ANALISIS PEMBENTUKAN PORTOFOLIO SAHAM OPTIMAL MENGGUNAKAN MODEL MARKOWITZ DAN MODEL INDEKS TUNGGAL SEBAGAI DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI

Authors

  • Ni Wayan Ayu Eka Agustini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Sukadana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Suarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

return, risiko, portofolio optimal, model markowitz, model indeks tunggal

Abstract

Peningkatan jumlah investor tiap tahunnya menunjukan bahwa meningkatnya minat masyarkat terhadap investasi saham. Idealnya investor menginginkan return yang maksimal atas investasinya. Investasi saham mampu meberikan return yang cukup tinggi dibandingkan investasi bentuk lainnya, namun disertai dengan risiko yang tinggi pula. Sehingga investor perlu melakukan diversifikasi pada portofolionya. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil diversifikasi portofolio optimal yang dihasilkan dari beberapa metode perhitungan portofolio optimal terhadap saham-saham yang terdaftar pada indeks SRI-KEHATI di Bursa Efek Indonesia periode 2015 - 2019. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah perhitungan portofolio optimal Model Markowitz dan Model Indeks Tunggal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa return dan risiko yang dihasilkan dari kedua model perhitungan yang digunakan berbeda. Semakin tinggi return yang dihasilkan, semakin tinggi pula risiko yang harus ditanggung investor. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan mempertimbangkan sisi fundamental dari saham-saham yang akan diteliti.

References

Abdullah, M. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Accurate (2021). IHSG Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Beberapa Istilah di Dalamnya. Diakses melalui https://accurate.id/ekonomi-keuangan/ihsg-adalah/ pada tanggal 28 Mei 2021.

Ahmad, Kamaruddin. 2004. Dasar-dasar Manajemen Investasi. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Anggreni, Anak Agung Ayu Dyah. 2018. Analisis Portofolio Optimal Menggunakan Model Indeks Tunggal Dalam Pengambilan Keputusan Investasi pada Saham LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Program Studi Manajeman Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Atmaja, Lukas Setia. 2008. Teori dan Praktek Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Bank Indonesia (2020). BI 7-day (Reverse) Repo Rate. Diakses melalui https://www.bi.go.id/id/statistik/indikator/bi-7day-rr.aspx pada tanggal 25 April 2021.

Elton JE, G. M. 2014. Modern Portfolio Theory and Investment Analysis. 9th Ed. United States of America: John Wiley and Sons, Inc.

Fahmi, Irham. 2012. Manajemen Investasi Teori dan Soal Jawab. Jakarta: Salemba Empat.

Fahmi, Irvan dan Yovi Lavianti Hadi. 2009. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Bandung : Alfabeta.

Firdaus, Nurjanah Ajeng. 2020. Pembentukan Portofolio Saham Optimal Menggunakan Model Indeks Tunggal dan Model Markowitz Studi Kasus Indeks LQ45. Laporan Tugas Akhir. Program Studi Manajemen Universitas Pertamina.

Giharta, Ade Sukma., Sedana, Ida Bagus Panji. 2017. Pembentukan Portofolio Optimal Pada Saham-Saham Perusahaan Sub-Sektor Konstruksi Bangunan di Bursa Efek Indonesia (Pendekatan Markowitz). E-Jurnal Manajemen Unud, Vol.6, No.9, pp. 4716-4743.

Hartono, Jogiyanto. 2014. Teori dan Praktik Portofolio dengan Excel. Jakarta : Salemba Empat.

Husnan, Suad. 2001. Dasar-dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Kontan.co.id (2021). BI 7-DAY (REVERSE) REPO RATE. Diakses melalui https://pusatdata.kontan.co.id/makroekonomi/bi_rate pada tanggal 25 April 2021.

Oktafiani, Hanifa Eka., Maruddani, Di Asih I., dan Suparti. 2017. Penerapan Model Indeks Tunggal untuk Optimalisasi Portofolio dan Pengukuran Value at Risk dengan Variance Covariance. Jurnal Gaussian, Vol. 6, No. 1, pp. 41-50.

Oktaviana, Rafika. 2019. Analisis Perbandingan Pembentukan Portofolio Saham Optimal Menggunakan Model Markowitz dan Indeks Tunggal Sebagai Dasar Dalam Pengambilan Keputusan Investasi. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Sunariyah. 2006. Pengantar pengetahuan Pasar Modal. Edisi Kelima.

Tandelilin, Eduardus. 2007. Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Yogyakarta: BPFE.

Ulandari, Ni Kadek Ari. 2019. Analisis Pembentukan Portofolio Optimal Dengan Menggunakan Model Indeks Tunggal Pada Saham-Saham Indeks Bisnis 27. Skripsi. Program Studi Manajemen Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Downloads

Published

2022-09-03

Issue

Section

Articles