PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, RASIO SOLVABILITAS, RASIO RENTABILITAS RASIO AKTIVITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018 – 2020

Authors

  • Kadek Emi Kusmawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Sukadana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Suarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio rentabilitas, rasio aktivitas, ukuran perusahaan, financial distress

Abstract

Financial distress merupakan tahap penurunan kondisi keuangan yang terjadi sebelum terjadinya kebangkrutan atau likuidasi (Platt & Platt, 2002). Iramani (2007) menyatakan bahwa financial distress berkaitan dengan kondisi insolvency. Apabila suatu perusahaan tidak dapat mengatasi financial distress yang dialaminya, maka akan berakibat pada kebangkrutan. Kebangkrutan adalah suatu kondisi ketidakmampuan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan pendanaan dalam menjalankan perusahaannya. Financial distress sendiri terjadi sebelum kebangkrutan dan terjadi saat perusahaan mengalami kerugian beberapa tahun. Jadi, diperlukan metode perhitungan kebangkrutan sebagai antisipasi dan sistem peringatan dini terhadap financial distress.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui  pengaruh rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio rentabilitas rasio aktivitas dan ukuran perusahaan terhadap financial distress pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018 – 2020. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 perusahaan manufaktur yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling dengan waktu penelitian selama 3 tahun. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis logistik.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa likuiditas berpengaruh negatif terhadap financial distress. Rasio solvabilitias, rentabilitas aktivitas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap financial distress pada Perusahaan. Penelitian selanjutnya diharapkan agar menambahkan variabel lain yang secara teori mempunyai pengaruh terhadap financial distress serta penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah periode pengamatan, serta penulis juga menyarankan, untuk penelitian selanjutnya objek penelitian tidak hanya dilakukan dalam sektor manufaktur yang terdaftar di BEI, tetapi juga pada sektor-sektor lainnya.

References

Aisyah, Nakhar N., Kristanti, Farida T., dan Zultilisna, Djusnimar. 2017. Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Aktivitas, Rasio Profitabilitas, Dan Rasio Leverage Terhadap Financial Distress Studi pada Perusahaan Tekstil dan Garmen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015. e-Proceeding of Management, Vol. 4, No. 1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom. Bandung.

Andre, Orina., dan Taqwa, Salma. 2014. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage Dalam Memprediksi Financial Distress Studi Empiris Pada Perusahaan Aneka Industri Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2006-2010. Journal WRA Vol. 2, No. 1. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi UNP.

Andriansyah, Muhammad, Z. 2018. Pengaruh Rasio Likuiditas, Leverage. Profitabilitas, Aktivitas, Pertumbuhan Penjualan Dalam Memprediksi Financial Distress Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Property dan Real Estate Yang Terdaftar di BEI Periode 2011-2017. Skripsi. Program Studi Manajemn Bidang Konsentrasi Keuangan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Ardian, Andre V., Andini Rita., Raharjo Kharis. 2017. Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Leverage, Rasio Aktivitas Dan Rasio Profitabilitas Terhadap Financial Distress Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2013-2015. Jurnal Ilmiah Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pandanaran, Vol. 3, No. 3. Universitas Pandanaran Semarang.

Assaji, Jenny P., dan Machmuddah, Zaky. 2017. Rasio Keuangan dan Prediksi Financal Distress. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis, Vol. 2 (2), Hal: 58-67. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro. Semarang.

Darmawan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hanafi, Mamduh dan Abdul Halim. 2003. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Revisi. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Hapsari, Evanny I. 2012. Kekuatan Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Kondisi Financial Distress Perusahaan Manufaktur Di BEI. Jurnal Dinamika Manajemen, Vol. 3, No. 2, 2012, pp: 101-109. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang

Hartono. 2019. Memprediksi Financial Distress Dengan Menggunakan Model Altman Score, Grover Score, Zmijewski Score (Studi Kasus Pada Sub Sektor Perusahaan Perdagangan Besar. Jwem Stie Mikroskil, Vol.9, No. 01, April 2019. Program Studi Akuntansi Universitas Prima Indonesia. Sumatera Utara.

Hastuti, Indra dan Purwanto, Edi. 2015. Analisis Rasio Keuangan Sebagai Alat Prediksi Financial Distres Bagi Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009 –2012. STMIK Duta Bangsa Surakarta, STIE Wijaya Mulya. Surakarta.

Hidayat, Muhammad A., dan Meiranto, Wahyu. 2014. Prediksi Financial Distress Perusahaan Manufaktur Di Indonesia. Diponegoro Journal Of Accountng, Vol. 3, No. 3, 2014, Hal: 1-11. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang.

Liana, Deny dan Sutrisno. 2014. Analisis Rasio Keuangan Untuk Memprediksi Kondisi Financial Distress Perusahaan Manufaktur. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, Vol 1, No 2. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Marwati, Dian. 2013. Analisis Rasio Keuangan Untuk Memprediksi Kondisi Financial Distress Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Dian Nuswantoro. Semarang.

Mas’ud, Imam dan Srengga, Reva Maymi. 2011. Analisis Rasio Keuangan untuk

Memprediksi Kondisi Financial Distress Perusahaan Manufaktur yang

Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Akuntansi Universitas Jember.

Plat, H. & Platt, M.B. 2002. Predicting Financial Distress. Journal of Financial Service Professional, 56: 12-15.

Rambe, Syahrul. dkk. 2015. Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan perkebunan yang Go Public di Indonesia, Malaysia, dan Singapura”. Simposium Nasional Akuntansi 18 Universitas Sumatera Utara, Medan.

Simanjuntak, Chirston., Titik K, Farida., dan Wiwin, Aminah. 2017. The Influence of Financial Ratio to Financial Distress (Study in Transportation Companies on Listed in Indonesia Stock Exchange During 2011-2015). Journal ISSN : 2355-9357. e-Proceeding of Management, Vol.4, No.2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom. Surabaya.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sulistyaningrum, Rika D. 2014. Kekuatan Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Kondisi Financial Distess Perusahaan Textile Dan Garment Yang Terdaftar Di BEI. Semantic Scholar, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro. Semarang.

Triwahyuningtias, Meilinda dan Muharam, Harjum. 2012. Analisis Pengaruh Struktur Kepemilikan, Ukuran Dewan, Komisaris Independen, Likuiditas dan Leverage terhadap Terjadinya Kondisi Finacial Distress (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2010). Jurnal Manajemen, Vol. 1, No.1, h. 1-14. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang.

Widarjo, Wahyu., dan Setiawan, Doddy. 2009. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Kondisi Financial Dsitress Perusahaan Otomotif. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Vol. 11, No. 2, 2009, Hlm. 107-119. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jawa Tengah.

Widhiari, N. L., dan Merkusiwati, N. K. (2015). Pengaruh Rasio Likuiditas, Leverage, Operating Capacity, dan Sales Growth Terhadap Financial Distress. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 456-469. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Bali.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles