PENGARUH KOMPENSASI, SELF EFFICACY, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA DIVISI WARD CLERK DI RUMAH SAKIT SILOAM BALI

Authors

  • Ni Kadek Pasek Sukmaningsih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Suryani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Pradiva Putra Salain Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kompensasi, Self-Efficacy, Disiplin Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Untuk mencapai keberhasilan dan meningkatkan mutu rumah sakit perlu dilakukan peningkatan kinerja seluruh unsur yang ada pada rumah sakit tersebut, salah satunya yaitu kinerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi, self-efficacy, dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada Divisi Ward Clerk di Rumah Sakit Siloam Bali.

Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Siloam Bali dengan menggunakan populasi dan sampel sebanyak 30 orang karyawan Rumah Sakit Siloam Bali pada Divisi Ward Clerk. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode sensus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan software SPSS versi 25.

Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Divisi Ward Clerk di Rumah Sakit Siloam Bali. Selfe Efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karywan pada divisi Ward Clerk di Rumah Sakit Siloam Bali. Disiplin Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Divisi Ward Clerk di Rumah Sakit Siloam Bali.

 

References

Abidin, M. I Z. (2016). Pengaruh kepuasan kerja, lingkungan kerja dan efikasi diri terhdap komitmen organisasi di Rumah Sakit SMC Samarinda. Jurnal Ekonomi dan Keuangan. 13(1): 1-10.

Anvari, R., Salmiah, M.A., Ahmad, U.N.U., Seliman, S., & Garmsari, M. (2011). The relationshipbetween strategic compensation practices andaffective organizational commitment. Journal of Research in Business. 1(2): 44- 55.

Ghonzali, I. (2012). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS. Semarang: Badan penelitian Universitas Diponegoro

Hardiyanti & Rini (2019). Pengaruh Budaya Organisasi dan Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Karyawan dengan Komitmen Organisasional sebagai Variabel Intervening pada Zisco di Empat Cabang Yayasan Jawa Timur.

Hasibuan, M. S.P. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Mariam, R. (2019). Pengaruh gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja karyawan sebagai variabel intervening. Tesis Universitas Diponogoro, Semarang.

Martoyo, S. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 5. Cetakan Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Robbins, S.P.& Judge (2011). Organizational Behavior (11th ed). New Jersey: Prentice Hall.

Sedarmayanti. (2009). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.

Shalahuddin, A. (2013). Pengaruh kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap komitmen organisasional dan kinerja karyawan PT. Sumber Djantin di Kalimantan Barat. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan. 6(1): 90-104.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualititatif, dan R&D. Bandung: Alfa –beta

Yamali, F. R. (2018). Effect of compensation, competencies and organizational cultureon organizational commitment its implicationson experts. performance of construction services company in Jambi Province. International Journal of Advances in Management and Economics, 7(2):29-42.

Zulfikar, Sumiyati & Masharyono. (2019). Peranan Lingkungan Kerja dalam Meningkatkan Motivasi serta Dampaknya terhadap Komitemen Organisasional Karyawan. Journal of Business Management Education. 4(2).24-31.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles