PENGARUH LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR), CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), NON PERFORMING LOAN (NPL) DAN EFISIENSI OPERASIONAL (BOPO) BERPENGARUH TERHADAP PROFITABILITAS PADA BANK UMUM YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Ni Putu Riskayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Widnyana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gst Ngr Bagus Gunadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

LDR (Loan to Deposit Ratio), CAR (Capital Adequacy Ratio), NPL (Non Performing Loan), BOPO (Efisiensi Operasional)dan Profitabilitas

Abstract

Profitabilitas mengacu pada metrik keuangan yang digunakan oleh analis dan investor untuk mengukur dan mengevaluasi kemampuan perusahaan dalam menghasilkan pendapatan (laba) relatif setelah dikurangi biaya operasi dan ekuitas pemegang saham selama periode waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui  pengaruh LDR (Loan to Deposit Ratio), CAR (Capital Adequacy Ratio), NPL (Non Performing Loan), BOPO (Efisiensi Operasional terhadap profitabilitas bank umum yang terdaftar di bursa efek Indonesia).

Populasi dalam penelitian adalah bank umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017 - 2019. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 15 bank umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa variabel CAR, LDR berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA.Variabel NPL, BOPO berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA. Diharapkan untuk penelitian selanjutnya agar menambahkan variabel lain yang secara teori mempunyai pengaruh terhadap profitabilitas serta penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah periode pengamatan.

References

Ali, M. (2004). Asset Liability Management (Menyiasati risiko pasar dan risiko operasional dalam perbankan). Jakarta: Elex Media Komputindo

Alifah, Y. B. (2014). Pengaruh CAR, NPL, BOPO dan LDR pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2012. Skripsi. Yogyakarta : FE Universitas Negeri Yogyakarta.

Ariyanti, Indah, Patricia Dhiana P & Ari Pranaditya, 2017, Pengaruh CAR,NPF,NIM, BOPO, dan DPK Terhadap Profitabilitas dengan FDR Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Perbankan Umum Syariah Tahun 2011- 2014). Jurnal Ekonomi–Akuntansi 2017. Universitas Pandanaran– Semarang.

Brigham, Eugene F. & Houston, Joul F. (2006). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan.Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat

Defri. (2012). Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Likuiditas dan EfisiensiOperasional Terhadap Profitabilitas Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI. Jurnal Manajemen, Volume 01, Nomor 01, September 2012.

Dendawijaya, Lukman (2009). Manajemen Perbankan. Jakarta:

Ghozali, imam. (2006). Multivariate Lanjutan dengan Program SPSS. Semarang

Badan Penerbit UniversitasDiponegoro. (2009). Multivariate Lanjutan dengan ProgramSPSS. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi kelima. Semarang: Penerbit UniversitasDiponegoro.

Husnan, S. (1998). Manajemen Keuangan – Teori dan Penerapan, Buku 2, Yogyakarta: BPFE.

Hutagalung, E.N., Djumahir & Ratnawati, K. (2013). Analisis Rasio Keuangan terhadap Kinerja Bank Umum di Indonesia. Jurnal Manajemen Vol.2 No 1, 2013 Hal:122-130. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang

Kasmir. (2004). Manajemen Perbankan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Rajawali Pers (2008). Analisis Laporan Keuangan. Rajawali Pers: Jakarta.

Downloads

Published

2022-08-15

Issue

Section

Articles