PENGARUH DISIPLIN KERJA, KOMPENSASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA TOYA DEVASYA DI KINTAMANI BANGLI

Authors

  • I Putu Darma Juliana Adi Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Dwi Widyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Ayu Sintya Saraswati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Stres Kerja, Konflik Pekerjaan Keluarga, Kompensasi, Kepuasan Kerja

Abstract

Manajemen sumber daya manusia yang baik merupakan faktor terpenting yang mempengaruhi pencapaian tujuan perusahaan. Ketika seorang karyawan menunjukkan disiplin kerja yang tinggi, maka  dapat meningkatkan kinerja  karyawan tersebut. Dengan adanya kompensasi, karyawan dapat memenuhi segala kebutuhannya dan berdampak positif terhadap kinerjanya. Budaya perusahaan juga berdampak positif terhadap kinerja karyawan dengan mempersatukan karyawan, mengurangi konflik, dan memotivasi mereka untuk melakukan pekerjaannya dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja, kompensasi dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan pada Toya Devasya Di Kintamani Bangli. Jumlah responden dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan metode sensus dimana seluruh karyawan dijadikan responden yaitu sebanyak 30 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan kuesioner dimana skala pengukuran yang digunakan menggunakan skala Likert, kemudian dianalisis dengan teknik analisis regresi linier berganda, uji korelasi, uji determinasi, uji-f, dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis kedisiplinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Toya Devasya. Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Toya Devasya. Budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Toya Devasya.

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Amirul Akbar. 2017. Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Kinerja (Studi Pada Karyawan PT Pelindo Surabaya). Malang: Fakultas ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.

Bambang Prasetyo, Lina Miftahul Janah. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dian Kristianto. 2011. Pengaruh Kepuman Kerja, Kompensasi Terhadap Kinerja Karyown dengan Komitmen Organisasional Sebagai Variabel Itervening Studi pada RSUD Tugurejo Semarang). Semarang: Jumal Bisnis Setrategi.

Fred Luthans. 2006. Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh. Yogakarta: PT Andi.

Ghozali, Imam 2009. Aplikat Analiss Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Handoko T. Hani. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Novita Marlia. 2010. Pengaruh Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan pada CV Alam Prima Komputer Bandar Lampung. Lampung: Fakultas Ekonomi Universitas Lampung Bandar lampung.

Nur Abidin. 2012. Pengaruh Kepuasan, Motivasi dan Kedisiplinan Kerja terhadap Kinerja Pegawai di Lingkungan Kantor Wilayah Depertemen Agama Provinsi Jawa Tengah. Semarang: Psi Udinus.

Ranty Sapitri. 2016. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja karyawan perusahaan Listrik Negara Area Pekanbaru. Riau: Jurnal Online Mahasiswa.

Rivai 2004. Penilain Prestasi Kerja Teori dan Praktek. Jakarta: PT Ganudra Pustaka Utama.

Robbins, S. 2008. Prilaku Organisasi. Jilid I dan II. Ahli Bahasa: Hadyana Pujaatmaja. Jakarta: Prenhallindo.

Sedarmayanti. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Uma Sekaran. 2006. Metodelogi Penelitian untuk Bisnis. Edisi 4. Buku 1. Jakarta: Selemba Empat.

Widyani, Anak Agung Dwi, Ni Putu Ayu Sintya Saraswati dan Luh Putu Diah Inten Sagita, 2020.

Employee’s Performance at PT. Mitra Tri Sakti. Asia Pasific Journal of Mangement and Education (APJME) Universitas Mahasaraswati Denpasar, Vol. 3, No. 2

Downloads

Published

2022-08-15

Issue

Section

Articles