PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), RETURN ON ASSET (ROA) DAN NON PERFORMING LOAN (NPL) TERHADAP PENYALURAN KREDIT MODAL KERJA PADA BANK UMUM YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • I Kadek Riki Putra Prananda Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Sukadana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Suarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

CAR, ROA, NPL, penyaluran kredit modal kerja

Abstract

Perusahaan perbankan merupakan lembaga keuangan yang berfungsi sebagai perantara keuangan (financial intermediary), selain itu perusahaan perbankan juga sebagai lembaga yang memperlancar lalu lintas pembayaran. Penutupan sejumlah bank saat krisis menjadi pelajaran penting bagi bank karena kurang memperhatikan risiko yang dapat menghambat aktivitas bank. Penelitian ini bertujuan ntuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Return On Asset (ROA) dan Non Performing Loan (NPL) terhadap penyaluran kredit modal kerja pada Bank Umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Populasi dalam penelitian ini adalah bank umum yang terdaftar di BEI tahun 2017-2019. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 bank umum yang ditetukan berdasarkan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji F dan uji T.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap penyaluran kredit modal kerja, Return On Asset (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyaluran kredit modal kerja, dan Non Performing Loan (NPL) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penyaluran kredit modal kerja. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan variabel lain.

References

Adiputra. 2018. Analisis Pengaruh CAR, NPL, dan ROA terhadap Penyaluran Kredit Modal Kerja pada Bank Umum yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Annas Wahyudi. 2016. Analisis Pengelolaan Modal Kerja Untuk Menilai Return On Investment PT Gudang Garam Tbk. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Bank Indonesia. 2001. Peraturan Bank Indonesia Nomor: 3/21/PBI/2001. Tentang Kewajiban Penyediaan Modal Minimum Bank Umum. Jakarta.

Darmawi. 2011. Manajemen Perbankan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dewi Puspasari, Hanila Dewi, Pela Sopilah. Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Loan to Deposit Ratio (LDR), Non Performing Loan (NPL) dan Return On Asset (ROA) Terhadap Jumlah Penyaluran Kredit (Study Kasus pada PT. Bank Rakyat Indonesia, (Persero) Tbk.). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sebelas April.

Doni dan Solikin. 2011. Perilaku Risiko Dalam Mekanisme Trenmisi Kebijakan Moneter Di Indonesia. Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan.

Firdaus. 2019. Analisis Pengaruh Pertumbuhan DPK, CAR, ROA, DAN NPL Terhadap Pertumbuhan Kredit dengan Variabel Kontrol Size. Universitas Diponegoro.

Ghozali. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Univesitas Diponegoro, Semarang.

Gumanti. 2009. Manajemen Usahawan Indonesia. Universitas Diponegoro.

Harahap Sofyan Syafri. (2015). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hair, J.F., Anderson, R.E., Thatam, R.L., dan Black, W.C. 1998. Multivariate Data Analysis. New Jersey: Prentice-Hall.

Hariyani. 2010. Restrukturisasi dan Penghapusan Kredit Macet. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Hendratni. Pengaruh dana pihak ketiga, kecukupan modal dan penyaluran kredit terhadap profitabilitas bank. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pancasila, Jakarta, Indonesia.

Https://www.ojk.go.id

Ismail. 2010. Manajemen Perbankan (Cetakan Pertama). Jakarta: Kencana.

Kasmir. 2010. Analisis Laporan Keuangan (Cetakan Ketiga). Jakarta: PT Rajawali Pers.

Suli Astrini, Suwendra, Suwarna. Pengaruh CAR, LDR, dan BANK SIZE Terhadap NPL pada Lembaga Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja

Kurnia 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perataan Laba. Media Bisnis. STIE Trisakti

Mahmoeddin. 2010. Melacak Kredit Besmasalah (Cetakan Pertama). Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Prastowo. 2011. Analisis Laporan Keuangan (Cetakan Ketiga). Jakarta: YKPPN.

Putri Fitrianingsih, Selamet Riyadi. Analisis Pengaruh DPK, CAR, NPL, LFR, BOPO dan JIBOR Terhadap Penyluran Kredi Modal Kerja pada Bank Umum Buku IV (Periode 2012-2017). Jurnal PERBANAS

Rivai. 2012. Commercial Bank Management: Manajemen Perbankan Dari Teori ke Praktik (Cetakan Pertama). Jakarta: PT Rajawali Pers.

Santoso. 2011. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Salemba Empat.

Siti Maimunah, Tasya Fahtiani. 2019. Pengaruh NPL, ROA dan CAR Terhadap PBV Pada Bank BUMN. Jurnal Informasi Perpajakan, Akuntansi dan Keuangan Publik. Fakultas Ekonomi, Universitas Pakuan

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartono, Irwan. 1998. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Remaja Rosdakaraya.

Susan Pratiwi dan Lela Hindasah. 2016. Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Capital Adequacy Ratio , Return nn Asset , Net Interest Margin dan Non Performing Loan Terhadap Penyaluran Kredit Bank Umum di Indonesia. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Taswan. 2010. Manajemen Perbankan Konsep, Teknik dan Aplikasi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

www.idx.co.id

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles