ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH BAHASA JEPANG KELAS XII DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA
Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis butir soal Ujian Sekolah bahasa Jepang kelas XII di SMA Negeri 2 Singaraja dengan aspek validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Subjek pada penelitian ini adalah butir soal pilihan ganda Ujian Sekolah bahasa Jepang Kelas XII Tahun ajaran 2020/2021 di SMAN 2 Singaraja. Dikumpulkan dengan metode dokumentasi,”kemudian dilanjutkan dengan analisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif.“Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan Validitas soal ujian sekolah memiliki sebanyak 19 soal (76%) dalam predikat baik, dan sisanya, yaitu 6 butir soal (24%) dalam predikat tidak baik. Reliabilitas keseluruhan soal pilihan ganda dinyatakan sebesar 0.751 dengan kata lain reliabilitas soal ujian sekolah tersebut dapat dikatakan tinggi. Berdasarkan Taraf kesukaran, terdapat 13 soal kategori mudah dan 12 soal kategori sedang. Berdasarkan daya pembeda terdapat 7 butir soal dengan kategori baik, 5 butir soal dengan kategori cukup dan 13 soal dengan kategori jelek. Berdasarkan efektivitas pengecoh, terdapat 3 butir soal yang seluruh pengecohnya efektif, terdapat 4 butir soal yang memiliki 1 pengecoh tidak efektif dan 7 soal yang mempunyai 2 pengecoh tidak efektif. Selanjutnya, 6 butir soal memiliki 3 pengecoh yang tidak efektif. Sisanya, yakni 5 butir soal, mempunyai 4 alternatif jawaban yang tidak efektif.
References
Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pemblajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2019. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djajasudarma, Fatimah. 2006. Wacana dan Pragmatik. Bandung: PT Refika Aditama.
Jihad, Asep dkk. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2019. Peraturan Menteri Pendidikan
dan Kebudayaan Nomor 43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional. Jakarta: Kemendikbud
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Penilaian. Jakarta: Balai Pustaka
Mardani, Desak Made Sri. 2015. "Tahap Awal Identifikasi Kesulitan Menyimak Bahasa Jepang Dengan Penyusunan Tes Dianostik". Makalah disajikan dalam Proceeding International Seminar on Evaluation and Assessment in Japanese Language Education, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, 21-22 Agustus 2015
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
Hamalik, Oemar. 2001. Teknik Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan. Bandung: Mandar Maju
Purwanto, Ngalim. 2009. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rini, Diahmita Puspita. 2017. Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Bahasa
Jepang Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bukateja Kabupaten Purbalingga. Skripsi (diterbitkan). Semarang: Universitas Negeri Semarang. Tersedia pada http://lib.unnes.ac.id/31660/1/2302412006.pdf (Diakses pada 01 Oktober 2021)
Setiawan, Yuli. 2016. Kemdikbud Upayakan Wajib Belajar 12 Tahun Melalui PIP. Tersedia pada smk.kemdikbud.go.id/konten/1906/kemdikbud-upayakan-wajib-belajar-12-tahun-melalui-pip (Diakses pada 19 Agustus 2021)
Shete, Anjali Nilkanthappa. 2015. “Item analysis: An evaluation of multiple choice questions in Physiology examination”. J Contemp Med Edu, volume 3, nomor 3 (hlm.106-109). Tersedia pada https://www.jcmedu.org/abstract/item-analysis-an-evaluation-of-multiple-choice-questions-in-physiology-examination-48796.html (Diakses pada 04 Juni 2021)
Sidabutar, Grace Diana Uli. 2017. Kualitas Butir Soal Ulangan Akhir Semester Ganjil Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Slameto. 2001. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara dan Longman
Sudaryono. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sudjana, Nana. 2013. Penelitian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukardi, H.M. 2010. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara
Sukirman. 2012. Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Madani
Surapranata, Sumarna. 2012. Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Tes. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Winata, Ni Putu Sintya. 2014. Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMK Negeri 3 Singaraja. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha