). Pengaruh Financial Literacy dan Incometerhadap Personal Financial ManagementBehavior pada Generasi Millennial KotaPadang. Jurnal Kajian ManajemenDan Wirausaha, 1(1), 151-160.

Ramadhan, A. Y., & Asandimitra, N. (2019). Determinants of Financial ManagementBehavior of Millennial Generation inSurabaya. Jurnal Minds: ManajemenIde dan Inspirasi, 6(2), 129-144.

Rizkiawati, N. L., & Asandimitra, N. (2018). Pengaruh demografi, financial knowledge, financial attitude, locus of control dan financial self-efficacy terhadap financial management behavior masyarakat surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(3), 93-107.

Siswanti, I., & Halida, A. M. (2020). Financial knowledge, financial attitude, and financial management behavior: Self–control as mediating. The International Journal of Accounting and Business Society, 28(1), 105-132.

Sukandia, I Nyoman. (2019). Lembaga Perkreditan Desa. Jawa Timur: CV Nuswantara.

Wiharno, H. (2018). Pengaruh Financial Knowledge, Financial Behavior dan FinancialAttitude Terhadap Personal Financial Management. Jurnal Riset KeuanganDan Akuntansi, 4(1)

Downloads

Published

2022-10-17

Issue

Section

Articles