PENGARUH DIGITAL MARKETING, QUALITY PRODUCT DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROTI DI HOLLAND BAKERY BATUBULAN

  • I Ketut Adi Wiranata Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Putu Agung Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Digital Marketing, Product Quality, Brand Image, Purchasing Decisions

Abstract

The purchase decision is a condition in which consumers determine whether they want to buy the product being offered. On the other hand, the expert stated that the purchase decision, namely the Purchase Decision, is a problem-solving process and can be resolved through the process of identifying problems, seeking information, evaluating alternatives, purchasing decisions and post-purchase evaluation. The population in this study were all Holland bakery consumers in the Batubulan area. The sample is part of the number and characteristics of the population. Thus, the sample used is part of the population using random sampling techniques. So the number of samples used is 112 people. Determining the sample by using the formula: N = (5 - 10 x number of indicators for each variable). The results of this study indicate that Digital Marketing, Product Quality, and Brand Image have a positive and significant effect on Bread Purchasing Decisions at Holland Bakery Batubulan, this shows that if Digital Marketing, Product Quality and Brand Image increase, the decision to buy bread at Holland Bakery Batubulan also increases

References

Aaker. 2008. Managemen Ekuitas Merek, alih bahasa Aris Ananda. Mitra Utama. Jakarta.
Amrullah, A., Siburian, P. S., & Zainurossalamia, S. (2016). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda. KINERJA, 13(2), 99-118.
Andriani, W., dan Sari, P. R. K. 2019. PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINERAL DALAM KEMASAN MEREK DHARMA. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1).
Astuti, R., dan Abdullah, I. 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 5(2).
Ayu, A., Kuleh, J., dan Asnawati, A. 2019. Pengaruh citra merek, kualitas produk, dan word of mouth terhadap keputusan pembelian smartphone iphone di kota samarinda. Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM), 3(4).
Coviello, N., Milley, R., dan Marcolin, B. (2001). Understanding IT-enabled interactivity in contemporary marketing. Journal of interactive marketing, 15(4), 18-33.
Garib, W. B., Lapian, S. J., dan Mananeke, L. 2019. PENGARUH BAURAN PROMOSI, PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA PADA PT. HASJRAT ABADI SENTRAL YAMAHA MALALAYANG. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(1).
Hendrawan, A. 2019. PENGARUH MARKETING DIGITAL TERHADAP KINERJA PENJUALAN PRODUK UMKM ASTI GAURI DI KECAMATAN BANTARSARI CILACAP. Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan, 4(1), 50-61.
Kim, E. Y., & Kim, Y. K. (2004). Predicting online purchase intentions for clothing products. European journal of Marketing.
Kosasih, M. P. P. 2016. Keandalan, Daya Tanggap Dan Empati Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Di Princess Cosmetic. Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1 (November 2015), 2.
Kotler, P., dan Armstrong, G. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jakarta: Erlangga Kurniawati, D., SuharyonodanKusumawati, A., 2014. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan KFC Cabang Kawi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 14(2), 1-9.
Lesmana, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2), 115.
Mewoh, F. M., Tampi, J. R., dan Mukuan, D. D. 2019. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store Manado Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 35-42
Prasetyo, D.S., Fahimatul, U., dan Mustaqim. (2020). Pengenalan Google My Business untuk Pemanfaatan Digital Marketing pada Pengenalan Google My Business untuk Pemanfaatan Digital Marketing pada Era Ecommerce dan Media Sosial. Jurnal Pengabdian Balerang, 2(February), 0–5.
Pulukadang, M. W., Mananeke, L., dan Roring, F. 2019. PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HERBALIFE (STUDI KASUS PADA LIMA NUTRITION CLUB MANADO). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(3).
Sari, D. M. F. P., dan Dwiya, K. G. S. 2019. STRATEGI DIGITAL MARKETING, WORD OF MOUTH (WOM), SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMAKAIAN JASA GO- JEK. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 3(2), 188-198.
Schiffman dan Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen Ed. 7. Jakarta: Prentice Hal
Silape, B. R., Mananeke, L., dan Tumbuan, W. J. 2019. PENGARUH CITRA MEREK DAN STRATEGI PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNSRAT. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi
Tjiptono, Fandy. 2011. Manajemen dan Strategi Merek. Penerbit Andi, Yogyakarta.
Wahyuni, Ainur. 2010. “Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian”.Jurnal Administrasi Bisnis
Published
2021-03-10
Section
Articles