PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN GIANYAR

Authors

  • Ni Putu Eni Prabawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nengah Sudja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Yenny Verawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

motivasi, kompetensi, kinerja pegawai

Abstract

Kinerja pegawai merupakan suatu hal yang sangat penting dalam upaya organisasi untuk mencapai tujuannya. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan pekerjaan yaitu tercapainya kinerja yang baik. banyak faktor yang mungkin mempengaruhi kinerja pegawai dalam melaksanakan tugas, seperti motivasi kerja, kompetensi individu dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh motivasi dan kompetensi terhadap kinerja pegawai pada kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Gianyar. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu penentuan sampel dengan kriteria tertentu yang berjumlah 77 orang. Pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner yang menggunakan skala likert dengan skor nilai 1 sampai 5. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis secara parsial menunjukkan bahwa motivasi (X1) dan kompetensi (X2) berpengaruh positif dan signifikan (nyata) terhadap kinerja pegawai (Y).

References

kinerja pegawai

Anggraeni, T. (2019). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Ekbis, 20(1), pp.1206–1222.

Anggraini, F.N. and Sapariyah, R.A. (2019). Pengaruh Kompetensi, Independensi, dan Profesionalisme Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi pada Kantor Akuntan Publik di Surakarta dan Yogyakarta). Jurnal Akunting, [online] 6(2), pp.116–130.

Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Flippo, E.B. (2002). Manajemen Personalia. Jakarta: Erlangga.

Hasibuan, M.S.. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Lusri, L. and Siagian, H. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Karyawan PT. Borwita Citra Prima Surabaya. Jurnal AGORA, 5(1).

Mangkunegara, A.A.P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muliyani, A. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Yayasan Bina Insan Nusantara Barito Di Buntok, Provinsi Kalimantan Tengah. Jurnal iImiah Manajemen, 4(2), pp.114.

Mulyani, S.T. and Abdurrahman, D. (2020). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan Pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara ( Puslitbang TekMIRA ) Kota Bandung. Prosiding Manajemen, 6(1), pp.65–70.

Riska Riyanti, G. and Adnyana Sudibya, I. (2013). Pengaruh Motivasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rsu Dharma Usadha. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 2(6), pp.255148.

Rivai and Sagala. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Robbins, S. (2008). Perilaku Organisasi. Jakarta: Prenhallindo.

Samsudin. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: CV. Pustaka Setia.

Saputri, W. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi, Kompensasi, Motivasi, dan Person-Organization Fit (P-O Fit) Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada BRI Syariah KC Semarang). Skripsi Iain Saltiga.

Simamora, H. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.

Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Yasa, N.L.F.A.D., 2018. Pengaruh Motivasi dan Komitmen Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Dinas Kebudayaan Provinsi Bali. Jurnal Administrasi Publik, 3(1), pp.42–52.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles