Peran Pengalaman, Perceived Compatibility, dan Pengaruh Sosial dalam Meningkatkan Persepsi Kebergunaan dan Niat Menggunakan Kembali QRIS (Studi Pada Pengguna Generasi Z)

Authors

  • Made Pradnyan Permana Usadi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Wahyu Dwinata JS Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Ari Pertiwi Sanjiwani Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Pengalaman, Perceived Compatibility, Pengaruh Sosial, Persepsi Kebergunaan, Niat Menggunakan Kembali

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi perilaku Generasi Z dalam menggunakan QRIS seperti pengalaman, perceived compatibility, dan pengaruh sosial. Survei dilakukan kepada 100 responden yang termasuk dalam kriteria generasi Z dan pernah menggunakan QRIS. Analisis Partial Least Square digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman dan perceived compatibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi kebergunaan. Persepsi kebergunaan juga ditemukan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat penggunaan kembali. Temuan ini menekankan bahwa pengalaman pengguna memiliki peran kunci dalam membentuk persepsi kebergunaan QRIS. Hal ini menunjukkan bahwa pelaku bisnis perlu memberikan perhatian khusus pada aspek pengalaman pengguna selama proses transaksi menggunakan QRIS. Pengalaman yang positif dapat membuat pengguna merasa bahwa QRIS benar-benar bermanfaat bagi mereka.

References

Abdalla, R.A.M. (2024). Examining awareness, social influence, and perceived enjoyment in the TAM framework as determinants of ChatGPT. Personalization as a moderator. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 10, 1-12.

Alshurideh, M., Al Kurdi, B., Salloum, S.A., Arpaci, I., Al-Emran, M., (2023). Predicting the actual use of m-learning systems: a comparative approach using PLS-SEM and machine learning algorithms. Interact. Learn. Environ., 31 (3), 1214–1228.

Andika, G., Masudin, I., Zulfikarijah, F. (2022). The Effect of Experience and Complexity of The Technology Acceptance Model (TAM) on Accepting Applications (E-PKH) In East Java. Bimantara, 1(1), 11-22.

Aristio, A.P., Hendrawan, R.A., Hidayat, A.A. (2019). Analysis on Purchase Intention of Indonesian Backpacker in Accommodation Booking through Online Travel Agent. Procedia Computer Science, 161, 885-893

Arnould, E.J., Price, L., Zinkhan, G.M. (2004). Consumers. McGraw-Hill.

Atriani, A., Permadi, L.A., Rinuastuti, B.H. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital OVO. Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora, 6(1), 54-61.

Barkhi, R., Wallace, L. (2007) The Impact of Personality Type on Purchasing Decisions in Virtual Stores. Information Technology and Management, 8, 313-330.

Bhattacherjee, A. (2001). Understanding Information Systems Continuance: An Expectation-Confirmation Model. MIS Quarterly, 25(3), 351-370.

Brakus, J.J., Schmitt, B.H., Zarantonello, L. (2009). Brand Experience: What Is It? How Is It Measured? Does It Affect Loyalty? Journal of Marketing, 73, 52-68.

Ghozali, I. (2011). Structural Equation Modelling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS) Edisi 3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hassan, F., Amin, M. K., Khan, T., Emon, M. M. H., & Amin, A. (2020). Roles of social influence in expediting online learning acceptance: A preliminary study on Bangladeshi learners. In Proceedings of the International Conference on Computing Advancements, 1-6.

Khiong, K., Arijanto, R., Dewi, G.C., Mulyandi, M.R., Putra, R.S., Siagian, A.O., Wijoyo, H., Purwanto A., Fahmi, K. (2022). The Role of Compatibility, Perceived Usefulness, Convenience Perception and Convenience Perception on Electronic Money (e-Wallet) Usage Interest. Journal of Positive School Psychology, 6(5), 6281 – 6286.

Koenig-Lewis, N., Marquet, M., Palmer, A., Zhao, A.L., (2015). Enjoyment and social influence: predicting mobile payment adoption. Serv. Ind. J. 35 (10), 537–554

Nurizky, V.N., Nefianto, T. (2023). Pengaruh Social Influence Perceived Usefulness Terhadap Interest In Using Aplikasi Mobile Wallet Flip Melalui Mediasi Attitude Towards. GEMILANG: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 3(4), 297-316.

Oktania, D.E., Indarwati, T.A., (2022). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, dan Compatibility With Lifestyle Terhadap Niat Beli Di Social Commerce. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 255-267.

Ooi, K.B., & Tan, G.W.H. (2016). Mobile technology acceptance model: An investigation using mobile users to explore smartphone credit card. Expert Systems with Applications, 59, 33-46

Panjaitan, R.A.R., Andarini, S. (2024). Pengaruh Brand Experience dan Perceived Usefulness Terhadap Brand Loyalty Pada Layanan Spotify Premium di Kota Surabaya. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting. 7(4), 7465-7477.

Perdana, A.A., Hasan, A., Rasuli, M. (2018). Pengaruh Sikap, Norma Subyektif, Persepsi Kontrol Perilaku dan Etika terhadap Whistleblowing Intention dan Perilaku Whistleblowing (Studi Empiris di BPKP Perwakilan Riau dan Sumatera Barat). Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis, 16(2), 89–98.

Prakarsa, G., Nasution, V.M., Ramadhiana, I.N., Ginanjar, A.R. (2020). Integration of Mobile Perceived Compatibility, Mobile Perceived Financial Resources, and Mobile Perceived System Quality with TAM in Virtual Hotel Operator Applications in Indonesia. International Journal of Global Operations Research, 1(2), 62-70.

Praveena, K., Thomas, S. (2014). Continuance Intention to Use Facebook: A Study of Perceived Enjoyment and TAM. International Journal of Industrial Engineering and Management, 4, 24-29

Purwanti, L., Maggie. (2024). Analisis Social Influence, Perceived Ease Of Use Terhadap Behavioural Intention Dengan Mediasi Perceived Usefulness. PERFORMANCE : Jurnal Bisnis & Akuntansi, 14(1), 48-60.

Ramadhan, D., Asri, H.R., Gsijanto, H.A., Hartanti, N.D., Setyarini, E. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Digital Terhadap Keputusan Penggunaan QRIS pada Generasi Muda. Revenue: Lentera Bisnis Manajemen, 1(4), 162-170.

Ramadhani, N., Buchdadi, A.D., Fawaiq, M. (2023). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan QR Code sebagai Alat Transaksi: Studi pada Generasi Z. Digital Business Journal (DIGIBIS). 2(1), 69-84.

Ratnasari, D., Utaminingsih, A., Kuswardani, D.C. (2024). The Influence of Customer Experience on Intention to Reuse QRIS with Perceived Ease of Use and Perceived Usefulness as Intervening Variables. DIJDBM. 5(4), 795 – 804.

Sari, W.P.L., Trisnaningsih, S., Vendy, V. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Gaya Hidup, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Qris Pada Mahasiswa Akuntansi Upn “Veteran” Jawa Timur. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 8(2), 285-293.

Seputri, W., Yafiz, M. (2022). QRIS Sebagai Alat Transaksi Digital Generasi Z: Analisis Faktor. ADZKIYA : Jurnal Hukum dan Ekonomi Syariah, 10(2), 139-148

Subagio, H., Jessica, J. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Subjective Norm, dan Customer Experience Terhadap Intention To Use MyTelkomsel (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Kristen Petra Surabaya). Jurnal Strategi Pemasaran. 7(1).

Vanduhe, V.Z., Nat, M., Hasan, H.F., (2020). Continuance intentions to use gamification for training in higher education: Integrating the technology acceptance model (TAM), social motivation, and task technology fit (TTF). IEEE Access 8, 21473–21484

Zhang, T., Tao, D., Qu, X., Zhang, X., Zeng, J., Zhu, H., Zhu, H., (2020). Automated vehicle acceptance in China: social influence and initial trust are key determinants. Transp. Res. Part C: Emerg. Technol. 112, 220–233.

https://goodstats.id/article/nominal-transaksi-qris-makin-meningkat-kali-ini-capai-rekor-nGJLY

https://goodstats.id/article/qris-metode-pembayaran-andalan-gen-z-dan-milenial-54Cpb

Downloads

Published

2024-12-17

Issue

Section

Articles