PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, SELF EFFICACY DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PROFESIONALITAS GURU BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR, KECAMATAN MENGWI
DOI:
https://doi.org/10.36733/emas.v6i3.11406Keywords:
gaya kepemimpinan, self efficacy, lingkungan kerja, profesionalitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, self efficacy dan lingkungan kerja terhadap profesionalitas. Lokasi penelitian ini di Sekolah Dasar, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi menggunakan guru Bahasa Inggris di Sekolah Dasar, Kecamatan Mengwi dan sampel sebanyak 35 orang. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji korelasi berganda, koefisien determinasi, uji F dan uji t. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalitas, efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalitas, dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalitas. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah kepala sekolah di Sekolah Dasar, Kecamatan Mengwi, hendaknya secara berkala melakukan pembaharuan program pembelajaran di kelas. Selain itu, diharapkan secara berkala memberikan pelatihan kepada guru Bahasa Inggris, mengganti warna ruangan yang kurang terlihat bersih atau nyaman, serta memberikan teguran atau sanksi secara tegas kepada guru Bahasa Inggris yang terbukti telah melakukan absensi secara tidak tepat waktu.
References
Amanda, I. P., & Sofro, A. (2018). Analisis pengaruh gaya kepemimpinan demokratis, permisif dan otoriter terhadap kinerja guru dan profesionalitas guru pada sekolah taman dewasa se-kodya Yogyakarta dengan MANOVA. MATHunesa: Jurnal Ilmiah Matematika, 6(2), 117-121.
Avey, J. B., Luthans, F., & Jensen, S. M. (2019). Psychological capital: A positive resource for combating employee stress and turnover. Human Resource Management, 48(5), 677–693. https://doi.org/10.1002/hrm.20294
Cahyono, A. (2022). Analisis pengaruh kepemimpinan, motivasi, dan budaya instansi terhadap profesionalitas dosen dan pegawai di Universitas Pawyatan Daha Kediri. Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1).
Daulay, R., et al. (2016). Manajemen. Medan: USU Press.
Dhermawan, A., Sudibya, I., & Utama, I. (2012). Pengaruh motivasi, lingkungan kerja, kompetensi, dan kompensasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja pegawai di lingkungan kantor dinas pekerjaan umum provinsi Bali. Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/jmbk/article/view/2203
Dimyanti. (2020). Pengaruh supervisi kepala sekolah, self-efficacy dan komitmen kerja terhadap profesionalitas guru. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Harefa, D. (2020). Pengaruh persepsi guru IPA fisika atas lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMA di Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 8(3), 112–122.
Hayati, et al. (2021). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan kerja, motivasi dan profesionalitas guru PAUD di Kecamatan Subang Kabupaten Subang. Bandung: Universitas Sangga Buana.
Ismoyo, F. D. W. (2023). Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan di Sumber Rejeki. Aktualisasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 55–72. https://doi.org/10.30762/akdimas.v1i1.1533
Janatul, et al. (2024). Pengaruh self-efficacy guru, beban kerja dan stres kerja terhadap profesionalitas guru TK di Kecamatan Batu-Batu, Kabupaten Tanah Laut.
Kreitner, R., & Kinicki, A. (2019). Perilaku organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Mangkunegara, A. P. (2015). Sumber daya manusia perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mawaddah. (2019). Analisis efikasi diri pada mahasiswa psikologi Unimal. Aceh: Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Malikussaleh.
Mukhtar, A. (2020). Gaya kepemimpinan dan motivasi, pengaruhnya terhadap kinerja pegawai. BALANCA: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(1), 35–43.
Nasrifah, S. A., & Makhromi. (2019). Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalisme guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri 1 Gondang Nganjuk. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 9(3), 335-348. https://doi.org/10.33367/ji.v9i3.1031
Nurakhim, B., Mira, A., Naser, H., Halomoan, W. S., & Sambo, A. (2024). Pengaruh disiplin, lingkungan kerja dan kesejahteraan terhadap profesionalitas guru di SMP Cita Persada Kota Depok. Jurnal Manajemen, 11(3), 1-15. https://doi.org/10.37817/jurnalmanajemen.v11i3.3830
Priantika, A. (2020). Pengaruh gaya kepemimpinan dan budaya kerja terhadap profesionalitas guru dan kinerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Tanggerang Kabupaten Bondowoso dengan profesionalisme guru sebagai variabel intervening. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(1), 45-60.
Pusparini, P. (2018). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 5(1), 14–31.
Rivai, V., Sagala, & Jauvani, E. (2019). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan dari teori ke praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Sihaloho, R. D., & Siregar, H. (2020). Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Super Setia Sagita Medan. Jurnal Ilmiah Socio Secretum, 9(2), 273–281.
Salam, P., Djazuli, A., & Choiriyah, C. (2022). Pengaruh kompensasi, kompetensi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 3(4), 177-196. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v3i4.902
Suddin, & Sudarman. (2020). Pengaruh kepemimpinan, motivasi, dan lingkungan kerja terhadap profesionalitas pegawai Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 4(1), 1–8.
Sugiyono. (2022). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tiswanti, et al. (2022). Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai dengan kepuasan kerja.
Wiguna, M., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. (2022). Analisis self-efficacy dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas 5 sekolah dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2489-2497. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1603
Wukir. (2013). Manajemen sumber daya manusia dalam instansi sekolah. Yogyakarta: Multi Presindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 I Putu Indah Widyaswari, Putu Agus Eka Rismawan, Ary Wira Andika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.