PENGARUH SERVICESCAPE, BRAND IMAGE DAN SERVICE FAIRNESS TERHADAP REVIST INTENTION PADA BLACKPENNY VILLAS UBUD
DOI:
https://doi.org/10.36733/emas.v6i1.11264Keywords:
servicescape, brand image, service fairness, revisit intentionAbstract
Revisit intention merupakan niat kembali yang merujuk kepada penilaian subjektif individu pada tindakan masa depan atau tindakan spesifik atau perilaku pelanggan dapat menerapkan mengenai sikap target yang menjelaskan revisit intention sebagai hasil dari pengalaman dari pelanggan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh servicescape, brand image dan service fairness terhadap revisit intention pada Blackpenny Villas Ubud. Populasi penelitian adalah seluruh konsumen Blackpenny Villas Ubud. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus Hari sehingga diperoleh 105 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, studi dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa servicescape, brand image dan service fairness berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention pada Blackpenny Villas Ubud. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan variabel lain yang secara teori mempunyai pengaruh terhadap revisit intention.
References
Agisnawati, A. (2021). Pengaruh diskon, promosi, dan brand image terhadap loyalitas pembelian produk pada online shop (Studi kasus konsumen online shop Shopee di Kelurahan Kebon Bawang Jakarta Utara) (Tesis). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.
Ajzen, I., & Fishbein, M. (1975). Belief, attitude, intention, and behavior: An introduction to theory. Addison-Wesley.
Ajzen, I., & Fishbein, M. (1988). Belief, attitude, intention and behaviour: An introduction to theory and research. Addison-Wesley. https://people.umass.edu/aizen/pubs/book/ch1.pdf
Anshori, F. I., Ekawaty, N., & Cahyani, J. D. (2021). Pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap minat beli produk J. Co Donuts & Coffee di Resinda Park Mall Karawang pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(2), 2024–2045.
Araffa, R. M. (2020). Sistem manajemen wisata Museum Kayu Tuah Himba di Kabupaten Kutai Kartanegara: Management system of Kayu Tuah Himba Museum in Kutai Kartanegara District. Journal of Government Science (GovSci): Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(1), 42–50.
Ardiwinata, S. (2019). Pengaruh glamping experience terhadap revisit intention: Survei terhadap tamu yang menginap pertama kali di Glamping Legok Kondang (Disertasi doktoral). Universitas Pendidikan Indonesia.
Arikan, E., Çilesiz, E., & Arman, A. (2017). The impact of service fairness perception on intention to revisit: A research in Canakkale. Journal of Recreation and Tourism Research, 4(4), 1–6.
Cahyuni, W. E. (2023). Analisis pengaruh servicescape terhadap revisit intention di La Riviera Pantai Indah Kapuk 2. SIWAYANG Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Pariwisata, Kebudayaan, dan Antropologi, 2(3), 125–146.
Damayanti, N. P. (2022). Pengaruh brand image, iklan, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian pada online portal Traveloka di Kota Denpasar (Skripsi). Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Dwipayadnya, I. B. A. (2023). Pengaruh e-commerce, brand image, dan online customer review terhadap minat tamu menginap di Artotel Sanur Bali (Tesis). Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Fadillah, I., Mone, A., & Riskasari, R. (2021). Pariwisata dalam meningkatkan kunjungan destinasi wisata di Provinsi Sulawesi Selatan. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 2(1), 353–367.
Fadoli, M. A. (2019). Pengaruh citra destinasi, promosi, dan kualitas layanan terhadap minat berkunjung ulang wisatawan. Jurnal Manajemen.
Ghozali, I. (2019). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS 23. BPFE Universitas Diponegoro.
Mulcahy, R., Riedel, A., Beatson, A., Keating, B., & Mathews, S. (2024). I’m a believer! Believability of social media marketing. International Journal of Information Management, 75.
Omar, Y. A. A. A., Amri, A., & Hasani, M. C. (2021). The impact of social media, customer experience, and servicescape on the revisit intention in marine tourism (A case study on Akkarena Beach, Makassar). PONGGAWA: Journal of Fisheries Socio-Economic, 39–50.
Prasetyo, A. H., & Lukiastuti, F. (2022). Analisis pengaruh brand image dan service quality terhadap revisit intention dengan customer satisfaction sebagai variabel intervening (Studi kasus pada AHASS Comal Abadi Motor). Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 151–164.
Puspito, A. P., Kirom, N. R., & Rokhmawati, D. (2020). Pemahaman faktor-faktor untuk meningkatkan perilaku konsumen terhadap pemilihan jasa villa sebagai tempat penginapan (Studi kualitatif pada Desa Oro-oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu). Jurnal Penelitian & Pengkajian Ilmiah Mahasiswa (JPPIM), 1(2), 17–22.
Putra, A. P. (2023). Pengaruh service fairness dan customer engagement terhadap kepuasan pelanggan Telkomsel di Kota Kediri. Jurnal Cendekia Manajemen (JCM), 1(3), 11–22.
Rahmat, R., Susyanti, J., & Hardaningtyas, R. T. (2023). Pengaruh brand image, social media, dan daya tarik wisata terhadap minat berkunjung pada objek wisata Kampung Heritage Kayutangan Kota Malang. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 12(1).
Sabrina, K. A. R., & Seminari, N. K. (2023). Pengaruh promosi, e-wom, dan brand image terhadap niat membeli kembali. Jurnal Manajemen, 12(3).
Santo Asmoro, D. (2020). Pengaruh brand engagement, service fairness, dan customer satisfaction terhadap loyalitas pelanggan (Studi pada pengguna Telkomsel). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2).
Satriawan, A., Abdillah, Y., & Pangestuti, E. (2022). Analisis destination image terhadap revisit intention melalui satisfaction dan place attachment: Literature.
Septiana, T., Hermina, T., & Saepuloh, A. (2020). Analisis faktor revisit intention di objek wisata Situ Bagendit Garut. Journal of Knowledge Management, 14(1), 37–47.
Sharita, R., et al. (2022). Pengaruh servicescape terhadap revisit intention yang dimediasi oleh perceived service quality dan media sosial. Sebatik, 26(2), 697–709.
Sidharta, E. L., & Keni, K. (2015). Pengaruh service fairness, empathy, dan physical environment terhadap customer satisfaction dan customer loyalty. Jurnal Manajemen, 19(2), 263–279.
Sipayung, N. A., & Situmorang, S. H. (2020). Pengaruh social media, servicescape, dan customer experience terhadap minat berkunjung kembali (revisit intention) pada Maulana Villa dan Cafe di Pangambaten Kabupaten Karo. Edutourism Journal of Tourism Research, 5(1), 31–43.
Sugiyono, D. (2019). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Alfabeta.
Sukerti, N. P. (2022). Pengaruh kualitas produk dan sosial media promosi terhadap keputusan pembelian kain endek pada UD Yoga Dewata Collection (Skripsi). Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Suparjana, I. W. (2022). Pengaruh kualitas produk, promosi, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian roti croissant pada CV Pelangi Rex’s Bakery Denpasar (Skripsi). Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Yudian, R. A., & Dewi, L. (2022). Sarana akomodasi sebagai penunjang industri pariwisata di Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(4), 1301–1312.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ni Putu Fiska Cahyani, I Gusti Ayu Imbayani, I Made Surya Prayoga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.