PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU JAMINAN SOSIAL DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA LPD DESA ADAT PEGUYANGAN KECAMATAN DENPASAR UTARA

Authors

  • I Dewa Gede Ngurah Saputrawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Ketut Setia Sapta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Karakteristik Individu, Jaminan Sosial, Motivasi, Kinerja Karyawan

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu unsur penting dalam penggerak kemajuan sebuah organisasi. Karyawan yang mempunyai kemampuan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik dapat membantu organisasi untuk terus tumbuh dan berkembang.  Kinerja karyawan menjadi peranan penting dalam suatu organisasi. Hal tersebut juga terjadi pada LPD Desa Adat Peguyangan Kecamatan Denpasar Utara, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penempatan kerja, komunikasi dan kompetensi terhadap kinerja karyawan pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Kuta.

Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan pada LPD Desa Adat Peguyangan Kecamatan Denpasar Utara sebanyak 35 orang, dengan menggunakan sampling jenuh yang seluruh anggota populasi digunakan sebagai responden. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa karakteristik individu berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Ini artinya semakin baik karakteristik individu maka kinerja karyawan semakin meningkat, Sama halnya dengan jaminan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, Ini berarti bahwa semakin tinggi jaminan sosial maka kinerja karyawan semakin meningkat dan berbeda dengan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, Ini berarti bahwa semakin tinggi motivasi maka kinerja kryawan semakin meningkat.

References

Arimurti, D., Kustiani, L., & Tyasari, I. (2014). Pengaruh Motivasi Kerja, Gaji, dan Jaminan Sosial Terhadap Kinerja Karyawan di PT PLN PERSERO AREA MALANG. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 2(2).

Bustomi, S., Purbangkoro, M., & Nurhardjo, B. (2017). Pengaruh Karakteristik Individu dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan melalui Kepuasan Kerja. BISMA: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 9(2), 202-214.

Fadhil, A., & Mayowan, Y. (2018). Pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan AJB Bumiputera. Jurnal Administrasi Bisnis, 54(1), 40-47.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handayati, R. (2016). Pengaruh Karakteristik Individu terhadap Kinerja Karyawan di Bank Jatim Cabang Lamongan (Suatu Studi pada Bank Jatim Cabang Lamongan). Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi (JPENSI), 1(2), 14.

Hasibuan, Malayu Sp. 2012. Manajemen SDM. Edisi Revisi, Cetakan Ke Tigabelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayah, D. U., Siregar, L. M. V., Purba, M. T. E., & Rostina, C. F. (2021). Pengaruh Kepemimpinan, Disiplin Kerja, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Ketenagakerjaan Medan. Warta Dharmawangsa, 15(3), 305-319.

Hopipah, S. (2019). Pengaruh Gaji dan Jaminan Sosial Terhadap Kinerja Karyawan (Pada Karyawan PT. Harapan Gemilang Utama Cikupa, Tangerang) (Doctoral dissertation, UIN SMH BANTEN).

Huda, N., & Purwanto, A. (2018). Analisis Pengaruh Karakteristik Individu, Komunikasi Efektif Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada PT. Wismilak Inti Makmur Tbk Surabaya). JIM (Jurnal Ilmu Manajemen), 4(2).

Locke, EA., & Latham, G.P. (2013). New Developments in Goal Setting and Task Performance. New York, NY: Routledge.

Martcahyo, V. A., Hidayat, W., & Suryoko, S. (2012). Pengaruh Pelatihan Kerja, Jaminan Sosial dan Insentif terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi PT. Fumira Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1(2), 40-56.

Mora, Z., & Mufti, I. A. (2020) Pengaruh Karakteristik Individu Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 13(1).

Ratna Sari, I. (2019). Pengaruh Upah, Insentif Dan Jaminan Sosial Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada PT. Nasmoco Ringroad Mojosongo Surakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sastrawijaya, Tresna. 2012. Pencemaran Lingkungan. Jakarta: Rineka Cipta.

Subiаnto, Аchmаd. 2010. Sistem Jаminаn Sosiаl Nаsonаl. Jаkаrtа: Gibon Books.

Sugiyono (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukama, E., & Sudiba, G. A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Dan Burnout Terhadap Kinerja Karyawan Outsourcing BRI Mataram. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(8).

Tambunan, V. (2012). Analisis Pengaruh Pendidikan, Upah, Insentif, Jaminan Sosial dan Pengalaman Kerja Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja di Kota Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro.

Tarjo. (2019). Metode Penelitian Sistem 3X Baca. Deepublish.

Usman Husaini .2013. Manajemen Teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles