ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH BAHASA JEPANG KELAS XII DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA

Indonesia

Penulis

  • Anak Agung Ayu Dyah Padmadewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Satya Hermawan Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Eva Krishna Adnyani Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Pendidikan Ganesha

Abstrak

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis butir soal Ujian Sekolah bahasa Jepang kelas XII di SMA Negeri 2 Singaraja dengan aspek validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Subjek pada penelitian ini adalah butir soal pilihan ganda Ujian Sekolah bahasa Jepang Kelas XII Tahun ajaran 2020/2021 di SMAN 2 Singaraja. Dikumpulkan dengan metode dokumentasi,”kemudian dilanjutkan dengan analisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif.“Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan Validitas soal ujian sekolah memiliki sebanyak 19 soal (76%) dalam predikat baik, dan sisanya, yaitu 6 butir soal (24%) dalam predikat tidak baik. Reliabilitas keseluruhan soal pilihan ganda dinyatakan sebesar 0.751 dengan kata lain reliabilitas soal ujian sekolah tersebut dapat dikatakan tinggi. Berdasarkan Taraf kesukaran, terdapat 13 soal kategori mudah dan 12 soal kategori sedang. Berdasarkan daya pembeda terdapat 7 butir soal dengan kategori baik, 5 butir soal dengan kategori cukup dan 13 soal dengan kategori jelek. Berdasarkan efektivitas pengecoh, terdapat 3 butir soal yang seluruh pengecohnya efektif, terdapat 4 butir soal yang memiliki 1 pengecoh tidak efektif dan 7 soal yang mempunyai 2 pengecoh tidak efektif. Selanjutnya, 6 butir soal memiliki 3 pengecoh yang tidak efektif. Sisanya, yakni 5 butir soal, mempunyai 4 alternatif jawaban yang tidak efektif.

Referensi

Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pemblajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2019. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djajasudarma, Fatimah. 2006. Wacana dan Pragmatik. Bandung: PT Refika Aditama.

Jihad, Asep dkk. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2019. Peraturan Menteri Pendidikan

dan Kebudayaan Nomor 43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional. Jakarta: Kemendikbud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Penilaian. Jakarta: Balai Pustaka

Mardani, Desak Made Sri. 2015. "Tahap Awal Identifikasi Kesulitan Menyimak Bahasa Jepang Dengan Penyusunan Tes Dianostik". Makalah disajikan dalam Proceeding International Seminar on Evaluation and Assessment in Japanese Language Education, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, 21-22 Agustus 2015

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Hamalik, Oemar. 2001. Teknik Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan. Bandung: Mandar Maju

Purwanto, Ngalim. 2009. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rini, Diahmita Puspita. 2017. Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Bahasa

Jepang Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bukateja Kabupaten Purbalingga. Skripsi (diterbitkan). Semarang: Universitas Negeri Semarang. Tersedia pada http://lib.unnes.ac.id/31660/1/2302412006.pdf (Diakses pada 01 Oktober 2021)

Setiawan, Yuli. 2016. Kemdikbud Upayakan Wajib Belajar 12 Tahun Melalui PIP. Tersedia pada smk.kemdikbud.go.id/konten/1906/kemdikbud-upayakan-wajib-belajar-12-tahun-melalui-pip (Diakses pada 19 Agustus 2021)

Shete, Anjali Nilkanthappa. 2015. “Item analysis: An evaluation of multiple choice questions in Physiology examination”. J Contemp Med Edu, volume 3, nomor 3 (hlm.106-109). Tersedia pada https://www.jcmedu.org/abstract/item-analysis-an-evaluation-of-multiple-choice-questions-in-physiology-examination-48796.html (Diakses pada 04 Juni 2021)

Sidabutar, Grace Diana Uli. 2017. Kualitas Butir Soal Ulangan Akhir Semester Ganjil Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Slameto. 2001. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara dan Longman

Sudaryono. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sudjana, Nana. 2013. Penelitian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukardi, H.M. 2010. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara

Sukirman. 2012. Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Madani

Surapranata, Sumarna. 2012. Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Tes. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Winata, Ni Putu Sintya. 2014. Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMK Negeri 3 Singaraja. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Diterbitkan

2022-09-30